This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 29 Juli 2012

Download Buku Eight Parts of Speech

belajar bahasa inggris, grammar bahasa inggris, download buku bahasa inggris

Hi…sobat sekalian. Salam sehat dan sejahtera buat kalian semua .
Posting kali ini saya mau berbagi buku gratis yang pastinya bermanfaat dan semoga bisa menambah pemahaman sobat tentang grammar bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris atau belajar apapun tentang IPTEK menurut saya pribadi akan jauh lebih baik jika kita mempunyai banyak referensi buku yang bisa dibaca. Karena pastinya setiap buku juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dari segi isi dan begitu juga cara penyampaiannya mudah dipahami pembaca atau bahkan sebaliknya.

Nah meskipun buku ini gratis dan cukup singkat, namun menurut saya pribadi cukup menarik dan bermanfaat sekali sebagai pengetahuan dasar tata bahasa yang harus diketahui baik itu oleh pembelajar tingkat beginner atau advanced.

Perlu sobat ketahui bahwa buku Panduan Praktis Menguasai Tata Bahasa Inggris ini bukanlah karangan saya pribadi melainkan karangan salah satu temen saya Mr. Aris Hidayat, S.Pd, seorang pemerhati yang fokus dalam menekuni bidang pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Namun jangan salah soBat, saya sudah mendapatkan ijin untuk menyebarkan buku ini langsung dari beliau dan itu artinya saya terbebas juga kan dari unsur plagiarism, penyerobotan hak cipta atau apalah… :D

Untuk deskripsi singkat content dari buku ini saya rasa tidak perlu dikasih tau ya, langsung aja sobat download bukunya melalui link di bawah !!

download buku eight parts of speech

Happy learning English..!! :D


Kamis, 26 Juli 2012

Belajar mengenali modifier dalam kalimat bahasa inggris

Seperti yang saya janjikan dalam artikel saya minggu lalu mengenai elemen utama pembentuk kalimat, kali ini akan saya coba tuliskan mengenai modifier (penjelas). Sesuai dengan artinya yang saya tulis dalam tanda kurung, modifier berfungsi untuk memperjelas atau membuat lebih jelas arti dari subjek, predikat, objek langsung, atau objek tidak langsung. Berarti semua kata-kata selain elemen utama pembentuk kalimat seperti yang saya tulis barusan merupakan modifier.

The blue pencil is mine.
‘The pencil’ merupakan subjek dari kalimat yang diperjelas artinya dengan kata ‘blue’ sebagai modifier.

He ran quickly.
‘Quickly adalah modifier dari kata kerja ‘run’.

She gave the long skirt to me.
‘long’ merupakan modifier atau penjelas dari objek langsung ‘the skirt’.

He treats his best friend a cup of coffee
Kata ‘best’ mempertegas kejelasan arti dari objek tidak langsung ‘friend’.

Modifier bisa berupa frase atau klausa bahkan dalam satu kalimatpun bisa mempunyai beberapa modifier atau yang disebut dengan modifier bertingkat. Untuk kali ini saya cukupi sekian saja belajar bahasa inggris kita. Susah juga ternyata menulis itu :D

Sabtu, 21 Juli 2012

Ayo Belajar Menyusun Kalimat Bahasa Inggris !

Mungkin selama ini dalam belajar bahasa Inggris kita pernah merasa kok sulit banget ya menyusun kalimat dalam bahasa Inggris dan mengucapkannya secara oral. Takut salah grammar lah, kurang pas lah, kurang ginie, gitoe, ruwet dech.. :D

Ada banyak cara untuk membuat kita lebih percaya diri dan lues dalam menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Disamping perbendaharaan kata yang cukup tentu saja kuncinya adalah mencoba, berlatih dan berlatih, dan tentu juga tahu sedikit banyak tentang struktur atau elemen utama pembentuk kalimat.

Nah elemen utama pembentuk kalimat yaitu subjek, kata kerja (verb), objek langsung (direct object) dan pelengkap (complement). Elemen pembentuk lain yaitu object tidak langsung (indirect object) dan penjelas (modifier).

Subjek bisa berupa noun atau pronoun yang melakukan tindakan sesuai kata kerja yang dimaksud. Sedangkan verb merupakan tindakan atau keadaan yang dimaksud. Verb (kata kerja) bisa berupaka kata kerja operasional (melakukan tindakan) atau yang biasa disebut dengan kata kerja transitif yang mana kata kerja sepeti ini membutuhkan objek langsung (direct object), bisa juga berupa kata kerja kopulatif (copulative verb) yaitu kata kerja yang hanya berfungsi sebagai penghubung antara subject dengan kata benda predikat atau kata sifat predikat. Ruwet.Com :D

Kata kerja selain kata kerja operasional berarti kopulatif termasuk ‘to be’, kecuali jika ‘to be’ digunakan sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb). Contoh kata kerja kopulatif : feel, taste, appear, seem, dll.

Andi tastes the cake (Andi=subjek, kata kerja ‘tastes’ transitif, dengan object langsung ‘the cake’)
The cake tastes delicious (The cake=subjek, kata kerja ‘tastes’ kopulatif menghubungkan subjek ‘the cake’ dengan kata sifat predikat ‘delicious’)

He goes to Jakarta (kata kerja ‘goes’ transitif)
He is in the classroom (kata kerja ‘be/is’ kopulatif menghubungkan subjek ‘He’ dengan kata benda predikat ‘classroom’)
They are lazy (kata kerja ‘be/are’ kopulatif menghubungkan subjek ‘They” dengan kata sifat predikat ‘lazy’)

Object langsung dan object tidak langsung merupakan orang atau benda yang dikenai tindakan atau menjadi sasaran dari kata kerja yang dimaksud. Mengenali mana object langsung dan tidak langsung cukup sederhana. 1) Jika object tidak langsung muncul setelah object langsungnya maka object langsung tersebut didahului oleh to, for atau of; 2) Jika object tidak langsung muncul diantara kata kerja dan objek langsung maka to, for atau of akan hilang.

My father buys a bag to me (‘me’ merupakan objek tidak langsung muncul setelah objek langsung ‘bag’ maka ‘to’ muncul diantara kedua objek).
My father buys me a bag (objek tidak langsung ‘me’ muncul diantara kata kerja ‘buys’ dan objek langsung ‘bag’ maka ‘to’ hilang).

Untuk modifier (penjelas) akan coba saya tulis pada artikel berikutnya.

Sekian belajar bahasa Inggris kita kali ini. Sekian, semoga bermanfaat. Amiiiin….

Rabu, 18 Juli 2012

Teknik jitu mempelajari kosa kata bahasa Inggris

kosa kata bahasa Inggris, teknik mempelajari kosa kata bahasa Inggris, belajar bahasa inggris, vocabulary
Belajar bahasa Inggris memang tidak semudah yang orang katakakan. Tapi mungkin juga tidak sesulit yang kita kira. Menurut saya pribadi lingkungan sangat berpengaruh juga terhadap proses penguasaan bahasa Inggris.

Mungkin ada sekelompok orang yang sebelumnya tidak berminat untuk mempelajari bahasa Inggris, namun karena mereka tinggal dalam lingkungan yang dominan terhadap bahasa asing ini, secara naluripun mereka akan adaptasi dan lebih mudah dalam menguasainya. Ada juga beberapa orang yang notabene mengenyam pendidikan bahasa asing ini sampai bangku perkuliahan, namun karena mungkin lingkungan tempat tinggal mereka di desa yang sebagian besar penduduknya masih jauh dari kata mengenal bahasa Inggris, secara teoripun bahasa Inggris mereka akan sulit berkembang atau bahkan mengalami penurunan.

Nah, menurut banyak ahli penguasaan kosa kata bahasa Inggris atau vocabulary menjadi modal utama dalam belajar bahasa Inggris atau bahasa asing apapun, dan praktik menjadi langkah awal untuk mengaplikasikan modal tadi. Ada banyak cara untuk memperbanyak kosa kata bahasa Inggris yang kita miliki dan cara yang paling umum menurut saya pribadi adalah dengan banyak membaca, membaca buku, koran, majalah atau media lain berbahasa Inggris.
Ketika membaca saya biasa mempersiapkan kamus di samping saya atau jika lagi males buka2 kamus saya persiapkan translator semacam google translate atau yang lain dan tentu saja sepiring roti dan segelas kopi :D. Tidak lupa juga buku catatan kecil untuk mencatat semua kosa kata baru yang belum saya ketahui dari kegiatan membaca saya.

Bacalah satu judul artikel dulu, kemudian lihat seberapa banyak kosa kata baru yang tercatat dalam buku kecil kita. Jika kegiatan seperti ini saya lakukan setiap hari, saya dapat membandingkan jumlah kosa kata yang saya tulis. Ada beberapa kemungkinan yang timbul : 1) jika jumlah artikel yang kita baca lebih banyak namun kosa kata baru yang kita dapat sedikit itu bisa berarti merupakan tanda kalau penguasaan kosa kata kita memang berkembang; 2) Jika jumlah artikel yang kita baca sedikit namun kosa kata baru yang kita dapat lebih banyak itu bisa berarti memang tingkat kesulitan kosa kata dalam artikel tersebut cukup tinggi bagi kita dan sekaligus kita jadikan sebagai pemicu untuk lebih bersemangat dalam meningkatkan perbendaharaan kata.

Nah, yang menjadi masalah adalah bagaimana kosa kata bahasa Inggris yang sudah tertulis dalam buku kecil tadi bisa tertanam lebih permanen dalam otak kita. Ternyata dengan membaca ulang kembali saja tidak cukup. Menurut saya pribadi cara yang terbaik yaitu dengan memakai kosa kata tersebut secara langsung baik melalui speaking atau writing. Beruntung bagi kita yang ada pada lingkungan yang mendukung sekali untuk diajak speaking. Bagi kita yang belum cukup percaya diri untuk berbicara atau tidak punya lawan bicara, gunakanlah kosa kata baru tersebut dalam kegiatan writing. Writing menjadi langkah awal untuk lebih percaya diri dalam melakukan speaking.

Sekian, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More