Senin, 22 Oktober 2012

A few, few, a little, little

grammar bahasa inggris, belajar bahasa inggris
Seperti biasanya kawan belum Afdhol rasanya kalau belum menyapa dan mendo’akan sesama. Apa kabar soBat semua ? semoga selalu sehat, berkah melimpah… Amiin.

Sedikit mengingatkan saja soB tentang pelajaran grammar bahasa Inggris ketika dulu saya dan soBat semua masih duduk di SMP tau SMA. soBat bisa lihat sendiri sesuai dengan judul di atas.

4 kata di atas mungkin akan terlihat lebih mudah diingat jika dikelompokkan seperti ini : (a few dengan few) dan (a little dengan little). Namun menurut saya pribadi jika sudah dikaitkan dengan arti dan fungsi secara grammatical akan lebih mudah lagi diingat jika dikelompokkan seperti ini (a few dengan a little) dan (few dengan little).

Berikut sedikit penjelasan tentang ‘a few dan a little’ :
- A few dan a little secara bahasa Indonesia bisa soBat artikan “beberapa (some)”
- Membawa arti/ide yang lebih positif

Berikut penjelasan tentang ‘few dan little’ :
- Few dan little bisa anda artikan “sedikit”
- Membawa arti/ide yang cenderung negatif

Berikut yang perlu anda perhatikan :
- A few dan few digunakan bersamaan dengan kata benda dapat dihitung, jamak (plural count noun)
- A little dan little digunakan bersamaan dengan kata benda tidak dapat dihitung (noncount noun)

Berikut contoh penggunaan dan terjemahannya :
I've joined to profitclicking for about two weeks, but I’ve made a little money of it
(Saya sudah bergabung dengan profitclicking sekitar dua mingguan, tapi saya sudah menghasilkan beberapa dolar dari profitclicking)
(Kalimat di atas memberikan arti yang lebih positif karena hanya dalam 2 minggu sudah menghasilkan beberapa dolar toh walaupun belum banyak. ‘money’ merupakan kata benda tidak dapat dihitung)

At profitclicking, I’ve made a few friends as well. For instance, here you can get support for free from 2 p.m. to 10 p.m via YM. She is my referrer.
(Di profitclicking, saya punya beberapa teman juga. Misalnya, disini anda bisa mendapatkan support penuh dari jam 2 siang sampai jam 10 malam gratis lewat YM. Beliau temen saya)
(Kalimat di atas juga membawa ide positif dengan punya beberapa teman. ‘friends’ merupakan kata benda plural dapat dihitung)

Now, I have (very) little money when it comes to end of the month. By joining to profitclicking, I hope the condition to change.
(Saat ini, saya hanya punya sedikit uang saat tanggal tua. Dengan bergabung di profitclicking, saya harap kondisinya berubah)
(Kalimat di atas membawa ide negatif karena saat tanggal tua hanya punya sedikit uang atau hampir tidak punya uang)

I am a new member, so I still have (very) few friends to follow my track (Saya member baru, jadi saya masih sedikit referral)
(Kalimat di atas juga membawa ide negatif, hampir tidak punya referral).

Sekian soB, kepanjangan. Gak sah pakai kata2 pamit ya, InsyaAllah ketemu lagi deh. Hehe..

52 komentar:

Bang Hendrik ini bikin aku betahhhhhhhhhhhh banget disini,terus terang bang disini aku banyak belajar dan disini juga aku sedikit demi sedikit agak faham soal kosa kata,aku jadi ingat sama ANTON G.HILMAN dan NISRINA H NURUBAY waktu zamannya TVRI dulu ya bang..hee..NOSTALGIAAA.

@Icah Banjarmasin hehe. Tahu saya ANTON itu Direktur di Lembaga Bimbel tempat saya Ngajar Bang. Belum lahir mungkin saya tau masih SD kali. xixixi. Ma kasih Bang dah mampir.

@Motamatika Keren Pak. Siip. Kata 'minutes' gak mesti uncountable kok, bisa countable jg menurut saya, tinggal pemakaiannya. "Fill" artinya mengisi Mas. Kalau "Feel" artinya merasa/terasa. Gitoe dah kira2 :D

Postingan yang bagus banget menurut aku, apalagi memang tentang yang satu ini, "a few, few, a little, little" emang suka rada2 membingungkan.... khususnya buat aku, tapi coba kalau bapak postingnya kemarren, kemarin aku bantuin ngerjain PR tentang ini buat adik saya, hihihi... Tapi Alhamdulillah PR nya betul semua,

mkasih yaa

menambah ilmu lagi, few little..
hehehe

@arti irhamna Ma kasih Mas Arti dan Dee Awdee. :D

pak guru miztia hadir.. terima kasih ilmunya.

asyik....jadi inget masih skul dulu nih mas HEHE :D

I've made a few words for this post.

it's nice, just a simple, and fun. :D

CMIIW sir.

@Ketagihan Baca Waah kalimat yang bawah itu maksudnya apa ya ? angka Romawi tau gimana soB ? :D

CMIIW = Correct Me If I Wrong.

Hehehe gimana Gan komentar ane terkait "a few" nya udah bener belum ??

@Ketagihan Baca Honestly, you do have a good talent in English

i'm Understand Mr Teacher hehehee..... :)

@EKA IKHSANUDIN Thanks, Mr. Eka. I understand what you were talking about ...xixixi

@Hendrik Sudirman

A good talent ?? Haha I hope it to be a real. Coz, I really wanna can speak english any where I am.

Bakat ?? haha ane harap itu jadi kenyataan. Soalnya Ane bener" ingin bisa berbahasa Inggris di mana pun Ane berada.

---------------------------

Koreksi gan kalo ada yg salah.

wah..bermanfaat sekali pak guru....jadi inget seakrang..hehe

@Ketagihan Baca Ginie deh soB kira2.hehe : I hope it would be real. Coz I wanna be able to speak English anywhere I am. Just go on...! It's almost perfect, soB. You may be my competitor next in the future. I really hope so.

izin lihat-lihat pak... :)

@Hendrik Sudirman

You said : "You may be my competitor next in the future. I really hope so."

Hahaha pengennya sih gan. Ane paling seneng bersaing dgn orang yg ilmunya di atas ane. :D

Thanks for correction me.

wah...makin rame aja nih blog nya mas...hehe...mantap deh... :D

oh ya mas hendrik ada award lagi loh buat mas...langsung ciduk ya hehe :D

Kunjungan ke sini..matur nuwun pak sampun dugi ten blog kulo.

@Bahasa Inggris Anak Indonesia Ma kasih ya buat temen2 yang ada di atas. Sukses semua buat kalian.

@Ketagihan Baca Haha bisa aja nie Mas Bro. O ya soB, for kalau diikuti kata kerja biasanya kata kerjanya bentuk 'ing'. Thanks for correcting me/Thanks for the correction. hehe

dulu aku juga pas smp dan sma sering susah membedakan antara few dan little, makasih sob sudah mengajarkan yang benar....

to the point sahabat, bisa nggak kita join? sy punya artikel dan bgaimana jika anda alih bahasakan ke bhs inggris?






@sangguru Boleh saya coba soBat. Itupu menyesuaikan dengan aktivitas saya.hehe

nah, kadang suka ketuker nih suka bingung. Makasih pencerahannya mas hendrik :)

kursus bahasa Inggris gratis disini. terima kasih telah berbagi

ijin ikutan kursus pak guru :)

kalau little saya tau mas, selebihnya kurang tau, makasi sudah di beri pengetahuan

ternyata selama ini sering terbalik ya hehe
haturnuhn infonya kang ...

Trimakasih buat pelajarannya.. senang bisa berkunjung disini.

Info yg bagus. Terima kasih atas perkongsiannya..

No slip-up goes unnoticed, no dress unmentioned and pored over, so I can’t imagine the field day the Getty photographers of the world had with Jaimie Alexander’s outfit at the Thor: The Dark World premiere in Hollywood last night.

disini bukan sedikit yang didapat tapi banyak sekali ilmu yang didapat,,, nice nih :D

nice blog... sukses terus =)

thanks so much for your kind visit dear friend, friday evening support express, great and relax friday, you're always welcome ;-)

pak hendrik, saya sering salah menggunakan kata few , little , small bahkan minor pada kalimat-kalimat tertentu. karena mereka mempinyai makna yang sama, yaitu sedikit atau kecil

selamat petang um apakabarnya ,,?semoga sehat selalu

thanks... kebetulan saya lagi belajar bhs. inggris nih

kunjungan enggal pak,,badhe kulo tunggu kunjunganipun teng blog kulo suwon

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More