Minggu, 01 Desember 2013

Kunci Dasar Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris,belajar bahasa inggris dasar,kunci dasar belajar bahasa inggris,kunci belajar bahasa inggris,dasar belajar bahasa inggris
Kunci Dasar Belajar Bahasa Inggris – Di era globalisasi seperti sekarang ini, bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang langka lagi seperti dulu. Belajar bahasa Inggris dan menguasainya mutlak menjadi pilihan dan gaya hidup karena pentingnya dalam menunjang pekerjaan dan karir. Tidak heran kalau bahasa asing yang satu ini sudah diperkenalkan kepada anak-anak di negeri ini semenjak usia pra sekolah. Tujuannya tentu saja sesuai dengan tujuan pelaksanaan pendidikan dasar yaitu mempersiapkan anak sedini mungkin untuk menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kalau kita melihat anak usia pra sekolah yang akan belajar bahasa Inggris, hal pertama yang diajarkan oleh Bapak atau Ibu guru tentu saja adalah memperkenalkan kosa kata baik itu dengan lagu ataupun media gambar. Tidak mungkin bahkan tidak boleh mengajarkan di usia ini tentang materi grammar atau tata bahasa, bahkan pada jenjang sekolah dasarpun materi grammar hanya dasarnya saja. Pengenalan terhadap kosa kata masih mendominasi content dari lembar kerja siswa dengan terbukti dari banyaknya gambar yang ada. Mungkin menginjak SMP dan SMA materi grammar sudah intens diperkenalkan, itupun kalau saya lihat usaha memperkenalkan dan memperbanyak kosa kata bahasa Inggris masih dimaksimalkan dengan banyaknya reading text yang mendominasi buku pegangan siswa dan lembar kerja siswa bahkan kosa katanya lebih kompleks.

Nah, dari sini sebetulnya kita bisa melihat kalau kunci dasar belajar bahasa Inggris sebetulnya adalah penguasaan kosa kata, memperbanyak daftar atau list kata ke dalam otak kita. Tanpa daftar kata yang cukup banyak dan memadai, tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris utamanya secara lisan dan tulisan, bahkan belajar bahasa Inggris malah akan terkesan lama dan tidak ada perkembangan. Lagi-lagi yang disalahkan adalah sekolah, lembaga tempat kita kursus dan gurunya, fasiltas yang kurang memadai atau bahkan metode pengajaran dan penyampaian yang kurang tepat dan inovatif. Padahal kalau kita cermati kesalahan tidak sepenuhnya terletak pada hal-hal di atas. Kesalahan ada pada rasa malas kita untuk mencatat daftar kata yang sudah kita dapatkan dan menghafalkannya, sekali lagi saya tekankan, mencatat dan menghafalkan daftar kosa kata yang kita miliki, tidak hanya bergantung pada ALFA LINK atau GOOGLE TRANSLATE. Seberapa hebat, inovatif dan keratif metode pembelajaran bahasa Inggris yang diterapkan, namun kalau tidak adanya usaha dari diri kita sendiri untuk memperbanyak kosa kata dan menghafalkannya, maka kemampuan bahasa Inggris kita begitu-begitu saja, pasif dan sedikit bisa. Saya pribadi mungkin akan lebih menghargai jikalau ada yang menemukan metode atau cara kreatif untuk menghafalkan kata bahasa Inggris secara cepat dan mudah. Teknik seperti itu yang saya idam-idamkan. (ha3x)

Kunci dasar belajar bahasa Inggris yaitu menghafalkan sebanyak mungkin kata yang kita dapat. Terdengar jadul mungkin bagi adik-adik yang masih sekolah kalau zaman modern seperti ini masih harus menghafalkan, SO WHAT gitchu lho..... ? (ha3x). Kenapa saya bilang menghafalkan kata yang kita dapat, bukannya sekalian menghafalkan kamus (he..he..) ? Karena kata yang kita dapat dari kegiatan membaca atau mendengarkan biasanya merupakan kata-kata yang sudah umum digunakan setiap harinya (daily life vocabularies), namun kalau menghafalkan kamus belum tentu kata yang kita hafalkan itu akan sering digunakan dan muncul dalam kegiatan speaking kecuali kalau isi dalam satu kamus hafal semua. hehe..

Nah, cukup sekian soBat, disimpulkan sendiri ya artikel saya di atas kalau masih kurang jelas dan endingnya amburadul. Bukan niat saya menggurui atau apalah, artikel ini hanya sekedar sharing pengalaman pribadi. Terima kasih

Semoga bermanfaat.

32 komentar:

Penguasaan kosa kata memang sangat penting, pak Hendrik. Persyaratan masuk ke sekolah unggul misalnya, anak saya berhasil setelah nilai tes percakapan dalam bahasa Inggris memuaskan. Tentu saja kuncinya seperti kata pak Hendrik, kosa kata...

Terima kasih sharenya, pak...

@ Uda Waah, bersyukur dah Pak punya anak yang bisa membanggakan orang tua, bisa masuk sekolah yang diidamkan. Terima kasih atas kunjungannya. Sukses selalu

(ha3X) kaya smsan aja mass . . .hahahahahahaha tu berapa kali ? ? ?

Saya dapet pointnya mas..kurang lebihnya perbendaharaan kosa kata kita maki banyak..makin berperan utk pengembangan ke tahap berikutnya..
Dan lebih efektifnya lagi..dlm mengenal dan menghafalnya justru malah yg sering kita dengar sehari2 ya mas..

Sip mas hen..buat pencerahannya.. :)

yang paling penting memang harus menguasai kosa kata dulu sebanyak-banyaknya biar lebih mudah belajarnya yah mas Hendrik, makasih buat tipsnya :)

Benar sekali, saran yang bermanfaat. belajar bahasa yang utama tentunya memperbanyak kosa kata.. Selamat pagi

Due third paragraph, we usually use directly in sentences. Why? In order getting known the meaning and usage in proper manner and sample. Whether reminding the form of regular or irregular - it's too rigid and hard enough. That's why by writing or speaking actually represent our capability skill in using form of vocab and pattern of time.

For fourth,ups...I do feel curious too coz just having communication with kindergarten. It's really real. How could she know it? The kid wanna make a conversation with me, though I'm such a babysitter for her. Yeah, we scream for ice cream, sticky one, then. I thought I have to ask the secret of her with his mother. (ha3x...kebo nusu gudel)

saya masih ketergantungan sama alfa link mas..

@ Mochtar Thanks for the additional explaination, absolutely right, without using our list of vocabulary in a real sentence, it's useless too. Yet, I am sure by having lots of it in mind will automatically encourage students to make it possible in a real conversation. If not ? How come ? I can't say nothing. No one person in this world will always keep saving his/her money while they are starving (ha3x)

Btw, You may judge me in time how good or bad my capability skill in writing a comment in this lovely blog was. I do believe you. Sure I am.. But, don't try to have me judge you (he3x)

I like ice cream, wanna treat me ? xixixi

@ Anthonie Eka Sama-sama Mas Anthonie. Terima kasih sudah berkunjung

@Lupa Nama haha...

@ Budi and Etika Maria Terima kasih sudah berkunjung

Ha3x I thought it's quick response's being made and uploaded as this blog statistic changes fast too. It's good technique while connected with foodstuff, our five senses could realize coz our eyes can see it, our nose can smell it, our tongue can taste it, and no need to imagine it. As we'll eat it up, after making sentences due foodstuff. Pizza, es cendol, ayam goreng and others.

I have to control not to make a judgement as I'll take the positive and negative for our reflection. One thing, I get benefit from it. And, don't you see that it's truly inspired me for my next articles. I do love write comments and sending article (wish), coz my appreciation to the blogger. Besides that, hmm....when having conversation with my sharing partner just saying...please open up web belajarbahasainggris-4me...okay read it up those article first...

Ha3x your blog becomes my reference, pals. Ice cream isn't enough, now, but FROZEN by Disney, seem a good movie and nice to imitate the script. I mean, we see it in youtube, first, of course. xxixxixxixxi

Ikutan belajar lagi disini mas Hendrik

ini yang saya males menghafal kosa kta bahasa inggris,,,,
akibatnya g bsa ni,,,,,

gmana coba,,,, huhuhu

datang lagi mas Hendrik, mau belajar lagi mengenai kunci dasar belajar bahasa inggris nih biar cepet pinter hehe...

@ Mochtar You made truly perfect illustration above there, not like mine. (ha3x). That's why we should always thank God designed the most perfect creature in this world like human. Thank coz I still have bit of money in my pocket to buy something, despite of ES CENDOL in my school way home, not buying PIZZA like you've done. NGENES ...(ckckck)

Yes, indeed you always steal everything good from me (trying to be confidence). why don't the worst one ? don't try it at home (ha2x). Thanks for sharing my blog to your friends out there. I don't know what should I say now coz if I am not misteken this is the second or might be the third time you've given me compliment. Love you very much, that's only I would say. xixi.

Contact me as usual in case you wanna contribute your articles for our lovely readers.

Setuju Mas. Dasarnya memang peningkatan perbendaharaan kosa kata dulu. Setelah itu baru belajar penempatan dan penggunaan kata yang tepat.

Okay pals. Let me take the worst ones from above comment. One word -> misteken. I can't find it in thesaurus and not sure enough in irregular verb. But, we change it into finding vocab of javanese words. (he3x more tricky, I'm)
tekun - smart enough
takon - questioned
teken - stick
tekan - achieve, reach
tek'en - signature
I call it analogy technique and finding vocab (plesetan finding Nemo). Thus, we could find vocabulary, add it, enhance it, explore it and expose it in your blog. At list, all my comment could be a choice of learning as we have different perspective, at all.

@ Mochtar (ha3x) error of typing and felt lazy to delete and replace with the new one as being published already. That's could be the worst reason I guessed. Ehemm..

Nice to steal and use your idea above in my teaching speech, PLESETAN, KEPLESET, KESET, KELET. ckckck...

@Lina Waah, tepat sekali Mbak lina "Penempatan dan penggunaan kata yang tepat", itu kalimat yang saya lupa untuk ditulis. hehe

Blognya keren. Bisa dijadikan sumber pembelajaran. Era sekarang bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan, hampir komunikasi disegala bidang memerlukan kompenetsi Bahasa Inggris.
Kunjungan perdana nih,
salam!

dari dulu sampai sekarang saya gak bisa-bisa hehe,,apalagi kalau ngapalin yang namanya kosa kata hehe,,( bisa sih cuma sedikit saja ) hehe

wah, kalau saya angkat kaki mas kalau masalah bahasa ingris, lawong sekolah aja suma sampai SD mas

kosa kata adalah raja deh mas, apalagi menghafal verba verba itu , kunci bgante

Kalau sudah ada kunci dasar dari belajar bahasa inggris tinggal niat dan kemauan keras agar bisa berbahasa Inggrisnya dengan lancar secara pelan-pelan dan pasti.

I agree with this opinion, that the first key to mastering english is the vocabularies, thank sir with your sharing...

Selamat Pagi Mas Hendrik ijin simak belajar
Kunci bahasa Inggris, maaf baru bisa berkunjung
Lagi di blog ini. Salam Hormat selalu buat Mas Muh Hendrik

Om Cikgu, have you a leisure time for killing it due this week end? It such as “Rendez-vous with French Cinema”. No need vocab, even though have no idea due the language but visual pictures could be one technique in exploring our sense and soul. Le Promeneur d'oiseau could be a choose one.
Hi3x.....whether so busy enough could be seen in youtube the trailer. Curiosity is a good pill and passion gives contribution, isn't it?xxixxixxixxixxi...

susah bnegt lidah biar bisa bahasa inggris...coba caranya

saya selalu berusaha untuk bisa berbahsa inggris, namun kurang berhasil. Beberapa hari yanglalu saya membaca detik.com diberitakan ada seorang sopir taxi...tidak tamat SD ...berkat keinginan dan usaha yang maximal sekarang sudah bisa dan lancara diajak dialog berbahasa Inggris. jadi tidak kata tidak bisa kalau kita mau berusaha maximal. thanks ...rubrik ini membantu mengingat kenbali bahasa inggris

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More