Rabu, 18 Juli 2012

Teknik jitu mempelajari kosa kata bahasa Inggris

kosa kata bahasa Inggris, teknik mempelajari kosa kata bahasa Inggris, belajar bahasa inggris, vocabulary
Belajar bahasa Inggris memang tidak semudah yang orang katakakan. Tapi mungkin juga tidak sesulit yang kita kira. Menurut saya pribadi lingkungan sangat berpengaruh juga terhadap proses penguasaan bahasa Inggris.

Mungkin ada sekelompok orang yang sebelumnya tidak berminat untuk mempelajari bahasa Inggris, namun karena mereka tinggal dalam lingkungan yang dominan terhadap bahasa asing ini, secara naluripun mereka akan adaptasi dan lebih mudah dalam menguasainya. Ada juga beberapa orang yang notabene mengenyam pendidikan bahasa asing ini sampai bangku perkuliahan, namun karena mungkin lingkungan tempat tinggal mereka di desa yang sebagian besar penduduknya masih jauh dari kata mengenal bahasa Inggris, secara teoripun bahasa Inggris mereka akan sulit berkembang atau bahkan mengalami penurunan.

Nah, menurut banyak ahli penguasaan kosa kata bahasa Inggris atau vocabulary menjadi modal utama dalam belajar bahasa Inggris atau bahasa asing apapun, dan praktik menjadi langkah awal untuk mengaplikasikan modal tadi. Ada banyak cara untuk memperbanyak kosa kata bahasa Inggris yang kita miliki dan cara yang paling umum menurut saya pribadi adalah dengan banyak membaca, membaca buku, koran, majalah atau media lain berbahasa Inggris.
Ketika membaca saya biasa mempersiapkan kamus di samping saya atau jika lagi males buka2 kamus saya persiapkan translator semacam google translate atau yang lain dan tentu saja sepiring roti dan segelas kopi :D. Tidak lupa juga buku catatan kecil untuk mencatat semua kosa kata baru yang belum saya ketahui dari kegiatan membaca saya.

Bacalah satu judul artikel dulu, kemudian lihat seberapa banyak kosa kata baru yang tercatat dalam buku kecil kita. Jika kegiatan seperti ini saya lakukan setiap hari, saya dapat membandingkan jumlah kosa kata yang saya tulis. Ada beberapa kemungkinan yang timbul : 1) jika jumlah artikel yang kita baca lebih banyak namun kosa kata baru yang kita dapat sedikit itu bisa berarti merupakan tanda kalau penguasaan kosa kata kita memang berkembang; 2) Jika jumlah artikel yang kita baca sedikit namun kosa kata baru yang kita dapat lebih banyak itu bisa berarti memang tingkat kesulitan kosa kata dalam artikel tersebut cukup tinggi bagi kita dan sekaligus kita jadikan sebagai pemicu untuk lebih bersemangat dalam meningkatkan perbendaharaan kata.

Nah, yang menjadi masalah adalah bagaimana kosa kata bahasa Inggris yang sudah tertulis dalam buku kecil tadi bisa tertanam lebih permanen dalam otak kita. Ternyata dengan membaca ulang kembali saja tidak cukup. Menurut saya pribadi cara yang terbaik yaitu dengan memakai kosa kata tersebut secara langsung baik melalui speaking atau writing. Beruntung bagi kita yang ada pada lingkungan yang mendukung sekali untuk diajak speaking. Bagi kita yang belum cukup percaya diri untuk berbicara atau tidak punya lawan bicara, gunakanlah kosa kata baru tersebut dalam kegiatan writing. Writing menjadi langkah awal untuk lebih percaya diri dalam melakukan speaking.

Sekian, semoga bermanfaat. Terima kasih.

12 komentar:

jika lagi males buka2 kamus saya persiapkan translator semacam google translate atau yang lain dan tentu saja sepiring roti dan segelas kopi :D.

Minta dunk ... :D

mantap mas tekniknya, haduh tapi saya belum juga paham mas, kasih tau dong caranya biar cepet paham :D

@Faceblog Evolutions Kuncinya niat dulu Mas untuk benar-benar mempelajari bahasa Inggris. Tapi saya kira kalau bahasa Inggris sekarang sudah tidak asing lagi Mas, banyak yang sudah bisa, bahkan mungkin Mas Andes jangan-jangan nie lebih mahir daripada Saia.hahay

Wani piro = wanna do.

It's my trick, though have no vocabulary but having passion seem better. Always open up dictionary just making inferior sense, thus trying to read it out and forget the undefined vocab or just guessing it. Then check again in dictionary for making sure the meaning.

We did it for Harold Robbbin novel (ha3x), coz curiosity with the story as a good pill. I thought.

@mochtar I did all the above tips long time ago when I was still young. (ha3x). Seems now that sense of curiosity becomes strongly expensive than the cost should be spent for my cloth. electronic word books such as Alpha Link and other trade marks around encourage students get rid of dictionary for their learning process. Technology makes all easier to conduct. In other hand, it declines our spirit and effort (Semangat juang) to achieve something.

wah mantap gan saya sering translate google jika kurang paham apalagi kalimatnya panjang bagt gan

BLOGWALKING IN HERE www.cheathelps.com/fifa-2014-trainer/
SEBELUMbnya NICE POST Om

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More