Rabu, 11 Juli 2012

Belajar bahasa Inggris itu penting atau tidak ya ?

Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak ingin untuk belajar dan mendalami bahasa inggris. Entah karena alasan sulit, tidak sempat, sudah terlalu tua untuk mempelajari bahasa asing atau memang karena dirasa belum perlu. Memang dari beberapa alasan tersebut kita tidak bisa menyalahkan. Semua tergantung dari pribadi masing – masing untuk dapat menilai seberapa pentingkah sesuatu itu untuk dipelajari dan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing orang.

Namun dalam kondisi era globalisasi seperti sekarang ini, bahasa inggris menjadi sangat penting bagi generasi muda dan orang tua sebagai pendorong bagi putra putrinya untuk belajar dan menguasai bahasa asing yang satu ini. Sesuai dengan ketetapan dunia internasional bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi dalam pertukaran IPTEK dan kegiatan bisnis. Menurut pendapat Crystal (2003) bahwa bahasa Inggris tersebar dan dipergunakan hampir seperempat penduduk dunia dan terus akan berkembang menjadi satu setengah trilyun pada awal tahun 2000 an ini.

Satu kutipan tertulis bahwa membaca adalah jendela dunia. Jendela itu akan benar-benar terbuka dengan lebar manakala bisa membaca tidak hanya dalam bahasa kita sendiri, tapi lebih dari itu bisa membaca dalam bahasa Inggris. Kita tidak hanya bisa membaca buku-buku karangan dalam negeri tapi juga buku-buku berbahasa Inggris sehingga lebih mudah bagi kita untuk menyerap ilmu-ilmu dari para ilmuwan dan penemu ternama dunia.

Penguasaan bahasa Inggris yang baik juga memberikan banyak manfaat yang positif dalam dunia kerja. Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih terbuka lebar bagi siapapun yang piawai menggunakan bahasa asing ini sebagai nilai plus yang dimiliki seseorang. Tidak bisa dipungkiri bahwa pelaku ekonomi seperti perusahaan lokal akhir-akhir ini senantiasa bergesekan langsung dengan perusahaan asing karena memang tuntutan zaman yang semakin kompleks, maka dari itu perusahaan menuntut agar calon karyawannya memiliki kemampuan berbahasa Inggris sebagai syarat utama untuk bisa diterima di suatu perusahaan. Bahkan kecenderungan di negeri ini, kita sebagai warga Negara asli harus menyesuaikan atau adaptasi bahasa jika ingin berinteraksi dengan orang asing, dan bahasa Inggrislah yang dominan digunakan.

Nah pendapat saya di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak manfaat belajar bahasa inggris yang ada. Sekarang anda bisa menilai sendiri seberapa penting manfaat menguasai bahasa Inggris bagi diri anda.

Akhir kata penulis hanya bisa mengutip kalimat seorang filosof Yunani, Gothie, sekedar tahu saja tidak cukup, anda harus mengaplikasikannya. Niat saja tidak cukup, anda harus melakukannya.

Sekain, semoga bermanfaat.

11 komentar:

Dipastikan bahasa international ini perlu kita kuasai..salam sukses

andaikan gue bisa jago bahasa ini..

Ya penting lah belajar bahasa Inggris, sebab merupakan bahasa komunikasi internasional.

penting banget... kasian temen2 aku yg gak lulus2 toefl soalnya syarat S1 sih

Bagi gw yang utama Bhs Indonesia yang baik dan benar, sementara Bhs Inggris adalah kebutuhan secondary

saya sedang berusaha belajar baha inggris,kata orang tak ada kata terlambat untuk memulai belajar,yang penting ada kemauan,,,,,bener juga,sekarang baru terasa,kenapa nggak dari dulu belajar ,,,,

Nice post :)
Bahasa ingris sangat penting untuk usia dewasa nanti, khusunya dalam bidang pekerjaan .

bahasa inggris, ya penting harus bisa karena bahasa international

toefl kan sering digunakan untuk syarat melamar kerja dan kuliah, jadi pasti penting banget kan...............ckck

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More