Minggu, 09 September 2012

Tips belajar kosa kata bahasa Inggris

kosa kata bahasa Inggris, tips belajar kosa kata bahasa Inggris, belajar bahasa inggris, vocabulary
Sebetulnya mengenai cara belajar kosa kata bahasa inggris sudah pernah saya singgung dalam artikel saya yang sebelumnya tentang teknik jitu mempelajari kosa kata. Namun kali ini saya akan mencoba mengulasnya lagi .

Seperti yang sering saya katakana bahwa jika kita ingin berbicara bahasa Inggris dengan lancar maka kita harus memperbanyak perbendaharaan kata di dalam otak kita. Nah mungkin yang menjadi masalah adalah bagaimana cara yang terbaik untuk mempelajari kosa kata bahasa Inggris atau vocabulary? Apakah membuka kamus dan menghafalkan isinya langsung secara random ? tentu saja cara itu kurang efektif dan hanya membuang buang waktu karena belum tentu semua kata yang kita hafalkan dalam kamus merupakan kata yang familiar yang sering atau umum dipakai. Nah mungkin beberapa tips berikut bisa membantu :

# Pilihlah sebuah tema atau bidang tertentu
Bagi anda yang belajar bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for special purposes) memang sangat dianjurkan mempelajari kosa kata bahasa Inggris sesuai dengan bidang yang diambil. Nah kalau yang belajar bahasa Inggrisnya hanya sekedar hoby seperti saya ini, hehe biasanya kosa kata yang dimiliki merupakan kosa kata sehari-hari (daily life vocabulary). Jadi kalau semisal membaca atau diajak bercakap-cakap dengan topik bidang kedokteran atau industri maka akan blank karena kekurangtahuan kita dengan kosa kata yang terkait dengan bidang2 tersebut. Paham ya Sob maksudnya …?? Jadi tahu kan solusinya …?hehe. Sama juga jika kita mendapatkan kata baru semisal bathroom, maka carilah kata yang terkait semisal water, water tape, dipper, soap, toothpaste, toothbrush, etc.

# Kelompokkanlah kata2 yang mempunyai makna yang sama
Untuk yang satu ini Sobat bisa melihat kembali artikel saya yang berjudul kesamaan kata dalam bahasa Inggris.

# Perhatikanlah akar kata yang sama
Akar kata yang sama terkait dengan bentuk kata, apakah itu verb, noun, adjective. Misalnya ( dizzy, dizziness), (to read, reading, reader). Meski terlihat sepele namun penting.

# Carilah juga unique vocabulary sebanyak-banyaknya
Yang saya maksud unique vocabulary seperti di artikel saya yang ini

Nah, jika semua hal di atas sudah kita lakukan, maka sekarang saatnya take action…

# Gunakanlah kosa kata bahasa Inggris atau vocabulary yang sudah anda dapatkan di atas dalam kegiatan menulis.
Belajar bahasa Inggris yang baik memang harus mempunyai kamus (dictionary). Namun menurut saya pribadi akan lebih baik lagi jika membuat kamus sendiri dengan cara membuat buku catatan kecil untuk mencatat semua kosa kata baru yang kita dapat. Siapa tahu ntar bisa laku dijual kawan.hehe. Jadi point utamanya disini kosa katanya jangan hanya didaftar saja, harus digunakan dalam kegiatan menulis menjadi bentuk paragraph utuh.

# Praktikkan secara oral (Practice your English vocabulary orally..!)
Tidak hanya cukup dipraktikkan dalam kegiatan menulis, kosa kata baru yang kita daftar harus kita praktikkan dalam kegiatan speaking baik itu dengan teman satu bidang bahasa Inggris atau kesamaan hobby, ECC, On Air di radio, etc.

# Bacalah kembali daftar kosa kata bahasa Inggris (list) yang kita punya.
Untuk yang terkahir ini alasannya dicari sendiri ya SoB. Sudah pusiiiing….. :D lol ….lol……

Terima kasih

20 komentar:

hehe...bener sekali ni mas..apalagi udah usia seperti sy..daya ingat menurun..susah untuk menampung perbendaharaan kata...hehe..
trima kasih ya mas...tips ini akan sy ajarkan ke putra saya aja deh...
sukses slalu buat mas hendrik :D

@budi os 19 Thank you, Mas Budi. Wish u succeeded as well

Info yang bermanfaat,
kyknya bakalan sering mampir ke sini nih, Sob.

kalo aku si suka banget ya belajar bahasa Inggris, salah satu cara yg paling aku suka itu yg mudah banget buat aku baca blog orang Melayu, karena mereka menggunakan 2 bahasa, English & Melayu.. :)

@Susan Lolo Bua Memang dengan perkembangan teknologi sekarang khusunya internet, banyak sekali kemudahan akses media informasi khususnya untuk belajar bahasa Inggris. Tinggal seberapa besar minat kita untuk belajar. Ma Kasih kawan sudah berkunjung. Salam kenal... :D

terima kasih pak atas infonya. kebetulan aku butuh yang kayak beginian, masih anak sekolahan. heheeh

@Abhi (jejak bocah) Sama2 Mas Abi. Meski masih anak sekolahan, tapi salut buat blog Mas Abi. Perlu belajar banyak nie Saya dari Mas Abi

Lagi belajar sama tips yang nomor satu pak :)
English for special purposes...

salam,

hadir kembali di sini.. :D
buat silahturahmi mas hehe :D

Tipsnya mantap nih.
Punya software grammar checker yang bisa dishare?

@lina@home sweet home Waah maaf,belum ada Mbak Saia. Kalau yang versi Trial di internet banyak.hehe

waahh mantap sob artikelnya
.....
mampir balik ya :D

I thought the tips like mind mapping technique.

selamat malam, selamat menjalankan ibadah puasa

Main Kesini Terus Bisa Pintar bahasa Inggris

Absen pagi nih bang Hen..walau pun cuma pake HP terima kasih ya bang sudah memberikan pelajaran yang berharga selama ini..hahahyy

mornig visit, have a great day my friend :)

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More