Sabtu, 21 Juli 2012

Ayo Belajar Menyusun Kalimat Bahasa Inggris !

Mungkin selama ini dalam belajar bahasa Inggris kita pernah merasa kok sulit banget ya menyusun kalimat dalam bahasa Inggris dan mengucapkannya secara oral. Takut salah grammar lah, kurang pas lah, kurang ginie, gitoe, ruwet dech.. :D

Ada banyak cara untuk membuat kita lebih percaya diri dan lues dalam menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Disamping perbendaharaan kata yang cukup tentu saja kuncinya adalah mencoba, berlatih dan berlatih, dan tentu juga tahu sedikit banyak tentang struktur atau elemen utama pembentuk kalimat.

Nah elemen utama pembentuk kalimat yaitu subjek, kata kerja (verb), objek langsung (direct object) dan pelengkap (complement). Elemen pembentuk lain yaitu object tidak langsung (indirect object) dan penjelas (modifier).

Subjek bisa berupa noun atau pronoun yang melakukan tindakan sesuai kata kerja yang dimaksud. Sedangkan verb merupakan tindakan atau keadaan yang dimaksud. Verb (kata kerja) bisa berupaka kata kerja operasional (melakukan tindakan) atau yang biasa disebut dengan kata kerja transitif yang mana kata kerja sepeti ini membutuhkan objek langsung (direct object), bisa juga berupa kata kerja kopulatif (copulative verb) yaitu kata kerja yang hanya berfungsi sebagai penghubung antara subject dengan kata benda predikat atau kata sifat predikat. Ruwet.Com :D

Kata kerja selain kata kerja operasional berarti kopulatif termasuk ‘to be’, kecuali jika ‘to be’ digunakan sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb). Contoh kata kerja kopulatif : feel, taste, appear, seem, dll.

Andi tastes the cake (Andi=subjek, kata kerja ‘tastes’ transitif, dengan object langsung ‘the cake’)
The cake tastes delicious (The cake=subjek, kata kerja ‘tastes’ kopulatif menghubungkan subjek ‘the cake’ dengan kata sifat predikat ‘delicious’)

He goes to Jakarta (kata kerja ‘goes’ transitif)
He is in the classroom (kata kerja ‘be/is’ kopulatif menghubungkan subjek ‘He’ dengan kata benda predikat ‘classroom’)
They are lazy (kata kerja ‘be/are’ kopulatif menghubungkan subjek ‘They” dengan kata sifat predikat ‘lazy’)

Object langsung dan object tidak langsung merupakan orang atau benda yang dikenai tindakan atau menjadi sasaran dari kata kerja yang dimaksud. Mengenali mana object langsung dan tidak langsung cukup sederhana. 1) Jika object tidak langsung muncul setelah object langsungnya maka object langsung tersebut didahului oleh to, for atau of; 2) Jika object tidak langsung muncul diantara kata kerja dan objek langsung maka to, for atau of akan hilang.

My father buys a bag to me (‘me’ merupakan objek tidak langsung muncul setelah objek langsung ‘bag’ maka ‘to’ muncul diantara kedua objek).
My father buys me a bag (objek tidak langsung ‘me’ muncul diantara kata kerja ‘buys’ dan objek langsung ‘bag’ maka ‘to’ hilang).

Untuk modifier (penjelas) akan coba saya tulis pada artikel berikutnya.

Sekian belajar bahasa Inggris kita kali ini. Sekian, semoga bermanfaat. Amiiiin….

16 komentar:

ini dia pelajaran yang paling saya tidak suka dari semenjak SD, mangkanya sampai sekarang cuma bisa yes n no doankssss wkwkwkw

sampai saat ini saya masih kesulitan untuk merangkai kalimat dlm bhs inggris, sering saya merasa ragu dan takut ditertawakan apabila salah :D

Make it directly in English with pattern above. No need to make in Bahasa first, then, translate to English as it takes time and the sense truly different.

In the beginning we do that too but finally it needs much effort thus we change it. Some barriers and mistakes are common for learning process. By the time we'll realize that above technique so simple as we could speak up automatically in English.

selamat siang, selamat beraktivitas siang. happy blogwalking

Betul juga, pak. Menyusun kalimat dalam bahasa Inggris perlu latihan jika sudah banyak vocabularynya...Terima kasih motivasinya...

Blajar siang disini... trimakasi telah berbagi.

nice posting gan, saya suka banget belajar bahasa inggris.
kunjungi blog saya ya, jangan lupa tinggalkan komentar :)
http://typepedia.blogspot.com/2013/11/saya-ingin-oppo-n1-anda.html

hem,,, susah juga bahasa inggris,,, dari dulu ane cuma bisa yes no, yes no doank... hahaha....

Point yang saya ambil untuk artikel ini : #Berlatih atau praktek langsung.
Terimakasih mas atas sharingnya :) Salam sukses

Terima kasih sudah dijelaskan . Tp meski telah dijelaskan dengan rinci , saya tetap tak bisa memahaminya .dan terlalu sulit untuk dimengerti ,karena cukup rumit :(

Bagus!!!....sya hmpir sedikit mengerti berbahasa inggris

pelajaran yg sangat susah susah dan teramat sangat susah sekali :(

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More