Kamis, 02 Januari 2014

Cara Mudah Bukannya Cepat Belajar Bahasa Inggris

cara mudah belajar bahasa inggris,cara cepat belajar bahasa inggris,belajar bahasa inggris
Cara mudah ataukah cara cepat belajar bahasa Inggris merupakan pertanyaan yang selalu terbesit di benak penulis. Banyak artikel di luar sana yang membahas tentang cara cepat belajar bahasa Inggris bahkan banyak pula blog atau website yang membidik kata kunci seperti yang saya gunakan pada judul artikel di atas (he3x).

Bukan tanpa alasan pastinya, di jaman yang semakin maju diiringi dengan semakin padatnya aktivitas kerja sehari – hari, sepertinya membuat setiap orang selalu ingin memiliki dan menguasai sesuatu dengan cara yang cepat atau bisa dibilang secara instan, termasuk juga disini menguasai bahasa Inggris. Terbukti dengan banyaknya orang yang mencari info seputar pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan kata kunci seperti di atas setiap bulannya. Karena alasan itulah, mungkin banyak dari teman- teman blogger yang membidik kata kunci tersebut termasuk penulis sendiri (he3x) karena memang berpotensi menjual.

Lalu benarkah ada cara cepat belajar bahasa Inggris ? Kalau saya yang menjawab, cepat disini tentunya relatif karena jujur saya pribadi cukup lama belajar bahasa Inggris. Relatif disini menurut saya tergantung dari pengalaman pribadi masing – masing dalam mengenal dan mempelajari bahasa Inggris itu sendiri karena pastinya ada proses yang harus dijalani, target hasil atau tujuan yang ingin dicapi, apakah hanya sekedar lancar dalam berbicara dan menulis saja, ataukah mahir juga dalam menguasai grammar, pronunciation, syntax, lexical, cross cultural understanding dll. Tentunya jika ingin menguasai secara sempurna membutuhkan waktu yang lebih lama juga. Target hasil atau tujuan belajar yang disebutkan di atas juga yang mendorong lahirnya apa yang disebut dengan English for special purpose yang memfokuskan mempelajari bahasa pada bidang tertentu saja.

Cara mudah belajar bahasa Inggris menurut saya pribadi merupakan istilah yang seharusnya lebih tepat digunakan dari pada cara cepat atau jurus kilat yang sering nampang di dunia maya kayak Olga Syah Saja. Tidak ada yang cepat ataupun kilat tanpa usaha yang maksimal dalam menjalankan metode cepat atau cara mudah yang diajarkan. Cepat belum tentu juga mudah dilaksanakan. Sebut saja cara yang super cepat untuk belajar bahasa asing, yaitu dengan pergi atau tinggal langsung di negara tempat dimana bahasa asing itu digunakan setiap harinya. Tidak semua orang bisa melakukannya bukan ? tentunya karena alasan biaya yang cukup mahal.

Kalau dikembalikan kepada pribadi masing – masing orang, secara naluri siapa yang tidak ingin atau tertarik dengan sesuatu yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, apalagi dalam kondisi hampir frustasi karena sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun belajar namun tidak menunjukkan hasil yang significan. Kalau ada cara yang mudah, kenapa harus pilih yang sulit ? begitu kira-kira peribahasanya. Kalau belajar dirasa mudah tentunya akan terasa cepat pula proses yang dialami.

Kalau diamati, tingginya anemo masyarakat untuk menguasai bahasa Inggris secara cepat bukan tanpa alasan, satu tujuan praktis dari belajar bahasa Inggris itu sendiri, yaitu berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkebalikan mungkin, dengan cara belajar atau metode mempelajari bahasa yang selama ini kita dapat yang kebanyakan memiliki porsi terbanyak mempelajari tentang grammar, hanya sedikit pronunciation, speaking , writing apalagi listening. Belum semua lembaga pendidikan ataupun guru di negeri ini termasuk penulis pribadi yang kiranya mampu mengantarkan peserta didiknya mencapai tujuan praktis tersebut di atas dalam tempo waktu yang terbilang singkat. Namun kiranya sebagai seorang yang selalu penasaran dan haus akan ilmu, semua cara mudah belajar bahasa Inggris ataukah cara cepat yang kita temukan patut kiranya dicoba sampai menemukan metode atau cara yang tepat dalam belajar.

Sekian

12 komentar:

Belajar bhs.inggris itu susah, susahnya krn beragam bentukx, kalimatx brubah ubah sesuai bentuk wkt, belum lg ada ingris usa, australia, dll..

Hmm... I wanna both in quick way!!! But, I thought being "kepepet" is good way in learning process. Take it or leave it. It's consequence insist. Ups, start in the end could be an alternative for above tips after all.

Hi pals, anything happened with yours blog? Coz, we can't find my latest comment in the article. Something being cracked there? Wish none effect in your lovely blog.

By the way, have you pushed your student to give comments in this blog? Please use all facility they've known, not in class only. It's rigid. (hi..3x) As we usually having conversation in meatball counter, warung ikan bakar, and others - we usually take a seat side beside in order feeling comfort as we're not their teacher. Just sharing partner in speaking, but have to correct which is necessary. ....eh, pamit ndikik...yaaa..

Saya sepakat tidak ada cara cepat tanpa usaha yang maksimal, apalagi dalam mempelajari bahasa Inggris ..

mudah serta cepat yang diharapkan

Metode pembelajaran yang paling mudah biasanya paling cepat untuk di fahami :)

belajar bahasa yang satu ini diperlukan ketekunan tingkat tingi,saya sendiri sudah nyerah hehe

Kalau saya masih ketergantungan sama alfa link mas.. terkadang suka bingung bicara bahasa inggrisnya masih suka acak-acakan, grammernya masih kurang benar.

saya kok nggak bisa-bisa yah mas udah belajar dan kursus tetep aja nggak nyantol-nyantol.

Kalo masalah bahasa inggris saya bingung baget mas apalagi kalo udah masalah grammer, tapi pengen banget bisa ngobrol lancar gitu mas

Wanna try my tips? Just singing accompanied by youtube. Type-> Lenka and choose->Trouble Is A Friend.
...
Trouble is a friend
But trouble is a foe
Oh, oh
And no matter what I feed him
He always seems to grow
Oh, oh
...
The real trouble is our mentality. Sometimes we give up before doing anything. We love to arrange any arguments but never take a step forward. Thus, sing a song, no matter we do not know yet the meaning. Just sing and enjoy it. Our soul will define it.

If there's any trouble due meaning, why don't you open up google translate for fixing it. Writing comment in English is also one of my tricks too, definitely. So.....do it....

Hi..was here today..visit back..have a nice Sunday

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More