Senin, 05 November 2012

Belajar bahasa inggris dan writing

belajar bahasa inggris, grammar bahasa inggris, vocabulary, writing
Writing merupakan salah satu dari empat skill bahasa inggris yang perlu kita kuasai. Mengenai urutan belajar bahasa inggris yang benar, diantara keempat skill tersebut yang mana yang harus pertama kali dipelajari maka menurut para experts, listening menjadi pilihan utama. Melalui kegiatan listening maka kita akan berusaha meniru dan berbicara (speaking), menulis (writing) dan tentu saja membaca (reading).

Mungkin kita berpikir bahwa urutan di atas tidak sesuai dengan proses belajar kita selama ini, karena pada umumnya kita belajar bahasa inggris pertama kali melalui writing atau reading. Ya, seperti yang saya alami juga.he..he..Tapi setelah sekian lama belajar bahasa inggris saya mulai menyadari dan merasakan bahwa urutan belajar di atas memang ada benarnya juga.

Memang dengan memperbanyak kegiatan listening bahasa inggris kita akan lebih cepat berkembang. Ya, walaupun pada awalnya kegiatan listening itu memang saya rasakan paling sulit di antara 3 skill yang lain bahkan sampai sekarangpun masih terasa sulit, hehe…, namun setelah saya coba dan coba ternyata kemampuan speaking saya meningkat juga. Memang konsepnya sangat sederhana : banyak mendengarkan, sering menjumpai frase, kosa kata atau ekspresi-ekspresi yang sama kemudian meniru dengan menggunakannya dalam aktifitas speaking secara langsung ataupun dalam bentuk writing.

Disinilah yang saya rasakan sejak pertama kali belajar bahasa inggris sampai mengenal listening, saya lebih dominan dan percaya diri meniru dan menggunakan apa yang saya dapat dengan kegiatan writing terlebih dahulu dari pada berbicara secara langsung (speaking). Dengan writing kita lebih leluasa untuk mengotak-atik dan memilih kata yang tepat, penggunaan grammar bahasa inggris sampai menemukan susunan kalimat yang pas.

Dengan terbiasa dalam writing dan menyusun kalimat secara tepat serta beberapa uji coba yang mungkin kita lakukan semisal mempublikasikan tulisan bahasa inggris kita di internet melalui e-zine ataupun blog maka secara tidak langsung kitapun akan lebih percaya diri dan lidahpun akan terasa lebih lues berspeaking. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kegiatan writing yang sudah biasa dilakukan.

Writing secara tidak langsung merupakan kegiatan memorizing (menghafal) karena dalam kegiatan writing itu sendiri kita akan banyak mengulang-ulang bentuk dan kosa kata yang sama. Itu mengapa sering saya singgung bahwa writing menjadi dasar yang baik bagi speaking.

That’s all, soB.

48 komentar:

salah satu hal yang memang harus jadi bagian belajar bahasa inggris yaitu menulis ya, terkadang sulit juga kalau bisa mengucapkan tapi ketika menuliskan, tidak tahu ejaan yang benar.

Sebenarnya saya punya ide (yg menurut saya brilian) agar bangsa kita bisa merata fasih berbahasa Inggris. Baik speaking atau writing.

Tapi bingung tak tau harus di sampaikan ke siapa.

Soal writing, ane setuju itu bagian dari menghafal. sama pentingnya dgn speaking. Jangan sampai menulis "I love you God" malah menjadi "I love you Goat"



@Ketagihan Baca Idenya apa tu soB ? Kalau mau boleh deh diposting ke blog saya. :D

@artiirhamna Mungkin ada yang berpendapat kalau listening ataukah speaking sangatlah penting dan menentukan, tapi sebetulnya keempat skill berbahasa inggris itu saling melengkapi dan mendukung dalam proses belajar bahasa inggris

listening susah pak. entah telingan sayanya yang budekatau apa. tapi writing gak bisa dianggap remeh juga ya. hhehe

nyerah deh klo bhasa inggris >.<,

oiya mampir ke blog ku sob, ada award, ambil ya ^_^

sama nih kalau bahasa inggris nyerah deh hehe

@Abhi (jejak bocah) Gak gitu amat ah Mas Abi, masak sampek budeg. Emang listening bagi saya juga merupakan bagian yang paling sulit dlm belajar bahasa Inggris. Technical sound juga menjadi salah satu faktornya :D

@Agung Ak Emang kalau belajar yang gak 100% langsung perfect Mas, butuh proses. hehe...ma kasih sudah berkunjung ...

Asyikkk nambah lagi pengetahuan saya berkat bang hendrik,terima kasih ya bang sdh abang bagi ilmunya...hahhahyyyy

Listening masih hal yang paling sulit buat saya. Mendengarkan anchor membaca berita dalam bahasa Inggris, belum pernah paham secara keseluruhan.

@Hendrik Sudirman
Film" barat yg di siarkan di TV seharusnya di buat dubbing menjadi bahasa Indonesia.

Sementara teks nya itu yg biasa kita baca (berwarna kuning di layar bawah TV) di rubah menjadi teks bhsa Inggris.

Jadi saat si Artis berbicara (dub Indonesia) kita dpt serta merta bljar karena di bawah nya terdpt lgsg teks inggrisnya.

@Ketagihan Baca Bener juga soB. Memang ini ide bagus. Saya sendiri pernah melihat yang seperti ini, waktu itu nonton film kartun di TV. Gak seperti biasanya, film kartun ini berbahasa Indonesia namun ada teks b.Inggrisnya di bawah. Sayangnya saya lupa mencatat channel TV dan hari serta jam berapa tayangnya. Padahal sangat membantu sekali buat belajar bahasa Inggris. Memang dengan dubbing seperti itu saya merasa pengalaman kosa kata yang saya dapat lebih bervariasi, lebih lues karena sesuai dengan bahasa ibu yang kita gunakan. Intinya kan kita bisa lebih banyak meniru kalimat bahasa Inggrisnya soB karena memang terkadang ada kalimat dalam bahasa Indonesia yang susah juga untuk kita terjemahan dalam bahasa Inggris. Contohnya kalimat : gak usah repot2. Padahal kalau diterjemahkan ke bahasa Inggris kalau gak salah begini : don’t get yourself in trouble. Kira2 Bener gak nie soB pendapat Ane ini ???

Harus banyak menghafalkan dan memahami vocabulary. :D

ta baca lagi deh mas....baru sekali baca nih...ak ga mudeng hehe.... :D

@Hendrik SudirmanPendapat Agan hampir sama dgn ide Ane.

Ya kita tunggu saja, semoga ide ini dpt di terapkan demi kemajuan berbahasa internasional yg baik :)

@Aghnanisme Pramudihasan Bener sOb, karena memang itu (vocabulary) kunci utama dalam belajar bahasa Inggris

susah-susah gampang ya pak, pengen banget deh bisa bahsa inggris,,,, :D

Mampir lagi ..mau cari kamus...hehe :)

Bahasa inggris merupakan bahasa yang wajib kita kuasai. Apabila bisa berbahaa inggri kita kemana saja enak.

saya mau belajar bahasa inggris nh,, soalnya blm mudeng-mudeng.. :P

Maap baru bisa berkunjung karena hosting saya dihapus

Bahasa Inggris tak terlalu sulit, sebenarnya mudah, asal bersabar dalam belajar. salam kenal ya gan.

@Info Kesehatan Indonesia Bener soB. Semuanya butuh proses termasuk dalam belajar bahasa Inggris. Salam kenal juga. Ma kasih atas kunjungannya .. :D

cocok buat ane yg gak bs bahasa inggris :D

Gotta reading all comments!!! Seem I have similar experience with them all thus could be laughed as being happy to face it before. One thing, that I still remind my technique while junior high school. We always wrote again the formula of tenses even though we have the book, as my consideration I have not enough vocab, thus in examination just reminding the formula, although not understood the meaning it all.

Then, listening and imitate, we could sing song even we don't know the meaning (ha?!!!) but it's really enjoyable. After all, I practice my own sense and feeling than the meaning.

Due above topic remind me term SAVI, it's the learning process technique. As we love to read than listening, we choose reading some novel than listening expatriates. Having no understanding the text....forget it, then find in dictionary if needed only. Actually, listening, reading, speaking and others only interface, which one is preference should be done first. Then mixed it all as we have own style, ups....we still have javanese sense inside. hua... ha..ha...ha....

Wish the blogger don't get mad as my comments in English, I've practiced your advice at all. If there any mistakes, we do happily with all suggestion insist.

@mochtar You have your own style in learning English. So do I. And I am sure everybody has d same. I've been thinking twice not to argue ur comment here coz I like it so much, much of inspiration, inspiring me a lot. Lol

@mochtar The admin is being mad right here instead. huahaha

Ups cute response!!!!! We gotta love to speak than learning grammar as we ever worked with expat and luckily they never asked my TOEFL score. But I thought I still have java style or dialect in speaking. Why not!!!

@mochtar Yeaah, I gotta love to have Java Jazz music right here than learning Java style. ha3x

You must be one of a lover of Dave Koz!!! It's coincident while opening up youtube, and we've collected his musical album too. Ha3x....."You make me smile" during read all article you've made, pals!!!

@mochtar Smiled at me ? Wow, it sounds cute, pal and of course make me tickled. OM Mochtar...btw, what are you doing for living ? seemed to be interesting. he2x

Ups.....you never heard that song?
Ha......we never talkative about job except foodstuff, much more interesting...

thank you very much my friend with your information,

@Muh Hendrikngobrolin apa sih om, i'm not mudeng2 :)

kalo udah terbiasa writing lebih mudah untuk menghafal kosa kata juga gak om :)

@mas-andes Biasa Mas, lagi mau ada Arisan di rumah. ckckckck

@teknik ketenagalistrikan You are welcome. Thanks for d kind visit

@Faceblog Evolutions Biasanya kalau udah fasih terbiasa dalam menulis (writing) malah akan lebih mudah untuk speaking Mas, kebiasaan merangkai kalimat dalam kegiatan menulis bahasa Inggris akan terbawa secara otomatis dalam berspeaking. Kalau writing kan dominan otak yang berperan, namun ketika berspeaking harus dilatih kesinkronan antara otak dan lidah. xixixi. Cikgu

Bahasa Indonesia aja blom lempeng gan apa lagi bahasa inggris ane mah, tapi jujur banget ane mah walaupun bahasa inggris susah tapi waktu zamannya masih sekolah ne lebih demen belajar bahasa inggris ketimbang matematika hehehe........

Pengen banget jadi pinter bahasa inggris tapi kayaknya udah mentok ni otak

belajar bahasa inggris boleh saja,, yang penting bahasa indonesia jangandi lupakan, klo bisa kita terus berupaya biar bahasa indonesia jadi bahasa internasional :)

ya kebanyakan orang indonesia gitu, pengucapan bahasa inggris-nya betul tapi writing nya agak salah termasuk saya. hehe

nice blog..keep posting.

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More