This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 22 Maret 2013

Soal kisi-kisi ujian sekolah bahasa Inggris SD 2013

soal kisi-kisi ujian sekolah bahasa Inggris SD 2013, download soal bahasa Inggris, soal bahasa Inggris SDSoal kisi-kisi ujian sekolah bahasa Inggris SD 2013 - Apa kabar soBat ? semoga selalu sehat, berkah melimpah. Amin. Asal mula cerita, hehe... minggu depan tepatnya pada hari Kamis, tanggal 28 Maret 2013 siswa SD akan menghadapi Ujian Sekolah mata pelajaran bahasa Inggris. Nah pastinya bagi sobat-sobat sekalian yang punya adik atau putra-putri yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) pastinya butuh persiapan untuk menghadapinya. Salah satunya mungkin dengan memberikan soal-soal latihan, tentunya soal bahasa Inggris yang terkait dengan ujian sekolah. Nah mumpung masih ada waktu sekitar 4-5 hari lagi untuk belajar, silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya dan semoga saya tidak telat share soalnya.

Soal kisi-kisi ujian sekolah bahasa Inggris SD 2013 ini saya buat sendiri dan sudah sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten. Soal bahasa Inggris ini sudah saya lengkapi dengan kunci jawaban sekaligus pembahasannya. Sengaja saya pisah kunci jawaban dengan pembahasan karena beberapa alasan. Jika sobat sekalian berminat untuk diberikan kepada adik-adik atau putra-putrinya di rumah, usahakan jangan dikasihkan kunci jawabannya dulu. Oke langsung saja soB, berikut link downloadnya :

Soal kisi-kisi
Pembahasan
Kunci jawaban
 
Selamat belajar buat adik-adik. Semoga bermanfaat.
Salam,

Sabtu, 16 Maret 2013

Kosa kata dan belajar bahasa Inggris (Bagian 6)

kosa kata bahasa Inggris, vocabulary, belajar bahasa InggrisBelajar bahasa Inggris minggu ini cukup simple saja soB, lama sudah tidak posting tentang kosa kata bahasa Inggris (vocabulary).hehe

Kosa kata bahasa Inggris (vocabulary) berikut jumlahnya juga tidak banyak, hanya 2 kalimat saja. Seperti yang saya pahami kalau belajar bahasa Inggris identik juga dengan proses meniru (imitating), menirukan gaya bicara pembicara asing, termasuk juga menurut saya menirukan variasi kosa kata yang digunakan penutur. Saya katakan bervariasi karena antara kalimat dengan artinya cukup berbeda.

Berikut kosa katanya soB :

Who are dealing with = yang mengalami
Contoh : I am sure it will be confusing for them who are dealing with

Turn out to be conclusive = ternyata meragukan
Contoh : I’ve been thinking twice before it turn out to be conclusive

Seperti biasa soB, kalimat-kalimat di atas saya dapatkan dari kegiatan listening di TV. Mungkin jika saya pribadi ingin menerjemahkan kalimat ‘ternyata meragukan’ ke dalam bahasa Inggris, maka yang terpikirkan/terlintas di benak saya (passed in thought) adalah kata ‘fact dan doubt’ dan kalimat bahasa Inggris yang mungkin saya buat adalah ‘in fact it doubts’. Kalimat yang saya buat tersebut menurut saya sih bisa juga menurut aturan tata bahasa Inggris, tapi saya tidak bisa menjamin kebenarannya karena saya bukan penutur asli.hehe.

Nah daripada saya ragu dan tidak ada yang bisa menjamin kebenarannya, ketika saya menjumpai kalimat ‘turn out to be conclusive’yang digunakan oleh penutur asli, entah kenapa saya jadi lebih nyaman saja untuk menggunakannya. hehe. Mungkin inilah yang saya pribadi sering singgung bahwa bahasa Inggris adalah proses meniru. Sedekat mungkin menirukan kosa kata keseharian penutur asli, membuat kosa kata lebih bervariasi dan tentunya membuat bahasa Inggris kita terlihat lebih profesional.

Sekain sobat sharing dan pendapat saya di atas. Jika ada yang kurang tepat atau punya pendapat lain silahkan ditulis di komentar !

Sabtu, 09 Maret 2013

Present Continuous Tense

present continuous tense, present progressive, tenses, grammar bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris
Alhamdulillah, admin blog belajar bahasa Inggris bisa posting kembali. Semenjak blog ini online belum pernah posting mengenai Tenses. Untuk itu kali ini admin mencoba untuk memposting salah satu tenses dari 16 tenses bahasa Inggris yang ada, sekaligus juga sebagai wadah bagi admin pribadi untuk mengingat kembali pelajaran grammar bahasa Inggris yang satu ini. hehe

Belajar bahasa Inggris untuk beginner paling tidak harus tahu dengan tenses yang satu ini, present continuous tense.

Present continuous tense atau sering juga disebut present progressive digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan atau kejadian yang sedang berlangsung sekarang atau pada saat berbicara. Dimana berlangsungnya kegiatan atau kejadian ini dimulai pada suatu saat tertentu sebelum saat berbicara, berlanjut saat sekarang (berbicara), dan mungkin akan berakhir pada suatu saat tertentu di masa yang akan datang. Bingung ya ??? hehe

Present continuous tense dalam bahasa Indonesia diartikan “sedang ...” dan biasanya memakai keterangan now (sekarang). Rumus umumnya sebagai berikut :

Subjek + to be (is, am, are) + verb-Ing

For instance :
(+) She is watching television now (Dia sedang menonton TV sekarang)
(-) She is not watching television now (Dia tidak sedang menonton TV sekarang)
(?) Is she watching television now ? (Apakah dia sedang menonton TV sekarang ?)

Present progressive juga menggambarkan kegiatan yang sedang berlangsung minggu ini, bulan ini, atau tahun ini. Biasanya menggunakan keterangan this week, this month, this semester atau this year.

My father is working hard this year (Ayahku sedang bekerja keras tahun ini)
(Meski kejadian ini sedang terjadi, namun bukan berarti bahwa pada saat berbicara Ayahku sedang bekerja memegang peralatan kerjanya dan melayani clientnya).

Present progressive juga digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan terjadi segera (future) dan direncanakan atau timetable. Ekspresi future timenya biasanya diindikasikan dengan adanya time signal seperti tomorrow morning, next Friday, etc.

For Example :
I’ve talked to him. We are seeing each other tomorrow morning (Saya telah berbicara dengannya. Kita akan bertemu besok pagi)

Jika present progressive digunakan bersamaan dengan kata ‘always’ maka bisa mengekspresikan annoyance (keberatan/keluhan).

For instance :
Bob is always asking my child for money along the day (Bob selalu memalak putraku sepanjang hari)

Sekian soBat belajar bahasa Inggris kita kali ini. Jika ada yang kurang pas atau kurang tepat, silahkan mengisi kotak komentar..! Semoga bermanfaat, berkah melimpah. Amin.

Jumat, 01 Maret 2013

Konsep dasar pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD

pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD, bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris, grammar bahasa InggrisSeperti yang pernah saya singgung sebelumnya bahwa pengajaran bahasa Inggris untuk anak SD sangatlah penting sebagai upaya untuk mempersiapkan mereka secara lebih dini dalam menguasai bahasa Inggris. Semakin dini mereka mengenal dan menyukai bahasa asing ini, semakin besar pula kesempatan bagi mereka untuk menguasainya dengan lebih mudah kelak ketika beranjak di bangku pendidikan yang lebih tinggi.

Biasanya seorang anak akan menyukai suatu pelajaran menakala dia memahami dan bisa mengerjakannya dengan mudah.

Nah kali ini saya bukannya mau berbagi tips mengajarkan bahasa Inggris untuk anak SD dengan metode ini atau itu, namun hanya berbagi mengenai konsep apa saja yang perlu diajarkan dan ditekankan supaya anak merasa lebih mudah untuk mengerjakan LKS bahasa Inggris mereka.

# Konsep reading (membaca)
Reading (membaca) text bahasa Inggris setidaknya menjadi langkah awal seorang anak SD untuk mulai menyukai pelajaran bahasa Inggris. Untuk SD yang memiliki guru faq bahasa Inggris, reading bisa menjadi segmen yang menarik bagi siswa SD untuk menirukan keunikan pronunciation dan accent dari guru bahasa Inggrisnya.

# Konsep menerjemahkan (translating) dan menggunakan kamus (dictionary)
Untuk siswa SD di sekolah saya mulai dari kelas 2 saya wajibkan membawa kamus. Tanpa kamus untuk menerjemahkan tidak banyak yang bisa mereka lakukan karena memang saya lihat LKS sekarang banyak reading textnya.

Untuk mempermudah siswa dalam menerjemahkan saya memakai metode menjodohkan (matching). Jadi dalam satu reading text saya cari dan tuliskan kosa kata yang belum mereka kenal saja beserta artinya secara acak dan mereka harus mencarinya di kamus. Untuk tips menggunakan kamus secara cepat dan tepat saya kira sobat semua sudah tahu ya ? hehe.

Metode menerjemahkan dengan matching saya kira cukup efektif juga. Ketika saya menuliskan suatu kosa kata yang sekiranya sudah pernah diterjemahkan sebelumnya, mereka secara spontan tahu dan mengingatkan saya kalau sudah pernah. Dengan demikian dalam satu reading text terkadang hanya ada 5-10 kata saja yang perlu dijodohkan.

# Konsep menggunakan bentuk kalimat tanya (question sentences) dan cara menjawabnya
Ada satu hal yang menarik disini dari pengalaman saya mengajar bahasa Inggris untuk anak SD, Lembar Kerja Siswa (LKS) mereka selalu kosong dan tidak terisi ketika ada reading text berikut pertanyaannya. Parahnya lagi mereka tidak bisa menjawab pertanyaannya bukan saja karena tidak tahu terjemahan textnya, namun lebih karena tidak memahami penggunaan bentuk kalimat tanya dengan baik dan cara menjawabnya.

# Konsep menggunakan to be, auxiliary verb (do/does) dan personal pronoun
Tujuan utama pengetahuan ketiga konsep ini juga tidak muluk – muluk yaitu untuk membantu siswa dalam menerjemahkan text dan kalimat tanya. To be yang paling umum digunakan di tingkat SD yaitu ‘is, am, are’. Siswa harus tahu bahwa ‘is, am, are’ dalam kalimat berarti ‘ada atau adalah’ atau kadang juga tidak usah diartikan, auxiliary verb (do/does) jika jatuh setelah kata tanya maka berarti ‘yang’ atau kadang tidak usah diartikan, dan jika berfungsi sebagai kata kerja maka berarti ‘melakukan/mengerjakan’.

# Konsep adjective phrase (Frase kata sifat)
Adjective phrase dalam reading text juga sering muncul. Contoh : wild animals
Siswa yang belum tahu konsep adjective phrase akan menerjemahkan kalimat ‘wild animals’ apa adanya, yaitu ‘liar binatang’. Padahal seharusnya ‘binatang liar’. Maka dengan ini harus ditegaskan pada siswa bahwa jika hasil terjemahan kalimat mereka terlihat rancu, maka terjemahannya harus dibalik.

Jika siswa SD memahami dengan baik konsep – konsep di atas, insyaAllah mereka akan merasa lebih mudah mengerjakan LKS mereka dan tentu saja jika sudah merasa mudah dan bisa maka akan timbul rasa suka pada pelajaran bahasa Inggris.

Untuk penjelasan mengenai kalimat tanya dan cara menjawabnya, penggunaan to be, auxiliary verb dan personal pronoun insyaAllah akan saya bahas di artikel berikutnya.

Sekian soBat, semoga bermanfaat.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More