Senin, 02 Juni 2014

Cara Tidak Mudah Mendorong Pembaca Belajar Bahasa Inggris di Blog Ini

cara mudah belajar bahasa inggris
Cara Tidak Mudah Mendorong Pembaca Belajar Bahasa Inggris di Blog Ini - Entah kenapa akhir-akhir ini saya mulai berpikir untuk menjadikan blog saya ini benar-benar menjadi media cara mudah belajar bahasa Inggris online layaknya forum bahasa Inggris di facebook yang banyak sekali membernya termasuk saya sendiri yang juga ikut bergabung di dalamnya, dimana saya lihat hampir 99% dari mereka sangat antusias bahkan bisa saya bilang sangat aktif sekali dalam berkomentar dan berdiskusi menggunakan bahasa Inggris. Tidak hanya satu atau dua forum yang saya jumpai, namun ada banyak sekali forum belajar bahasa Inggris yang serupa dan semuanya juga sangat ramai partisipantnya. Dari beberapa anggota banyak yang berbagi seputar pembelajaran bahasa Inggris, bertanya tapi tidak jarang juga yang hanya sekedar curhat layaknya di facebook, namun masih tetap dalam koridor menggunakan bahasa asing ini.

Cara belajar bahasa Inggris yang seperti ini saya anggap cukup mudah dan menyenangkan daripada bengong dan tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa kita. Hal ini juga yang menginspirasi saya untuk menjadikan blog ini kedepannya mempunyai fungsi yang hampir sama dengan forum bahasa Inggris layaknya di fb. Bagaimana caranya ? tentu saja hanya sekedar melalui halaman komentar yang tersemat pada setiap posting artikel yang ada.

Baca juga : Belajar Bahasa Inggris di English Forum

Awalnya, saya iseng-iseng mereview komentar yang ada di blog ini. Dari sekitar 2600 komentar yang terbit, ternyata hampir 99,99% menurut saya tidak cukup (sorry) bermanfaat dan kesemuanya menggunakan bahasa Indonesia, yang bertanya ataupun memberikan saran dan pembenaran seputar pembelajaran bahasa Inggrispun hanya beberapa, bahkan kalau boleh saya bilang hanya ada 1 orang komentator aktif di blog ini yang menggunakan bahasa Inggris ketika menuliskan komentar. Beliau juga yang sempat membuat saya berpikir, kenapa saya tidak memanfaatkan comment page di blog ini untuk mendorong pembaca secara aktif berkomentar menggunakan bahasa Inggris. Kenapa saya tidak mensetting notifikasi tata cara berkomentar dengan settingan ENGLISH AREA, ONLY COMMENTS IN ENGLISH WILL BE PUBLISHED. (ha3x)

Yang menjadi pemikiran saya, apakah cara ini cukup efektif dengan banyaknya kemungkinan resiko yang mungkin akan dialami oleh blog saya ini mulai dari berkurangnya jumlah komentator yang mungkin berpengaruh juga dari segi SEO friendly (katanya) atau bahkan sampai dicomplain oleh blogwalker lain karena tidak bisa meninggalkan jejak balik di blog ini. Dari segi tampilan comment page mungkin kedepannya saya akan sedikit edit template agar terdapat fasilitas tautan reply.

Pemikiran saya yang kedua ini mungkin agak sedikit berat diwujudkan yaitu apakah blog saya ini bisa bersaing di serp google sekiranya bisa masuk halaman pertama dengan berbagai macam keyword. Kalau tidak, saya tidak berharap banyak blog ini bisa berfungsi baik layaknya English forum di facebook. Namun demikian tidak ada salahnya saya mencoba siapa tahu dari yang kecil bisa menjadi besar dan semoga kedepannya blog ini bisa benar-benar memberikan yang terbaik, alternatif cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pembaca, khususnya yang mempelajari bahasa Inggris.

Cara Tidak Mudah Mendorong Pembaca Belajar Bahasa Inggris di Blog Ini ? Semoga Saja Tidak :)

1 komentar:

Ha3x. Can't stand laughing coz the article!! Finally, you wanna to shout that the readers should have been made a comment in English. Why? What for? Just counting that this blog really really give an impact to the reader/surfer/blog walking. It is right, isn't it? Thus, it's vice versa. I thought facebook and blog has different emotional impact. By facebook, will gotta feeling being "exist" than reading a blog. But, it can't deny some negative effect due that case. And, I do not want talk about that, besides I have no facebook, too. (trembelane tenan) But, I have a reason, that, by writing comment we will have opportunity in reviewing our comment next. It's mean review the logical, positive or negative, and what impression being made. That's why we do prefer to write a positive one than the contrary.

Actually, we write in English just practicing our capability and skill, why not. As a matter of fact, the owner give permission, and lately, having time to share my experience. By the time, it seem familiar to use it though I can't stand to insert javanese term/words. As you see, we found some mistakes too in my own comment or articles, and unfortunately nobody try to check it out. Therefore, I will laugh louder while to read it again.

By the way, I wanna open up this blog after opening up Jokowi (no matter he has javanese style in English, such as me. ha3x) had interviewed by Al Jazeera. Something new in this blog? As, the owner has new habits right now, love to write than before.......

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More