This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 09 Maret 2013

Present Continuous Tense

present continuous tense, present progressive, tenses, grammar bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris
Alhamdulillah, admin blog belajar bahasa Inggris bisa posting kembali. Semenjak blog ini online belum pernah posting mengenai Tenses. Untuk itu kali ini admin mencoba untuk memposting salah satu tenses dari 16 tenses bahasa Inggris yang ada, sekaligus juga sebagai wadah bagi admin pribadi untuk mengingat kembali pelajaran grammar bahasa Inggris yang satu ini. hehe

Belajar bahasa Inggris untuk beginner paling tidak harus tahu dengan tenses yang satu ini, present continuous tense.

Present continuous tense atau sering juga disebut present progressive digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan atau kejadian yang sedang berlangsung sekarang atau pada saat berbicara. Dimana berlangsungnya kegiatan atau kejadian ini dimulai pada suatu saat tertentu sebelum saat berbicara, berlanjut saat sekarang (berbicara), dan mungkin akan berakhir pada suatu saat tertentu di masa yang akan datang. Bingung ya ??? hehe

Present continuous tense dalam bahasa Indonesia diartikan “sedang ...” dan biasanya memakai keterangan now (sekarang). Rumus umumnya sebagai berikut :

Subjek + to be (is, am, are) + verb-Ing

For instance :
(+) She is watching television now (Dia sedang menonton TV sekarang)
(-) She is not watching television now (Dia tidak sedang menonton TV sekarang)
(?) Is she watching television now ? (Apakah dia sedang menonton TV sekarang ?)

Present progressive juga menggambarkan kegiatan yang sedang berlangsung minggu ini, bulan ini, atau tahun ini. Biasanya menggunakan keterangan this week, this month, this semester atau this year.

My father is working hard this year (Ayahku sedang bekerja keras tahun ini)
(Meski kejadian ini sedang terjadi, namun bukan berarti bahwa pada saat berbicara Ayahku sedang bekerja memegang peralatan kerjanya dan melayani clientnya).

Present progressive juga digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan terjadi segera (future) dan direncanakan atau timetable. Ekspresi future timenya biasanya diindikasikan dengan adanya time signal seperti tomorrow morning, next Friday, etc.

For Example :
I’ve talked to him. We are seeing each other tomorrow morning (Saya telah berbicara dengannya. Kita akan bertemu besok pagi)

Jika present progressive digunakan bersamaan dengan kata ‘always’ maka bisa mengekspresikan annoyance (keberatan/keluhan).

For instance :
Bob is always asking my child for money along the day (Bob selalu memalak putraku sepanjang hari)

Sekian soBat belajar bahasa Inggris kita kali ini. Jika ada yang kurang pas atau kurang tepat, silahkan mengisi kotak komentar..! Semoga bermanfaat, berkah melimpah. Amin.

Jumat, 01 Maret 2013

Konsep dasar pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD

pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD, bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris, grammar bahasa InggrisSeperti yang pernah saya singgung sebelumnya bahwa pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD sangatlah penting sebagai upaya untuk mempersiapkan mereka secara lebih dini dalam menguasai bahasa Inggris. Semakin dini mereka mengenal dan menyukai bahasa asing ini, semakin besar pula kesempatan bagi mereka untuk menguasainya dengan lebih mudah kelak ketika beranjak di bangku pendidikan yang lebih tinggi.

Biasanya seorang anak akan menyukai suatu pelajaran menakala dia memahami dan bisa mengerjakannya dengan mudah.

Nah kali ini saya bukannya mau berbagi tips mengajarkan bahasa Inggris untuk anak SD dengan metode ini atau itu, namun hanya berbagi mengenai konsep apa saja yang perlu diajarkan dan ditekankan supaya anak merasa lebih mudah untuk mengerjakan LKS bahasa Inggris mereka.

# Konsep reading (membaca)
Reading (membaca) text bahasa Inggris setidaknya menjadi langkah awal seorang anak SD untuk mulai menyukai pelajaran bahasa Inggris. Untuk SD yang memiliki guru faq bahasa Inggris, reading bisa menjadi segmen yang menarik bagi siswa SD untuk menirukan keunikan pronunciation dan accent dari guru bahasa Inggrisnya.

# Konsep menerjemahkan (translating) dan menggunakan kamus (dictionary)
Untuk siswa SD di sekolah saya mulai dari kelas 2 saya wajibkan membawa kamus. Tanpa kamus untuk menerjemahkan tidak banyak yang bisa mereka lakukan karena memang saya lihat LKS sekarang banyak reading textnya.

Untuk mempermudah siswa dalam menerjemahkan saya memakai metode menjodohkan (matching). Jadi dalam satu reading text saya cari dan tuliskan kosa kata yang belum mereka kenal saja beserta artinya secara acak dan mereka harus mencarinya di kamus. Untuk tips menggunakan kamus secara cepat dan tepat saya kira sobat semua sudah tahu ya ? hehe.

Metode menerjemahkan dengan matching saya kira cukup efektif juga. Ketika saya menuliskan suatu kosa kata yang sekiranya sudah pernah diterjemahkan sebelumnya, mereka secara spontan tahu dan mengingatkan saya kalau sudah pernah. Dengan demikian dalam satu reading text terkadang hanya ada 5-10 kata saja yang perlu dijodohkan.

# Konsep menggunakan bentuk kalimat tanya (question sentences) dan cara menjawabnya
Ada satu hal yang menarik disini dari pengalaman saya mengajar bahasa Inggris untuk anak SD, Lembar Kerja Siswa (LKS) mereka selalu kosong dan tidak terisi ketika ada reading text berikut pertanyaannya. Parahnya lagi mereka tidak bisa menjawab pertanyaannya bukan saja karena tidak tahu terjemahan textnya, namun lebih karena tidak memahami penggunaan bentuk kalimat tanya dengan baik dan cara menjawabnya.

# Konsep menggunakan to be, auxiliary verb (do/does) dan personal pronoun
Tujuan utama pengetahuan ketiga konsep ini juga tidak muluk – muluk yaitu untuk membantu siswa dalam menerjemahkan text dan kalimat tanya. To be yang paling umum digunakan di tingkat SD yaitu ‘is, am, are’. Siswa harus tahu bahwa ‘is, am, are’ dalam kalimat berarti ‘ada atau adalah’ atau kadang juga tidak usah diartikan, auxiliary verb (do/does) jika jatuh setelah kata tanya maka berarti ‘yang’ atau kadang tidak usah diartikan, dan jika berfungsi sebagai kata kerja maka berarti ‘melakukan/mengerjakan’.

# Konsep adjective phrase (Frase kata sifat)
Adjective phrase dalam reading text juga sering muncul. Contoh : wild animals
Siswa yang belum tahu konsep adjective phrase akan menerjemahkan kalimat ‘wild animals’ apa adanya, yaitu ‘liar binatang’. Padahal seharusnya ‘binatang liar’. Maka dengan ini harus ditegaskan pada siswa bahwa jika hasil terjemahan kalimat mereka terlihat rancu, maka terjemahannya harus dibalik.

Jika siswa SD memahami dengan baik konsep – konsep di atas, insyaAllah mereka akan merasa lebih mudah mengerjakan LKS mereka dan tentu saja jika sudah merasa mudah dan bisa maka akan timbul rasa suka pada pelajaran bahasa Inggris.

Untuk penjelasan mengenai kalimat tanya dan cara menjawabnya, penggunaan to be, auxiliary verb dan personal pronoun insyaAllah akan saya bahas di artikel berikutnya.

Sekian soBat, semoga bermanfaat.

Sabtu, 23 Februari 2013

Dapat award lagi

Met malem soB dan met weekend. Semoga selalu sehat, berkah melimpah. Amin
Alhamdulillah blog belajar bahasa Inggris dapat award lagi dari beberapa sahabat blogger. Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman karena masih diberikan kepercayaan untuk menerima award baik itu award dengan kategori persahabatan ataupun kategori yang lain. Sebelumnya saya juga minta maaf karena baru bisa memposting award yang soBat berikan.

award, belajar bahasa Inggris
 Award My Story dari sahabat Indah



award, belajar bahasa  Inggris
Award kategori Blog Loading Cepat dari sahabat Ucok Napitoe


award, belajar bahasa Inggris
Award persahabatan dari Om Dede

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada teman - teman di atas umumnya kepada semua sahabat blogger atas persahabatannya selama ini.

Jumat, 15 Februari 2013

Pengertian adjective (kata sifat dalam bahasa Inggris)

kata sifat bahasa Inggris, adjective, grammar bahasa Inggris
Belajar mengenai adjective bahasa Inggris cukup luas juga soB. Jadi saya coba posting secara bertahap saja. Saya disini coba mengulas apa yang sudah saya pelajari dulu dan semoga bisa menjadi referensi yang memperkaya khasanah pembelajaran bahasa Inggris.
Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya mengetahui prinsip atau perbedaan dasar antara kata sifat (adjective) dan kata keterangan (adverb).

Adjective (kata sifat bahasa Inggris) merupakan kata yang menjelaskan noun atau pronoun sedangkan adverb merupakan kata yang menjelaskan selainnya yaitu menjelaskan verb, adjective, atau adverb yang lain. Nah, jadi harus dapat membedakan juga mana adjective dan mana adverb. Lain waktu saya coba posting gimana untuk membedakan adjective dan adverb secara lebih detail. Baca ini juga soB tentang adjective untuk kata kerja kopulatif.

Untuk kali ini saya coba menguraikan saja tentang macam – macam adjective. Ada tiga macam adjective yaitu descriptive, limiting, dan proper adjective.

Descriptive adjective menjelaskan kualitas atau keadaan dari noun atau pronoun yang dijelaskan.
Contoh : handsome boy (‘handsome’ menjelaskan kualitas dari anak laki-laki yang tampan), stunning person, etc.

Limiting adjective (membatasi). Ada beberapa macam yaitu :
Demonstrative adjective, menunjukkan atau mengkhususkan noun atau pronoun yang dijelaskannya. Demontrative adjective antara lain : this, that, these dan those. Contoh : this table (this menunjukkan secara khusus noun ‘table’ (meja yang mana ? meja yang ini)).

Indefinite adjective, menunjukkan secara lebih luas noun atau pronoun yang dijelaskan. Contoh : some advices, any person, all women, most … etc.

Numerical adjective, menunjukkan suatu bilangan ketika menjelaskan noun atau pronoun. Bilangan ini bisa berupa cardinal number (bilangan pokok) bisa juga ordinal number (bilangan urut). Contoh : the sixth princess (Putri raja yang keberapa ? Putri raja yang keenam), six tables, etc.

Interrogative adjective, mengajukan pertanyaan ketika menjelaskan noun atau pronoun.
Contoh : What time is it ?, whose pen is on the table ? (‘time’ dan ‘pen’ merupakan noun)

Possessive adjective, menyatakan kepunyaan ketika menjelaskan noun atau pronoun.
Contoh : my book (buku milik siapa ? buku milikku), its leather, etc.

Relative adjective (kata sifat penghubung). Kata sifat ini hampir mirip dengan interrogative adjective soB, namun berupa klausa. Satu – satunya relative adjective yaitu ‘whose’ yang mendahului anak kalimat atau subclausenya.
Contoh : The student whose left arm was wrapped around the bandage went to the emergency room
(Anak kalimat ‘whose left arm was wrapped around the bandage’ menjelaskan noun ‘student’ yang didahului oleh relative adjective ‘whose’).

Proper adjective, menjelaskan noun atau pronoun dimana modifier (penjelasnya) berasal dari proper name.
Contoh : Chinese cuisine, Indonesian culture, French restaurant, etc.
(Masakan apa ? masakan Cina. 'Chinese, Indonesian, French' merupakan proper name)

Sekian belajar bahasa Inggris kita kali ini. Semoga mudah dimengerti

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More