Jumat, 29 Mei 2015

Cara Mudah Belajar Menulis Bahasa Inggris

cara mudah belajar menulis bahasa inggris

Cara Mudah Belajar Menulis Bahasa Inggris -- Writing atau menulis adalah satu dari empat skill yang harus dikuasai ketika Anda belajar dan ingin menguasai bahasa Inggris. Bahasa tulis adalah pengganti kedua dalam berkomunikasi jika secara lisan belum mampu melakukan ataupun malu.

Seperti yang tertulis dalam artikel yang berjudul 4 kunci cara cepat belajar bahasa Inggris bahwa bahasa bukanlah pengetahuan, namun lebih kepada skill yang harus dipraktekkan. Meskipun demikian untuk menguasai kemampuan writing atau menulis bahasa Inggris dengan cepat setidaknya Anda harus belajar juga tentang grammar.

Sebaliknya Anda tidak perlu menunggu sampai mahir dan menguasai teori pengetahuan grammar secara sempurna, baru kemudian mempraktekkan menulis bahasa Inggris. Jika pola belajar Anda seperti itu maka yang akan didapatkan adalah rasa frustasi dan patah arang dengan bahasa Inggris karena saking banyaknya teori yang harus dikuasai.

Tips Cara Mudah Belajar Menulis Bahasa Inggris 

1. Be aware of the fact
Serupa dengan speaking, kemampuan menulis adalah kemampuan produktif yang tahapannya harus melalui passive skill dulu. Kesadaran ini harus Anda tanamkan sejak dini dalam diri Anda untuk membentuk kebiasaan belajar practice and progress. Tidak mungkin suatu skill akan dikuasai dengan baik seketika tanpa usaha, proses dan semangat belajar.

2. Struktur dasar kalimat bahasa Inggris
Bagian paling pokok dalam belajar menulis bahasa Inggris dengan mudah adalah bahwa Anda harus memahami 4 struktur utama kalimat bahasa Inggris.

a. Kalimat sederhana
Kalimat sederhana paling tidak memiliki subjek dan predikat atau kata kerja.
Contoh :
She sweeps the floor (verbal)
He is very handsome (nominal)
Pengertian kalimat nominal dan verbal bisa diklik linknya.

b. Kalimat gabungan
Kalimat ini adalah gabungan dari 2 kalimat sederhana.
Contoh :
Tino takes some sugar and I heat the water (verbal)
I am lazy but mother is very diligent (nominal)

c. Kalimat kompleks
Yaitu kalimat yang memiliki anak kalimat atau subordinate clause.
Contoh :
The man who drives the car made me happy today

d. Kalimat kompleks gabungan
Kalimat yang satu ini terdiri dari gabungan beberapa kalimat kompleks.
Contoh :
John who met me in London last year wants to meet me today in Monas because that is the first place in Indonesia where he wants to visit

3. Perbanyaklah kegiatan membaca atau reading
Menurut teori aural-oral approach, tahapan kegiatan belajar bahasa Inggris adalah listening-speaking-reading-writing. Menulis atau belajar writing termasuk tahapan terakhir. Itu berarti memperbanyak kegiatan membaca teks atau buku berbahasa Inggris akan membantu Anda semakin mudah belajar menulis bahasa Inggris. Anda akan semakin kaya dengan kosa kata dan tentunya hal ini akan memperlancar kegiatan writing yang Anda lakukan.

2 tips cara mudah belajar menulis bahasa Inggris yang terakhir harus sering dipraktekkan. Gunakanlah kosa kata dan pola kalimat baru yang Anda temui dari kegiatan reading untuk praktek menulis setiap hari. Practice and progress, itulah kuncinya. Selamat belajar !

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More