Rabu, 20 Mei 2015

4 Kunci Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris
Pertanyaan seperti ini mungkin akan sering didengar oleh Anda yang sudah mahir berbahasa Inggris : bagaimana sih cara cepat belajar bahasa Inggris ? atau bagaimana saya bisa berbicara bahasa Inggris dengan cepat ?

Pertanyaan seputar cara belajar bahasa Inggris dengan cepat seperti di atas sebetulnya hanya diperlukan satu jawaban mudah dan singkat bahkan tidak perlu dipertanyakan jika setiap orang mengerti hakikat tentang bahasa Inggris itu sendiri.

Banyak orang yang menganggap bahwa belajar bahasa Inggris adalah suatu pengetahuan, menghafalkan rumus-rumus tenses, mengerjakan latihan-latihan dan sebagainya. Memang demikian dan tidak salah adanya. Namun yang perlu Anda pahami bahasa itu sendiri adalah suatu ketrampilan atau skill, dan tidak ada langkah cerdik satupun untuk menguasai sebuah skill selain harus praktek, langsung melakukan.

Sebagai alat komunikasi ada 4 skill berbahasa Inggris yang harus Anda kuasai. Dengan demikian ada 4 kunci cara cepat belajar bahasa Inggris.

1. Praktek listening
Anda ingin bisa menikmati film dalam bahasa Inggris ? Oke, no problem, langsung praktek menyimak. Praktek menyimak bisa langsung dari film bahasa Inggris itu sendiri atau bisa dengan cara belajar bahasa Inggris yang lebih sederhana dan santai yaitu mendengarkan musik berbahasa Inggris. Kegiatan menyimak mungkin akan terasa sulit di awal, tapi teruslah move on, terus gerak, praktik dan praktik. Saya jamin skill yang pertama ini akan berdampak sangat dahsyat terhadap 3 skill yang lain dan membuat belajar bahasa Inggris lebih cepat.

2. Prakek speaking
Pak saya ingin bisa lancar dan cepat berbicara bahasa Inggris. That's sound great. Let's do it !. Langsung take action berbicara bahasa Inggris. Tidak ada kata malas praktek. Tirukan apa yang sudah Anda sering simak dengan penuh semangat. Kalau perlu berbicara sendiri di depan cermin jika malas mencari lawan bicara untuk praktik. Tirukan lagu bahasa Inggris yang sudah Anda simak.

3. Praktek writing
Komunikasi tulis yang baik dan resmi memang harus memenuhi standart tata bahasa yang baik pula. Namun demikian akan lebih baik bagi Anda seorang pemula untuk belajar menulis bahasa Inggris tanpa harus banyak memperhatikan teknis grammar terlebih dahulu. Kemampuan grammar akan terbentuk secara alami terintegrasi sedikit demi sedikit seiring berjalannya proses belajar, rasa ingin tahu dan trial error.

Cara tercepat belajar menulis bahasa Inggris adalah dengan menulis kembali atau menyalin tulisan bahasa Inggris yang sudah ada atau dengan cara didiktekan guru bahasa Inggris Anda. Jika tidak Anda bisa mendownload materi listening di internet yang dilengkapi script dan memutarnya untuk kemudian Anda tulis.

4. Praktek reading
Skill terakhir ini akan otomatis terbentuk jika 3 skill pertama di atas sudah Anda praktekkan dengan baik terutama listening dan speaking. Anda tinggal memperdalam kemampuan membaca bahasa Inggris dengan langsung praktek membaca dari buku-buku atau literatur lain berbahasa Inggris.

4 Kunci utama cara cepat belajar bahasa Inggris di atas intinya ada pada tindakan Anda untuk praktek dan praktek. Panduan cara cepat belajar bahasa Inggris ada disini .

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More