Kamis, 26 Juli 2012

Belajar mengenali modifier dalam kalimat bahasa inggris

Seperti yang saya janjikan dalam artikel saya minggu lalu mengenai elemen utama pembentuk kalimat, kali ini akan saya coba tuliskan mengenai modifier (penjelas). Sesuai dengan artinya yang saya tulis dalam tanda kurung, modifier berfungsi untuk memperjelas atau membuat lebih jelas arti dari subjek, predikat, objek langsung, atau objek tidak langsung. Berarti semua kata-kata selain elemen utama pembentuk kalimat seperti yang saya tulis barusan merupakan modifier.

The blue pencil is mine.
‘The pencil’ merupakan subjek dari kalimat yang diperjelas artinya dengan kata ‘blue’ sebagai modifier.

He ran quickly.
‘Quickly adalah modifier dari kata kerja ‘run’.

She gave the long skirt to me.
‘long’ merupakan modifier atau penjelas dari objek langsung ‘the skirt’.

He treats his best friend a cup of coffee
Kata ‘best’ mempertegas kejelasan arti dari objek tidak langsung ‘friend’.

Modifier bisa berupa frase atau klausa bahkan dalam satu kalimatpun bisa mempunyai beberapa modifier atau yang disebut dengan modifier bertingkat. Untuk kali ini saya cukupi sekian saja belajar bahasa inggris kita. Susah juga ternyata menulis itu :D

2 komentar:

seringnya modifier itu berbentuk adj dan adverb ya? participle juga kan?

nice post fren.. ya sitik2 ono sing mudeng lah.. :)

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More