Jumat, 01 Mei 2015

Teknik Cepat Mengembangkan Bahasa Inggris Anak SD

teknik mengembangkan bahasa inggris
Teknik Cepat Mengembangkan Bahasa Inggris Anak sd -- Jika dicermati, dari segi kognitif seorang guru punya tanggung jawab yang besar terhadap anak didiknya untuk mengembangkan kemampuan siswa sesuai dengan bidang studi yang diampu. Tentunya tidak semua guru mahir dalam mengembangkan dan menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Tapi yang pasti cara atau metode apapun yang digunakan paling tidak seorang guru harus memastikan adanya perkembangan kemampuan siswa dalam menyerap materi yang diajarkan.

Ketika mengajarkan bahasa Inggris anak sd untuk pertama kalinya tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi seorang guru. Kesabaran, ketekunan, dan kreatifitas diperlukan untuk memperkenalkan sesuatu yang benar-benar baru bagi seorang anak. Terlepas dari kata menyenangkan atau tidak, teknik belajar dan mengajarkan bahasa Inggris berikut mungkin bisa membantu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anak sd dengan cepat.

1. Mengajarkan Kosa Kata dengan Lagu di Kelas Rendah

Pada kelas awal yaitu kelas 1, 2, dan 3 biasanya teknik memperkenalkan kosa kata lebih banyak didominasi oleh gambar. Namun demikian ada cara cepat mengembangkan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas rendah ini yaitu dengan menggunakan lagu. Anda bisa menggunakan lagu ini di awal pembelajaran sebagai bentuk apersepsi atau ice breaker. Dengan menyanyi anak akan lebih senang mengingat kosa kata dan tidak bosan. Lirik lagu bahasa Inggrisnya menggunakan lagu anak 'water melon'.

Where is table ..... 2x
Here I am ..... 2x
How are you today, Sir .... 2x
Fine, thank you ..... 2x

Anda bisa mengganti kata 'table' dengan benda yang anda tunjuk.

2. Menterjemahkan Kedalam Bahasa Indonesia

Mentranslate atau menterjemahkan teks bacaan berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia mungkin akan menjadi satu pekerjaan yang membosankan di awal belajar siswa. Namun ketika pekerjaan ini sering dilakukan berulang-ulang, semakin banyak kosa kata yang sudah pernah diterjemahkan, maka siswa akan merasa senang untuk melakukannya karena merasa semakin mudah dilakukan. Seorang guru harus intensif memberikan bimbingan kepada siswa dalam menterjemahkan, teknik yang mudah mencari kata dalam kamus, dll. Aktivitas menterjemahkan memberikan banyak pengalaman belajar kepada siswa antara lain memperbanyak kosa kata dan analisis susunan kalimat.

3.  Memperkenal 4 Skill Berbahasa Inggris Sekaligus

Dalam setiap pembelajaran 4 skill berbahasa Inggris yaitu listening, speaking, writing, dan reading harus diusahakan tercover semuanya. Ketika mengajarkan teks reading, paling tidak siswa harus mendengarkan guru terlebih dahulu membacakan kalimat demi kalimat teks bacaan kemudian diikuti siswa. Setelah selesai mendengarkan dan menirukan, siswa disuruh membaca sendiri. Dalam konteks yang sederhana bagi siswa sd kegiatan menirukan dan membaca ini juga termasuk kategori speaking. Untuk kegiatan menulis, guru bisa menyuruh siswa untuk menyalin teks bacaan yang ada. Atau jika materi bacaan Anda buat sendiri, Anda bisa mendikte bacaan bahasa Inggris tersebut untuk ditulis siswa pada kelas tinggi, kemudian dilanjutkan kegiatan mendengarkan, menirukan, dan membaca seperti di atas.

Pada intinya agar anak mahir dalam berbahasa, maka kebiasaan dalam menggunakan bahasa tersebut sangat menentukan. Semakin sering dan tekun seorang guru memberikan bimbingan pada 3 point atau teknik di atas dalam proses belajar, saya yakin kemampuan bahasa Inggris anak sd akan cepat berkembang pesat.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More