Jumat, 06 Juni 2014

4 Cara Agar Bahasa Inggris Anda Selalu Berkembang

cara belajar bahasa inggris
Dalam proses belajar tentunya kita semua mungkin akan lebih memilih cara belajar bahasa Inggris yang continue atau berkelanjutan. Meskipun ada banyak cara cepat yang ditawarkan namun sebenarnya langkah-langkah seperti itu tetap saja membutuhkan pendalaman belajar jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Proses belajar yang berkelanjutan ini saya rasa penting sekali untuk dilaksanakan. Apalagi notabenya kita belajar bahasa inggris sebagai bahasa ketiga :), tentunya tidak akan secepat yang kita bayangkan hasilnya jika cara belajar yang kita terapkan hanya seketika itu saja tanpa ada proses yang bertahap. Lain lagi kalau kita tinggal di lingkungan atau negara yang menggunakan bahasa asing in sebagai bahasa pertama.

Karena kita belajar bahasa Inggrisnya sebagai bahasa ketiga, dengan alasan apapun kalau kita sudah merasa berada pada tingkatan atau level bahaa Inggris tertentu, tentunya kita tidak boleh begitu saja tidak belajar dan praktik atau bahkan merasa puas sampai segitu saja. Kalau materi tata bahasa utamanya kosa kata tidak kita ulas dan digunakan tentunya akan banyak yang hilang begitu saja. Belum lagi skill bahasa Inggris yang satu ini, speaking, kalau kita tidak pandai mencari-cari cara atau lawan bicara yang bisa diajak praktik, sudah bisa dipastikan lidah kita akan sedikit kaku untuk berbicara bahasa asing yang satu ini. Kalau sudah seperti itu bagaimana cara mengatasinya ? silahkan disimak yang berikut ini ! :)


Cara agar bahasa Inggris kita selalu berkembang 

1. Membaca teks berbahasa Inggris 

Usahakan membaca teks berbahasa Inggris minimal 1 jam sehari. Banyak sekali sumber bacaan bahasa Inggris yang bisa kita gunakan sebagai referensi sebagai contoh buku cerita berbahasa Inggris, koran, majalah, atau yang lebih keren lagi membaca buku grammar berbahasa Inggris. Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari kegiatan membaca seperti ini, selain mengingat dan mereviw list kosa kata yang sudah kita punya, secara tidak sadar nantinya kita sedikit banyak akan mulai memahami penyusunan dan penggunaan kata dalam kalimat. Cara seperti ini akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan hanya membaca list kosa kata saja. Keuntungan lain tentunya kita akan mendapatkan ragam kosa kata baru dan bervariasi.

Baca juga : Tips belajar kosa kata bahasa Inggris

2. Membaca kembali daftar kosa kata 

Meski di atas saya bilang bahwa cara ini terbilang kurang efektif namun demikian hal ini justru menjadi penentu. Jika kita membiarkan begitu saja list kata yang sudah kita punya tanpa meriviewnya kembali, kemungkinan beberapa kata akan lupa dan itu artinya kita juga tidak bisa memastikan bahwa bahasa Inggris kita berkembang.

3. Mendengarkan (listening)

Seperti yang ditulis di atas karena kita mempelajari bahasa Inggris hanya sebagai bahasa ketiga maka konsekuensinya tidak semua kata yang sudah kita punya bisa kita ingat dengan baik, belum lagi rasa malas dan bosan untuk membaca yang terkadang menyerang beberapa hari bahkan berbulan-bulan (ngacau nie). Nah, salah satu tujuan melakukan kegiatan listening adalah sebagai pengganti atau bisa dibilang multivitamin yang bisa memberikan suntikan semangat untuk belajar kembali. Tentu saja listeningnya yang menyenangkan seperti mendengarkan musik berbahasa Inggris atau check out di youtube :)

Baca kembali : Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Listening (Part 1)

4. Berbicara (speaking) 

Meski lagi-lagi karena alasan bahasa ketiga dan sulit untuk mencari lawan bicara secara oral, ada baiknya kita selalu mencari cara baru agar kita tetap bisa melatih kemampuan speaking. Kalau tidak bisa setiap hari, bisa satu minggu sekali atau bahkan sebulan sekali it's okay. Ada beberapa alternatif pilihan diantaranya berpartisipasi aktif telefon, cuap-cuap di siaran radio berbahasa Inggris, kalau tidak seperti itu cobalah untuk bergabung di English conversation club di kota anda. Selain bisa melatih kemampun speaking dengan berada di forum yang tepat anda juga bisa memperbanyak teman dan berbagi pengalaman dan kegiatan seputar bahasa Inggris, syukur-syukur kalau ada yang nyantol :)

Jadi pada intinya cara agar bahasa Inggris kita selalu berkembang adalah dengan senantiasa melatih 4 skill kemampuan berbahasa Inggris seperti di atas. Keempatnya saling melengkapi satu dengan yang lain dan tidak bisa anda abaikan salah satunya. 

12 komentar:

I do agree with all stuff, pals. Just adding a comment for no 2 - vocabulary, it should be better if trying to make in a sentences directly, thus, we know the meaning and proper usage in sentences. For instance, in the previous article, there's a comment such as word "custom". But, I remind it, it should have been changed with "habits". Even though has similarity in meaning but second one is more familiar.

In spite of above tricks, can I add with one, om cikgu, a word - WRITING. Why? By trying to write comments in this blog in English, has benefits such as enhancing our capability in arranging words and reviewing tool for ourselves that the sentences make sense or not. According to that case, we love to write in this language has function as it's my time to prove it, that I do learn from this blog. Besides that, we try to introduce some vocabularies being used in sentences. Is it nice - pals, isn't it? Ups, I thought - I use passive voice, compound words, participle and question tags. Wish, I'm right. I hate to say grammar though lovely to use this language. And, hopefully lovely readers could use it as reference, but, read it with aloud in order our ears could define it, it's right or wrong the pronunciation. Huh.....one trap in speaking practice. Sugeng sonten ing ndalem, sinambi leyeh-leyeh mbuka blog.....gedubraxxx.....wk.wk.wk

Intinya Practice and practice ya mister... Thank y salam blogwalking malam dari Pulau Dollar

kalo saya sih, palingan sering-sering nntn Film barat mas :d

aih saya malu kalau ngomong inggris

nambahain nih gan speaking di depan kaca juga dapat ningkatin kepercayaan diri kita

@george - you could learn face palmistry, expression, nerve movement - minimally your face yourself, thus will gotta know someone say something even doesn't hear it, at all. That's only bonus whether you read articles out.

Sangat peraktis, terima kasih mas buat tipsnya

dulu saya guna cara mendengar radio tapi channel berbahasa inggeris. alhamdulillah sangat2 berkesan

kayaknya perlu banyak belajar lagi bahasa ingris,,, heheh :D mending langsung ngomong sama bule aja kalau bahasa ingris mau berkembang...

benar juga ya, nambah pengalaman nih mas

yang paling penting itu harus sering praktek. kalau ada orang yang bersida menjadi partner kita dalam belajar bicara bahasa inggris, jangan malu, manfaatkan kesempatan itu.

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More