Senin, 20 Januari 2014

3 Cara Terbaru Cepat Belajar Bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris,cara mudah belajar bahasa inggris,belajar bahasa inggris
3 cara cepat belajar bahasa Inggris terbaru yang saya tawarkan kali ini tentunya berbeda jauh dengan cara cepat belajar bahasa Inggris yang kemarin. Meskipun berbeda, tidak ada yang paling benar ataupun salah. Semuanya patut untuk dicoba guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Seperti yang pernah dikatakan oleh teman saya dalam sebuah ungkapan bahasa Jawa bahwa ‘Ngelmu iku kalakone kanti laku’. Semakin jauh perjalanan dan banyaknya rintangan yang harus kita hadapi tentunya semakin mantap pula keinginan kita untuk menggapainya dan pastinya akan membuat kita lebih berpengalaman. Nah, 3 cara terbaru ini mungkin bukan tergolong cara mudah belajar bahasa Inggris namun saya harapkan bisa menjadi titik terang bagi sobat semua yang lagi belajar bahasa Inggris sehingga pada akhirnya nanti 3 cara berikut bisa dirasakan tepat sasaran dan tentunya juga bisa dikategorikan sebagai cara cepat belajar bahasa Inggris.

Memang bukan tergolong cara mudah belajar bahasa Inggris, namun perlu diingat sekali lagi sesuai dengan peribahasa jawa di atas bahwa semakin banyak input atau jam terbang kita dalam belajar dan mendalami sesuatu maka pastinya akan semakin cepat pula kita menguasainya. Kalau yang namanya belajar dibilang mudah ataupun cepat menurut saya juga relatif karena tentunya tergantung juga dari usaha dan kemauan kita untuk belajar, cara tepat mungkin adalah kalimat yang bisa mewakili. Untuk itu artikel kali ini juga hanya sebatas sharing dan masukan dari pendapat saya pribadi berdasarkan pengalaman belajar bahasa Inggris selama ini, semoga bisa tepat sasaran dan tidak usah bertahun-tahun belajarnya

# Grammar 
Grammar memang sering dianggap sebagai penghambat bagi pemula dalam belajar bahasa Inggris, namun setidaknya sebelum kita belajar berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris alangkah baiknya kalau kita mengenal dulu unsur – unsur apa saja yang menyusun suatu kalimat bahasa Inggris. Unsur ini biasanya dikenal dengan sebutan ‘parts of speech’. Jadi intinya belajar grammarnya tidak usah mendetail dulu, paling tidak cukup mengenal parts of speech tadi yaitu noun (kata benda), pronoun (kata ganti), verb (kata kerja), object, adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), dan conjuction (kata penghubung). Mengenai referensinya dari mana, saya serahkan sepenuhnya kepada Anda, atau yang sudah terlanjur kesasar di blog ini, bisa juga mencari-cari disini dari menu categories yang tersedia. (he3x).

# Kosa Kata
Cara cepat berikutnya tentu saja dengan menghafalkan banyak kosa kata. Bagi pemula saya sarankan menghafalkan kumpulan kosa kata bahasa Inggris terutama kata kerja regular dan irregular verb yang dilampirkan di kamus. Kalau hafal itu semua sudah cukup membuat kita percaya diri dalam membuat dan menyusun sebuah kalimat.

Saya rasa cara merangkai kalimat Inggris hampir sama dengan kalimat dalam bahasa Indonesia. Mungkin yang perlu dipahami hanya mengenai kalimat nominal dan verbal. Silahkan diklik linknya untuk memahami. Nah, mulai dari sini cara cepatnya yaitu mulailah dengan percaya diri setinggi – tingginya untuk mencoba menulis atau berbicara. Usahakan 1 hari satu paragraph tulisan kemudian dibaca sendiri berulang – ulang.

# Belajar Idiom
Mungkin inilah bagian terpenting dari artikel saya ini, mengenal dan menghafalkan idiom, bagian dari pelajaran bahasa Inggris yang tidak pernah saya dapatkan bahkan tidak saya kenal semenjak mulai belajar di SMP dan anehnya lagi di tempat kuliah dulu juga tidak pernah diperkenalkan. Entah karena hanya kebanyakan tugas dan presentasi dari dosen atau memang saya yang jarang masuk kuliah kali sampai terlewatkan pelajaran idiom ini (he3x).

Saya sendiri mengenal idiom justru secara otodidak dari kegiatan melihat dan mendengarkan film-film berbahasa Inggris di Televisi setiap harinya. Hasilnya bisa Anda lihat sendiri di blog ini pada kategori kosa kata bahasa Inggris. Saya baru tahu kalau kosa kata unik (begitulah saya menyebutnya) yang sering saya dengar di film barat kemudian saya posting di blog ternyata merupakan jenis idiom. Itu kenapa juga setiap posting kosa kata di blog ini saya tidak pernah menggunakan judul idiom padahal hampir semuanya ternyata merupakan jenis idiom.

Senangnya lagi, idiom ini merupakan idiom sehari-hari yang pada intinya sudah umum dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Saya tahunya setelah kemarin ke toko buku dan menemukan buku kecil yang berjudul idiom untuk percakapan sehari – hari dan setelah saya buka dan melihat isinya ternyata hampir semua kosa kata yang saya posting di blog ada semua di buku ini.

Idiom sendiri sebetulnya merupakan frase, gabungan dua kata atau lebih yang artinya berbeda dengan arti kata yang sebenarnya. Idiom membuat bahasa Inggris kita terlihat lebih profesional meski terkadang bagi yang belum tahu akan terasa sulit untuk memahami kalimat yang kita ucapkan ketika bercakap-cakap. Itu pula mungkin yang menyebabkan kenapa kita terkadang masih merasa sulit untuk mendengarkan (listening) dan memahami ketika melihat film, lagu, ataupun siaran berita berbahasa Inggris. Pelajarilah dan hafalkanlah idiom, semoga bisa membantu sobat sekalian dalam menguasai listening.

NB : Cara cepat belajar bahasa Inggris di atas hanyalah diniatkan untuk memotivasi kawan – kawan semua dalam belajar. Jangan kecewa dengan judul artikelnya ya .... (peace..!! (ha3x)

17 komentar

Grammar dan vocabulary menjadi roh untuk belajar bahasa Inggris ya, pak. Ini mungkin perlu dilakukan setahap demi setahap tanpa mengenal lelah..Terima kasih pencerahannya pak Hendrik...

makasih buat tipsnya mas supaya kita bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat :)

@ Uda Benar sekali nie Pak. Terima kasih atas kunjungannya

Ups, looking at the pic above, remind me my collection - Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Membuat Buku. I thought on Hendrik becomes a new person (eh...no need to be jealousy with all my collections.....hi3x ) as three latest article truly change than previous time. Not just a cikgu but consist of teaching enrichment. Would you mind sharing your personal experience due those changes? Have you any contradiction inside before? Have you laughed, then? Gotta free feeling right now? .....

According of part of speech, it's better giving a general preview first then much more in detail. Why? In order gotta know the conceptual. I thought I'd learned with different perspective as being taught by my teacher years gone by. Then, luckily finding an article which is more clearly defined this case. That's why I'm little bit confuse enough while my sparing partner said due narrative text, recount text but unable speak up a simple sentences. Anything wrong with this? Or, I'm such a fool in this case..........hoaaahheeeemmmmmm.

pokoke......dress of success......mawon

Sya termasuk yg payah nih, utk pelajaran yg satu ini.

Slm kenal !

kalau saya pribadi yang bikin bingung itu kosa katanya ya mas..menurut saya benar, tapi belum tentu menurut orang lain.

ketiga point diatas memang kunci nya ya mas agar bisa dengan mudah belajar bahasa inggris. Jadi harus intensif nih buat hafalin vocab :)

dengan ketiga cara ini ....di harapkan mempermudah proses dalam belajar ya mas... :)
terima kasih dan sukses trus mas :)

semua juga harus ad naiat dan tekat sob tanpa itu juga gak akan bisa pinter b.ing

duh, mesti belajar gramar dulu nih....

@ Mochtar The fifth sentence of the last paragraph, it is similar to allusion pointed to me, have an enormous style like a Cikgu but never answering your comments recently. Sorry to hear that...(ha3x)

Just watch out closely for my latest articles especially from the titles ! Have you seen any similarity with them. "Cara Cepat Beajar Bahasa Inggris; Cara Mudah". That's why I've changed my writing style. Still feel confused ? Guess what ? (ha3x)

dalam menghapal kosa kata, gampang sekali lupanya, setiap berbica terhambat kata tersebut dalam bahasa ingrisnya, yang dibilang efektif sehari harus berapa banyak menghapal ya Pak

Saran aja, kalau mau belajar bahasa inggris bisa di tempat yang mendukung seperti di Kampung Inggris Pare :D

Comments in English would be preferred

EmoticonEmoticon