Minggu, 14 Juli 2013

Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini Sangatlah Menguntungkan

belajar bahasa inggris,belajar bahasa inggris sejak usia dini
Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini Sangatlah Menguntungkan – “Belajar di waktu tua bak melukis di atas air” , belajar di waktu muda sama saja kalau tidak mau berusaha. hehe.. (JK. soB). Mungkin pepatah yang di dalam tanda petik 100% bisa dipercaya soB. Kenapa tidak ? karena itu yang saya rasakan sekarang, kemampuan dan semangat untuk melakukan kegiatan belajar khususnya belajar bahasa Inggris memang tidak bisa sehebat dan semaksimal dulu ketika masih imut dan energic. Ahayy. Meski saya masih kepingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris saya, namun rasa-rasanya hal itu sulit untuk saya lakukan apalagi menikmati kegiatan mempelajari bahasa asing ini.

Bukan tanpa alasan, meski secara ilmiah saya tidak bisa menjelaskan namun ada satu konsep yang mungkin tidak bisa kita elakkan bahwa dunia anak-anak memang berbeda dengan mereka yang sudah bekerja dan mengenal materi. Konsep rasa ingin tahu seorang anak tentu saja berbeda dengan orang dewasa. Dulu rasa ingin tahu saya terhadap bahasa Inggris sangat besar, senang sekali mengeksplorasi, mencari cara-cara baru dan menyenangkan untuk mempraktikkannya, seakan-akan bahasa Inggris merupakan teman atau bahkan kekasih yang senantiasa saya rindukan...(lebay..hehe..). Berberda dengan sekarang konsep rasa ingin tahu itu cenderung ke arah hal-hal yang bersifat materiil. Entah benar atau salah konsep menurut saya ini, semoga saja salah.

Belajar bahasa Inggris sejak dini memungkinkan kesempatan dan keuntungan yang lebih luas dan terbuka untuk menguasai bahasa asing ini. Inilah sebetulnya alasan mengapa dianjurkan sekali untuk mengenalkan bahasa international ini sedini mungkin kepada anak-anak karena menurut para ahli kemampuan untuk menguasai dan memahami bahasa Inggris dengan baik dan benar minimal membutuhkan waktu selama 4 tahun. Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa mereka yang belajar bahasa inggris selama 4 tahun atau lebih mendapatkan nilai tes 140 poin lebih tinggi dari pada mereka yang belajarnya hanya ½ tahun saja. Mereka juga lebih baik dalam section kosa kata yang terkait dengan Matematika serta kemampuan dari segi menulis (writing).

Waah..gitu ya soB...kok lama banget... ??
Jangan patah semangat dulu kawan. Semua itu kan hanya sebatas teori, tidak menutup kemungkinan juga kawan semua bisa menguasai dan memahami dengan baik bahasa asing yang satu ini secara lebih singkat. Semuanya tergantung juga dari usaha yang dilakukan.

Jadi intinya meski mempelajari bahasa Inggris merupakan suatu pengalaman unik yang sangat berharga bagi semua usia, namun akan sangat lebih menguntungkan jika mempelajarinya sejak usia belia.

Sekian soBat artikel kali ini. Semrawut kelihatannya....

24 komentar

Sangat mendukung memang belajar bahasa inggris harus dimulai sejak dini kelak pasti lancar bahasa inggrisnya :)

Benar sekali soBat. Lebih baik dimulai dari awal

Ups.....he must be in love with IMB second winner!!!! ha3x No need to be serious with my statement, pals! Actually, curiosity and passion give contribution lots in learning process. But, firstly, we should have known better ourselves condition.

That's why we ever remind that it has correlated with psychological approach, but unluckily it denied by comments in this blog. (ha3x) As you know, we love to learn with kids too, coz we'll know their response good or bad one. One thing, they have no feeling guilty to do something, the reason only is fun or not.

According to above article, why my mem'ry connect to Gloria Estefan song, thus we look for in you tube, "A song for Emily". Yeah...we could learn from kids even by their smile thus give a chance for them conquering this language.

Nuwun sewu nggih Om, kersane regeng pasugatanipun.....

Setuju banget Mas. Ngga banyak komen deh, soalnya sudah banyak bukti nyata :)

@ Mochtar I am still not really clear yet about your statement that we should have known better ourselves condition. You may describe it more specific so that I get the point... !

Btw, What is actually psychological approach ? Really, I'm not in a right track after all. (ha3x).

Not all people understand about teaching English to children. Most of them even underestimate however. Guess what ? I am sleepy....

@ Lina Ea Mbak, buktinya seperti Mbak Lina nie. 3 blog berbahasa Inggris semua. Mantep dah...banyak belajar saya dari blog Mbak Lina. hehe

Ha3x...curiosity & passion are really good pill. We just reading Florence Littauer for knowing our character, then Bobby de Porter for understanding type of learning process usage for myself, besides that thank for Tony Buzan coz imitate mind mapping. Be patience please......

We use any kind book references as we have no background same as you. he3x..... (asem tenan, jian ngompori biar ke gramed yaahhhh)

Due kidz, have you known multiple intelligence? We just taking a slice of book of Quantum Teaching (he3x). But the nice one how to explore and expose it, it means share with another, as written by Hernowo in my book.

And mbak Lina in Bogor, why I remind song of Swaditra(?)
...termenung di taman kencana....

I feel starving right now, not sleepy, and luckily our time faster than Malwapati.......(leres mboten nggih)

@ Mochtar (ha3x) It seems I have to lend some books from you. You are really stunning and made me shake my head over and over till wanna feel throwing up.xixi

I do feel shy of you coz up now time I've never seen even read book of Quantum Teaching. Really...coz my salary will not be enough to buy it. Sounds bad but that's the truth being a CIKGU here in my beloved country ha3x).

Btw, not Malwapati, but Malwopati. Be good in stealing ideas...!! kwkwk

bener banget mas, contohnya saya, saya dulu waktu masih sekolah, sering main2 dan menganggap remeh bahasa inggris, dan saat ini saya sedikit menyesal, karena bahasa inggris sangat penting. Saat ini saya hanya dibantu google translate, untuk membaca berita2 portal online yg pakai bahasa inggris

@ dimas bagus nugroho Tidak ada kata terlambat Mas untuk belajar. Sekarang masih dibantu google translate, siapa tahu 4 tahun ke depan menyingkirkan google translate. Saya sendiri juga masih belajar banyak dari google translate. Mulai dari denger audio sampai mencari kata yang sekiranya sulit juga saya lakukan. hehe

siipp,, Ishma setuju, kalo dininya sejak SMP ga papa kah? :D

@Om..om...vokok'e matoh tenan! (backsound alun2 bojonegoro by youtube). Ha3x..

I thought by this blog we could learn English too. Due my reference, could be searched/surfed by mbah google. Besides that need to reduce to make an argue coz the focus became biased, incrementally.

We ever done such like this, reading a novel of Harold Robbins (he3x) and neglected our capability in grammar and vocabulary. Strange enough, absolutely right! Coz we wanna know the digest of the story, thus reduce to use dictionary. And, we got it! But, need to check again in order misperception due the meaning. Actually, we just practice "iqro" as mentioned by Hernowo. We could read the written and un-written.

Lately, all my mem'ry due learning process based my experience while still junior high school. What's that? We loved to rewrite the pattern of tenses or formula. he3x

And right now, there're any source for learning such as, web, blog, mailing list, youtube, ms word for thesaurus and so on.

@Om...pamit ya, mo ndengerin kang yoto ncampur sari.....

satuju pisan segala sesuatu kalau pengen bagus akhirnya ya harus sejak dini hehe
lebih cepat , lebih baik lah gitu hehe

ane belajar b. inggris dari semenjak TK tapi sampai sekarang kurang begitu mahir kalo berbicara b.ing ^_^

tetapi tidak ada kata terlambat bagi yang sudah tua jika ingin belajar :)

lebih menyesal lagi saya mas, dari dulu udah gak mudeng nyampe sekarang juga belom mudeng. beberapa dekade saya habisnya disini juga belom mudeng juga, apa gak keterlaluan parah tuh namanya :) heuheu.. ajarin dong mas biar cepet2 bisa, udah kepengen ngobrol sama bule nih

benar sekali pak, jika sudah ditanamkan dari kecil. biasanya nyangkutnya akan lebih lama

bener sob.. mengajari anak kecil lebih mudah dari pada mengajari orang yg sdh berumur.. kiasannya, ngajari anak kecil sm kyk nulis diatas batu.. sementara ngajari org dewasa kyk mengukir diatas air.. :)
banyak kok yah, tutorial bahasa inggris untuk anak2 yg dikemas dalam buku2 bergambar menarik, ato juga kaset2 vcd dengan karakter2 lucu kyk walt disney.. kebetulan aku punya tuh 1 set magic english.. anakku seneng banget muter vcd itu sambil belajar..

bahsa inggris
bekal untuk masa depan :)

memang belajar apa saja kalo sejak dini maka akan sangat berpengaruh pada anak2.. karena memorinya masih sangat bagus untuk diisi dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat sob.. :)

bener banget harus dari sejak dini gan :D

setuju pak.. belajar bhs inggris harusnya diajarkan dari kecil agar sedikit2 memahami apa itu b.inggris.. nice post

Benar sekali pak Hendrik. Belajar bahasa Inggris sejak dini sangat menguntungkan. Bahkan Anak saya kelas 2 SD jadi ketagihan belajar bahasa Inggris. Katanya, kalau bisa bahasa Inggris bisa jadi orang pintar...

Hal tersebut sudah saya dan keluarga rasakan mas, betul-betul sangat menguntungkan. Great post mas.

Comments in English would be preferred

EmoticonEmoticon