Senin, 14 Oktober 2013

Membedakan kata sifat dan keterangan dalam bahasa Inggris

kata sifat dalam bahasa inggris,kata keterangan dalam bahasa inggris,adjective,adverb
Kata sifat dalam bahasa Inggris terkadang memang sulit dibedakan dengan kata keterangan. Hal ini dikarenakan memang ada beberapa adjective yang sekaligus juga digunakan sebagai adverb dalam kalimat. Contoh kata tersebut adalah kata ‘fast, bad,hard’ dan masih banyak lagi. Perhatikanlah contoh berikut ini dengan menggunakan kata ‘bad’:

The bad man was in jail with no light (Laki-laki buruk itu kemarin di dalam penjara tanpa lampu)
He spoke bad to his friend afterward (Kemudian dia berbicara buruk (mengatai) temannya)

Menurut anda mana di antara kedua contoh kalimat di atas yang merupakan adjective dan mana yang keterangan ?

Kata keterangan (adverb) dalam bahasa Inggris biasanya dikenali dengan akhiran ‘ly’ pada kata yang dilekati. Memang benar seperti itu salah satu cirinya. Namun ada beberapa kata dalam bahasa Inggris yang berakhiran ‘ly’ namun bisa digunakan sebagai adjective juga. Contohnya seperti kata ‘surely, early’ dll. Perhatikan contoh berikut !

The early lion catches the deer (Singa pertama yang menangkap rusa)
You should come early in the morning (Kamu sebaiknya datang lebih awal)

Mana kata ‘early’yang merupakan kata sifat dan mana kata keterangan ? kalimat 1 atau kalimat ke-2 ? hehe

Nah, jangan bingung dulu soB, begini cara membedakannya. Perlu diingat-ingat ya soB !!! hehe

Kata sifat dalam bahasa Inggris selalu menerangkan noun atau pronoun baik itu dalam bentuk kata tunggal, frase ataupun klausa adjective sedangkan kata keterangan (adverb) menerangkan selain noun atau pronoun, dalam hal ini menerangkan kata kerja (verb), adjective atau adverb yang lain.

Nah, pada contoh kalimat-kalimat di atas kata ‘bad’ dan ‘early’ pada kalimat pertama merupakan adjective karena menerangkan kata benda ‘man’ dan ‘lion’. Sedangkan pada kalimat kedua merupakan adverb karena menerangkan kata kerja ‘spoke’ dan ‘come’. Perhatikan juga contoh kalimat berikut !

The car in the main garage is the most luxurious than four of others.
Frase ‘in the main garage’ merupakan adjective juga yang kemudian disebut sebagai adjective phrase. Adjective phrase ini menjelaskan noun berupa ‘car’. Ajective phrase dibentuk dengan menggabungkan preposisi (kata depan) dengan noun dan penjelasnya.

The pencil that is on the table is mine
Klausa ‘that is on the table’ merupakan kata sifat yang kemudian disebut sebagai adjective clause dimana menjelaskan noun ‘pencil’. Perlu diingat bahwa klausa merupakan kalimat yang minimal memiliki subject dan kata kerja. Jadi kalimat di atas asalnya terdiri dari dua kalimat berikut :

1) The pencil is mine (klausa utama)
2) The pencil is on the table (klausa penjelas)

Nah, penggabungan kedua kalimat di atas bisa menggunakan kata ganti relatif (relative pronoun) seperti ‘who, that, atau which’. ‘who’ menggantikan hanya orang, ‘which’ menggantikan hanya benda, sedangkan ‘that’ bisa menggantikan orang atau benda.

Sekian soB, Nyok...

17 komentar:

Kata sifat seperti 'bad' jika ditambah 'ly', apakah selalu akan menjadi adverb, pak? Maksud saya, bad (kata sifat) dan badly (adverb). Terima kasih, penjelasannya Pak.

Dapet ajaran ilmu lagi nih dari mas hen...
lama lama bisa ketular pinternya nih...hehe

Matur suwun..ya mas :)

@ Uda Seharusnya memang seperti itu Pak pembentukan adverb dengan menambahkan 'ly' pada kata sifat. Namun menurut saya pribadi flexibel aja Pak, maksudnya kata bad jika ditambah 'ly' tidak selamanya menjadi adverb, bisa juga adjective, intinya kembali lagi pada konsep dasar bahwa adjective menerangkan noun atau pronoun kalau adverb menerangkan selain itu. Jadi tergantung yang diterangkan apa.

Hi pals, I'm surely to believe by surfing this blog occasionally would add my capability in this language. It's such a good pill in finding my curiosity due learning process as you've shared here. Though, I just taking what I needed as my requirement only. By taking a glimpse your idea, I'm trying to trace back and retrieve any source by mbah google due above item and succeed it. Hmmm.....enchanted learning......
.....he3x, om Hen...waduh style saya kok ter-sphere of influence by Enigma niii........

@ Mochtar (ha3x) been long time. How are u, Master ? guess I really hope this compliment spoken by you, special for me of course. (he3x). Btw, I've lost your phone number given. Mind you if I have it for the second time ?

ha3x....suwantenipun kadosipun langsung sae mbok bilih kula ugi nunut artikel wonten mriki, idep-idep adol rai......hi3x kaliyan sinten ingkang purun mratela'aken cara ingkang sampun kula cobi. lha pripun tho, blog niki langkung regeng, rame jeee.....kadosdene sakranjang pelem gadung, wonten sing manis, mengkel, kemamplo, radi kecut, uler'en nggih nunut.......
master
mister
muster
mistar
my star
he3x....satunggalipun cara nambah vocabulary, incip-incip artikel kula saklajengipun........nuwun, bade ngedit bin edet-edet, dudu sapi dudu pedet, awas lho nek kepelet.....
SOME BARRIERS IN LEARNING ENGLISH PROCESS

@ Mochtar Monggo, Master. Mengken kulo publish, kersane tambah rame blog meniko. mhhendriko83@gmail.com

wal, artikel dah ulun kirim na......en praktekin wan kula-kula pian di sekolah, bru share the side effect-nya yaa..........

@ Mochtar Siap, Master. Nunggu besok malam Senin ya publishnya :D

memang agak susah juga yah mas Hendrik untuk membedakan kata sifat dan kata keterangan, tapi berkat postingna mas bro saya jadi lumayan mengerti sekarang, makasih mas :)

Wah sangat bermanfaat bgt gan untuk anak sekolah seperti saya ini :)

Ngeri juga ya sob semoga kita tidak mengalami hal seperti ini

Sangat bermanfaat gan buat anak sekolah seperti saya :)terimakasiih

kalau grammar-nya sih paham jadi bisa membedakan. Kesusahan saya adalah dalam berbicara langsung.

Asyikk nih bang Hendrix bagi ilmunya lagi..hahahhayyy

sebagai tuntutan masa kini, harus banyak belajar nih :D

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More