Bahasa Inggris dasar untuk anak SD

bahasa Inggris, bahasa Inggris untuk anak SD, pengajaran bahasa Inggris di SD
Bahasa Inggris memang belum diakui oleh Pemerintah sebagai mata pelajaran pokok yang wajib diajarkan di jenjang sekolah dasar layaknya Matematika dan pelajaran lainnya. Bahkan untuk tahun ajaran baru 2013 rencananya bahasa Inggris akan dihapus dari standar muatan lokal menjadi pelajaran ekstrakurikuler.

Entah apa tujuannya, namun yang pasti selama ini pengajaran bahasa Inggris di SD menurut saya pribadi cukup bermanfaat sekali bagi anak-anak sebelum mereka mengenal bahasa Inggris lebih jauh di SMP. Toh dulu banyak dari guru – guru bahasa Inggris di SMP sendiri yang meminta agar di SD diajarkan mata pelajaran bahasa Inggris karena mereka mengeluh sulitnya mengajarkan mata pelajaran ini kepada anak didik karena tidak punya dasar yang cukup baik ketika mereka masuk ke SMP.

Bahasa Inggris untuk anak SD apakah sepenting itu soB ?
Ya, buktinya akhir – akhir ini banyak dari orang tua siswa SD yang meminta saya untuk Les Private bahasa Inggris dengan tarif yang cukup mahal soB, 5 milyad (bayangkaaaaan … ?? ).xixixi.

Pengajaran bahasa Inggris di SD saya anggap penting karena :
# Anak SD mudah tertarik dengan sesuatu yang baru yang sebelumnya belum pernah mereka kenal seperti pelajaran bahasa Inggris.

# Di usia SD anak cenderung untuk meniru, meniru ucapakan, logat, serta gaya bicara berbahasa Inggris gurunya yang khas terlebih kalau mendekati gaya bicara native speaker. Hehe.., ini kenapa sebetulnya akhir-akhir ini banyak dari kepala sekolah yang mengangkat guru faq bahasa Inggris (berijazah bahasa Inggris) di SD walaupun sebetulnya untuk SD tidak ada guru bahasa Inggrisnya.

# Anak SD masih belum terlalu banyak terkontaminasi pemikirannya, pemikiran untuk apa orang desa belajar bahasa Inggris, saya malu berbicara bahasa Inggris, dsb.

Nah, kesempatan emas 6 tahun inilah yang seharusnya dimanfaatkan untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak – anak, dengan tujuan yang tidak muluk – muluk yaitu membekali mereka kelak ketika masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga mereka tidak akan merasa kesulitan nantinya karena sudah terbiasa dengan mata pelajaran bahasa Inggris.

Yang saya pahami selama ini dari pengalaman mengajar bahasa Inggris untuk anak SD, semakin mereka tahu bahwa bahasa Inggris itu bisa mereka pelajari dengan mudah, maka semakin antusias dan bersemangat pula mereka dalam mempelajari bahasa asing ini. Dan sekali lagi, guru yang mengajarkan bahasa Inggris haruslah guru yang faq terlebih kalau kompeten. Bayangkan jika putra – putri kita nantinya tidak mengenal bahasa Inggris ketika SD, apa yang akan terjadi ketika mereka masuk ke SMP ?? Bukankah lebih baik memulainya lebih awal dari pada harus telat atau bahkan menyesal ?

Sekian soB uneg-uneg saya, semoga bermanfaat juga.
Belajar Bahasa Inggris

23 komentar

Indah P mengatakan...

Pertamax...horeeee (saya senang)

Ini baru yg dinamakan peduli bangsa, ide2 cemerlang spt inilah yg harus diterapkan demi kemajuan bangsa. Btw 5 milyard itu beneran mas..? hahhhhh ...yg bener, enak doung!! Tak doain ntr bisa cepet nikah...xixiiixixi. dgn mas kawin uang tunai sebesar 5 milyard. TUNAI :D

miztia-respect mengatakan...

nahh saya mulai krusus extra juga waktu SD . tapi gak sempet ikut bimbel waktu SMP .

Hendrik Sudirman mengatakan...

@edy samsul Bener Pak. Sebetulnya ini juga kan sudah sesuai dengan tujuan pokok pendidikan dasar seperti yang ada di UU. Entah UU nomor berapa Pak, hehe..

Hendrik Sudirman mengatakan...

@Indah P Amiiiin. Al-Fatihah ...

Hendrik Sudirman mengatakan...

@miztia-respect Untuk masuk SMP terutama SMP 1 biasanya ada tes bahasa Inggris dasarnya Miz. Kalau gak pernah dapat bahasa Inggris sama sekali waktu di SMP kan repot juga.

Inggris anak.com mengatakan...

Bahasa Inggris memang dari dulu sampai sekarang hanya sebagai pelajaran tambahan atau mulok atau ekskul...

Indah P mengatakan...

@Hendrik Sudirmanmet pagi

budi os 19 mengatakan...

@Hendrik Sudirmanhihi...mas hendrik...bisa aja ya :)

budi os 19 mengatakan...

setuju mas...bila di lihat dari berubahnya jaman dan smakin ketatnya persaingan di dunia pendidikan...

di rasa pelajrn ini memang sudah harus di biasakan sedari anak2...hingga di tingkat selanjutnya...tinngal mendalaminya...
ok...mas hedrik
nice post :)

Miz Tia mengatakan...

@Hendrik Sudirman iya pak guru.. masih ingat waktu plajarn prtma saya tntg verb get got got, drink drank drunk, bener gak tuh.. pokoknya tntg itu .tpi memang itu pljrn pntg sampe ujian akhir bakal ngebututin terus tuh.

Icahbanjarmasin mengatakan...

MEMANG SEHARUSNYA BEGITU YA BANG,BAHASA INGGRIS HAUS DITANAMKAN SEJAK MASIH SD BIAR KALAU SDH SMP GA GELABAKAN LAGI..YA KAN BANG HENDRIK...hahahyyy

M. Alex Joenaedi mengatakan...

Luar biasa sobat, penuh unsur pendidikan lanjutkan sobat and visit back :
http://joens-tutorial.blogspot.com/2013/02/modifikasi-thread-comment-dengan-css.html

IQ Online Mart mengatakan...

.: kalo dihapus, saya juga kurang setuju...^_^

Andes Rizky Nugroho mengatakan...

kalo saya denger2 sih katanya tahun ajaran 2013-2014 bahasa inggris di hilangkan agar tidak mengganggu jam efektif belajar mengajar karena saya denger sih tahun ajaran baru nanti akan lebih memprioritaskan mata pelajaran yang buat UN, jadi itu sebabnya bahasa inggris di jadikan mapel ekstrakurikuler.
thanks sob.. info bermanfaat :)

Motamatika mengatakan...

Selamat malam pak, maap saya baru bisa mampir :D
benar pak, bahasa inggris harus dikenalkan sejak dini, jaman saya SD dulu belum ada pelajaran bahasa inggris, saya pertama kali mempelajari bahasa inggris ketika di SMP. Telat banget saya :(

ariel nugie mengatakan...

Sangat setuju. Apalagi aku adalah anak yang baru lulus di jurusan pendidikan bahasa inggris. Mau tidak mau harus menghadapi anak SMP yang tidak punya pengalaman di SD nantinya.

Semoga orang yang menghapus bahasa inggris di kurikulum SD berubah pikiran T_T

Anonim mengatakan...

Kalau bahasa Inggris hanya dikenalkan kepada anak SD maka saya setuju, gan...
Tapi kalau kemudian menjadi mata pelajaran yang memberi beban kepada siswa SD, saya sih tidak setuju...
Untuk ukuran anak SD, jangankan untuk menulis/memahami bahasa Inggris, menulis/memahami bahsa Indonesia pun mereka butuh waktu...
Jadi konsepnya adalah memperkenalkan bukan menjadi mata pelajaran yang menjadi beban mereka...

Faceblog Evolutions mengatakan...

wah semoga anak sd sekarang lebih memahami bahasa inggris ya kang, gak kayak jaman saya dulu sd belom dapet pelajaran inggris. hihi.. alahasil sampe sekarang taunya cuma tankyu for sharing :D

Puramoz Shared mengatakan...

Anak SD sekarang semakin pinter aja bahasa inggris, kelas 1 udah belajar bahasa inggris.

rare-angon mengatakan...

Hello, How are you ? i hope you enjoy today

maaf ga bisa bahasa inggris, sukses dan tetap semangat

Milanisti | Expression Blog mengatakan...

sukses anak indonesia sebagai jago berbahasa inggris

Vebyo Arson mengatakan...

kalau menurut anda sob...bahasa inggris untuk pemula itu harus mulai di pelajari dari mana..??

Update ESET OfflineTips BlogVebyoArson

sHeRrY mengatakan...

cute kid:)
http://sherrylicious7.blogspot.com

Poskan Komentar

Baca dulu sebelum berkomentar ya ! Pesan ini berlaku mulai hari ini, 21 Pebruari 2014

Mohon jangan berkomentar yang bersifat pujian saja atau hanya sekedar say "Hello" atau sapaan yang lain layaknya di guest book