Rabu, 25 Desember 2013

Langkah Utama Belajar Grammar Bahasa Inggris

grammar bahasa inggris,belajar grammar bahasa inggris,belajar bahasa inggris
Grammar bahasa Inggris meski secara teori sering dianggap sebagai penghambat bagi seorang pemula dalam belajar bahasa Inggris, namun tetap menjadi suatu keharusan untuk mempelajari dan memahaminya dalam rangka mengembangkan ketrampilan dalam menyusun suatu kelimat yang baik dan benar. Dianggap sebegai suatu penghambat bagi seoarang pemula, mungkin lebih dikarenakan faktor perasaan takut yang bisa timbul di awal sebelum mencobanya, terutama rasa takut akan membuat kesalahan ketika mencoba untuk berbicara bahasa Inggris.

Grammar bahasa Inggris sendiri sebetulnya tidak cukup rumit seperti yang dibayangkan orang selama ini. Kalau ada yang bilang sulit, itu wajar, seperti halnyanya kesulitan mempelajari Matematika, Fisika, bahasa Indonesia ataupun ilmu pengetahuan yang lain. Kalau ada yang bilang sangat sulit, itu hanya alasan mereka saja yang tidak mau belajar bahasa Inggris. (he3x)

Dalam mempelajari sesuatu terkadang kita bingung harus memulainya darimana karena banyaknya cakupan materi yang harus dipelajari. Apalagi kalau kita membutuhkan materi tersebut untuk diaplikasikan secara langsung, tentunya membutuhkan inti atau point-point utama yang sekiranya penting untuk dipelajari dan dikuasai. Begitu juga dengan mempelajari gramamar bahasa Inggris, perlu kiranya memperhatikan point penting apa saja yang harus dikuasai terlebih dahulu dalam rangka menunjang pencapaian tujuan praktis dari belajar bahasa Inggris itu sendiri yaitu berkomunikasi secara lisan dan tulis (speaking dan writing). Nah disini saya ingin share beberapa hal penting tersebut tentunya berdasarkan pengalaman pribadi saya selama ini dalam belajar dan mengajar.

Pemahaman kalimat nominal dan verbal

Hal ini sering saya tekankan bahwa pemahaman mengenai kalimat nominal dan verbal sangat penting sekali sebelum menyusun sebuah kalimat, baik itu kalimat positif, negatif, ataupun kalimat tanya. Hal ini penting karena terkait dengan bentuk kata kerja yang digunakan, apakah itu menggunakan kata kerja operasional ataukah kopulatif, penggunaan to be, ataukah auxiliary verb. Penjelasan mengenai ini bisa diklik pada link di atas !

Bentuk kata ganti (pronoun)

Tentu saja dalam mempelajari suatu bahasa anda harus mengerti mengenai bentuk pelaku (subject), object serta kata ganti yang digunakan. Pasti lucu nantinya kalau ada yang pandai berbicara inggris namun tidak mengerti sama sekali mengenai subjek ataupun kata ganti. Mungkin gak ya ? Mungkin soB. (he3x).

Penjelasan mengenai pronoun bisa anda lihat disini. Yang saya mau tekankan adalah tentang kata ganti subjek dan kaitannya dengan to be, auxiliary verb do/does dan have atau has. Lihat penjelasannya pada tabel di bawah !
Subject To be Auxiliary Have/Has
I am do have
You are do have
We are do have
They are do have
He is does has
She is does has
It is does has
Contoh :
I am in the living room (+)
They are very smart (+)
He is in franch (+)
He has some books (+)
I have three books (+)
They do not have money (-)
She does not have money (-)
What do they want ? (?)
Where does she live ? (?)
Who is she ? (?)
What are they ? (?)

Penggunaan bentuk kalimat tanya

Komunikasi akan terjadi manakala ada yang bertanya dan menjawab. Begitupun juga dengan percakapan bahasa Inggris tentunya akan terjadi dan berlangsung secara intens manakala kita mahir dalam menggunakan bentuk kalimat tanya. Kebanyakan dari siswa saya atau mereka yang belajar bahasa Inggris terkadang sulit jika diajak untuk berbicara (speaking) secara langsung, bukan hanya disebabkan karena faktor rasa malu atau tidak punya kosa kata, namun karena mereka ternyata masih belum bisa menggunakan bentuk kalimat tanya dengan baik dan benar. Siswa hanya aktif dalam menjawab daripada bertanya, itupun menjawabanya masih pasif. Seandainya mereka bisa bertanya balik dengan aktif maka dialog tidak akan terasa hambar dan pastinya hidup, tidak hanya guru saja yang menjejali dengan banyak pertanyaan. Mereka mengaku masih sering bingung bagaimana mengucapkan pertanyaan yang tersimpan dalam benak dengan menggunakan bahasa asing ini.

Nah, tiga point di atas bisa menjadi rujukan utama jika anda mempelajari grammar. Selanjutnya tinggal mengembangkan saja.

24 komentar:

iya mas saya juga terkadang malas untuk mempelajari yang namanya Grammar,padahal itu sangat penting,,,,,ok mas Hendrik terimakaish untuk artikelnya,,,,

Belum ada kata terlambat untuk tetep trus belajar...ya,mas Hen... :)
Trims ya..buat pencerahan ilmu nya..


PERTAMAX,,,

sangat bermanfaat bagi saya yang masih banyak belaja bhsa inggris

Gramar, materi yang selalu hadir salam setiap dunia pendidikan baik dari SD sampe Kuliah :) Artikel yag bagus buat nambah ataupun mengingat tentang garamr :) Salam sukses

@ Semua, terima kasih atas kunjungannya :D

gramar apayah coba deh tak mengerti dulu apa itu maklum tahunya boso jowo ngoko saja. Jadi pingin belajar kayaknya biar bisa basa inggris gituyah..

Un-reasonable reason, pals! Ups, insist in paragraph two. No need to turn away, as we have passion in this language.No matter the barriers is. Love this blog will keep me believing that I gotta something more than I want. Ha3x... we write this comment with back sound of Yanni, thus we steal part of it.....naughty enough but it works.

And, as the end of this year, we send an article (as usual), dedicate for the blogger lovers who learn by him/her-self by all topics that om Hendrik prepared. I truly recommended it.

Sugeng sonten om, nyamikanipun sampun dipun kirim, sanjange tambah ingkang sami geregeten banjur tambah greget anggenipun ngangsu kawruh basa, wong kadang nginggris nglegena banjur nyusastra sithik-sithik......sumangga

saya paling susah kalau disuruh belajar gramar, nggak tahu kenapa nggak bisa-bisa dari dulu hehe...

Dalam bahasa Inggris grammar memang sangat penting, tp yang penting lagi adalah bunyi ledak (plossive) yang sering menyebabkan terjadinya misunderstanding.

mudah di pelajari tapi sulit kalau di praktekan ya mas..

belajar grammar ini memang sangat memusingkan, soalnya banyak rumurs-rumus yang harus dihafalkan, selain perbendaharaan kata juga penting untuk dihafalkan ya mas :)

belajar grammar bahasa Inggris memang tidak terlalu sukar...yang penting sering latihan..... dan jangan takut salah.....
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Yang tidak kalah penting adalah menghafal vocabs

Belajar grammar bagiku susah
tapi dg rasa sabar sedikit mudah
jika belajar dg senyum ramah

Saya juga sangat kesusahan kalau belajar bahas inggris,walaupun bahasa ini sangat penting untuk di kehidupan sehari"

sepertinya saya harus sering berkunjung di blog ini untuk belajar tentang bahasa inggris ^^
soalnya tips tips nya bagus-bagus dan sangat mencerahkan :)

This article is so helpful when i learn english story

heran saya pak, kenapa bahasa inggris lebih rumit daripada kode.. apa saya yang lelet kali ya :D hehehe..

Hi, my peer, just wanna say Happy New Year 2014. Wish get dress of success this year. And, hopefully my articles could be used as an alternative topic for discussion with your partners/students there, then, share with me by article or comments. We would love to read it out as an reflection of my opinion based others framework of thinking, much easier or hard to be implemented. (he3x) We so so sorry for that case, but, definitely, we fond of duplicating my trick and tips for others, and as usual they love to claim and blame it though a simple ones. Say what you see. Ups....it could be my next topic.....
.....pamit rumiyin......

metodologi pembelajarannya seperti apa pak?

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More