Rabu, 24 Juli 2013

Pola Belajar Bahasa Inggris Dengan Meniru

belajar bahasa inggris
Pola Belajar Bahasa Inggris Dengan Meniru – Akhir – akhir ini saya sering berpikir soB, selama menulis di blog ini, dari 75 artikel yang saya tulis kesemuanya rata-rata membahas tentang grammar bahasa Inggris. Sedikit terbesit di benak saya, apakah dengan hanya membaca dan mempelajari grammar saja bisa membuat kawan-kawan aktif dalam menyusun kalimat bahasa Inggris ? karena dari beberapa komen teman-teman ada yang berkomentar bahwa meski sudah membaca artike-artikel mengenai tata bahasa seperti yang ada di blog ini, namun masih susah dalam menyusun kalimat.

Belajar bahasa Inggris menurut saya pribadi sama seperti mata pelajaran lain, kesemuanya tergantung dari niatan yang kuat untuk mempelajarinya. Faktor niatan ini penting menurut saya karena bisa menumbuhkan passion (rasa suka) dan akan menentukan seberapa cepat anda bisa menguasai bahasa Inggris. Faktor yang kedua mungkin disebabkan oleh pengalaman belajar yang kurang. Nah faktor yang satu ini yang selalu saya angan-angan bagaimana caranya memberikan pengalaman belajar secara nyata kepada semuanya yang lagi belajar di blog ini.

Pengalaman belajar yang mungkin serperti halnya mempraktikkan dialog dengan siswa, mendengarkan pengucapan suatu kata atau kalimat bahasa Inggris secara langsung maupun memberikan contoh kalimat-kalimat inggris sebanyak-banyaknya yang sekiranya selalu digunakan dalam percakapan sehari-hari. 2 dari 3 contoh pengalaman belajar di atas yang mungkin baru bisa saya terapkan adalah yang ketiga, itupun saya rasa masih perlu banyak pengembangan agar benar-benar bisa memberikan kontribusi yang maksimal bagi soBat sekalian dalam upaya mengembangkan pola penyusunan kalimat Inggris. Untuk yang pertama dan kedua saya rasa masih sulit bagi saya pribadi untuk mewujudkannya dalam belajar online seperti ini, karena memang kendala penguasaan IT dan pembuatan file audio.

Tujuan admin memberikan banyak contoh kalimat dengan variasi kosa kata maupun style kalimat adalah supaya ada banyak yang bisa ditiru dari kalimat-kalimat tersebut untuk diaplikasikan dalam kegiatan nyata, bisa berkomentar di blog orang lain atau dengan megisi buku tamu, dll. Namun meskipun demikian semuanya kembali lagi kepada faktor pertama tadi yaitu seberapa besar niatan dan passion anda untuk belajar dan mempelajari bahasa Inggris.

Sekian soBat unek-unek saya kali ini. InsyaAllah kedepannya semoga bisa mengembangkan yang lebih baik lagi. Silahkan berkomentar jika ada sesuatu yang bisa dishare berupa saran maupun kritik yang tentunya mendukung...!

21 komentar:

Yup, saya awalnya dulu sering meniru kalau belajar bahasa Inggris. biasanya sih lewat lagu2.

Bener soB, kalau lewat musik kan lebih enjoy juga belajarnya

Biasanya niru dialog orang di film, itu lebih gampang dan simple, nanti perlahan-lahan juga kita mulai terbiasa sama tenses, grammar sama pengucapaannya..

Selain dari film, saya juga sering belajar dari game, musik, sama manga yang bahasa Inggris..

Btw, nice site and nice info.. :)

saya banyak yang fasih dalam nyanyiin lagu barat .. tapi kadang suka gak ngeh sama artinya hehe maklum

Finally, you offer another perspective in learning process, not grammar pattern only, as it's too rigid and giving feel guilty if making mistakes. he3x.... I thought the formula or pattern or grammar guidance in junior high school, fulfill enough but having to add our vocabulary.

Learning by listening then imitate and sing a song already published in yahoo (ups sorry forget the date). The benefit is we gotta know phrase than words. Besides that we could practice our pronunciation and sense, even style.

The easiest, open youtube and take the step as om blogger suggested. hah... I wanna to hear dengue fever, cambodian pop but has root with javanese song....so imaginative ones.

pareng rumiyin nggih, sanjange wonten artikel gress, bade nderek pasugatanipun.......he3x...

Tata bahasa kayaknya sangat menentukan di samping kosa kata dalam menyusun kalimat, pak. Itu saya rasakan dalam ngajar anak sendiri di rumah. Saya meniru beberapa kaidah berbahasa Inggris melalui tutorial pak Hendrik...

WAH, ini setuju sekali sob.. kita memang kebanyakan belajar dari meniru sob, termasuk belajar bahasa inggris juga.. Tapi inget, tirulah yang baik2 aja ya.. :)

atau pun belajar bahasa inggeris dengan mengaitkan apa yang kita minat, macam suka baca novel, cuba baca novel inggeris, secara tidak langsung, membiasakan kita dengan bahasa inggeris

belajar bahasa inggris memang harus menggunakan tehnik yaitu menggabungkan kesenangan kita dengan kata-kata dalam bahasa inggris, pastinya akan lebih mudah :)

kalo belajar bahasa ingris biasanya harus seneng dulu, kalo udh seneng mudah untuk belajar

mungkin harus bergaul dengan bule kali ya mas biar cepet bisa ...

Belajar Bahasa Inggris secara online memang agak sedikit sulit dan banyak kendala. Karena Bahasa tidak hanya menyangkut tata bahasa saja (grammar), melainkan ada banyak hal misalnya seperti mendengarkan, berbicara, pengucapan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk belajar Bahasa Inggris secara offline. Dengan cara latihan berdialog dengan teman atau mengikuti kursus. Thanks sob sudah share informasi yang sangat menarik :)

kalo saya menerjemahkan dari inggris ke indo itu sangat mudah, tapi kalo dari indo ke inggris itu sulit, maklum cara belajar saya cuma ngafalin kosa kata doang. ^_^

@ software freeware Ngafalin kosa kata merupakan modal yang baik soB untuk menguasai bahasa Inggris, tinggal sesering mungkin aja praktik terutama menulis kalau pingin lancar translate Indo ke Inggrisnya :D

betul juga yah mas bro kalau ada "niat" belajar bahasa Inggris itu mudah, sesulit apapun pasti bisa hehe....

sangat berguna nih artikelnya .. pa lagi aku ? sama sekalì gak mudeng bahasa inggris.. kadang tau apa yg di bicarakan, tp untuk ngomong lidah'e susah ...

saya belajar bahasa inggris dengan mendengarkan percakapan secara langsung, baik melalui kaset atau melalui film yang saya nonton :-)

Berkunjung dimalam hari gan

saya dari sekolah hingga sekarang hanya paham saja,tidak bisa bicaranya,selalu terbolak-balik,mungkin karena tidak pernah belajar bahasa inggris ;)

dari zaman sekolah paling gag suka ma bahasa inggris,,sekarang baru merasakan pentingnya

paling enak belajar dari manga, sekalian mengikuti alur ceritaya.

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More