Minggu, 09 Februari 2014

Cara Mudah Memberikan Kesan Pesan Belajar Bahasa Inggris

cara mudah belajar bahasa inggris,belajar bahasa inggris,cara belajar bahasa inggris
Banyak cara digunakan untuk menarik perhatian atau minat seseorang untuk belajar bahasa inggris. Tidak hanya melalui iklan atau promosi dari brosur semata yang cukup diandalkan oleh pengelola suatu lembaga kursus atau bimbel untuk menarik minat dan menggugah semangat seseorang dalam mengikuti kursus bahasa inggris, namun kapasitas dan kualitas dari staff terutama tenaga pendidik yang ada hendaknya juga perlu diperhatikan. Seperti yang pernah saya bilang sebelumnya bahwa para praktisi pendidikan utamanya disini guru memiliki peran yang penting untuk memperkenalkan pelajaran bahasa inggris dengan memberikan kesan dan pesan yang manarik sekiranya anak bisa memiliki ketertarikan untuk mendalaminya. Untuk melakukan itu semua tentu saja bisa dilakukan dengan berbagai cara atau metode belajar tergantung dari kreatifitas masing – masing. Namun disini Cara paling mudah memberikan kesan pesan belajar bahasa inggris sebetulnya bisa kita mulai dari diri kita sendiri sebagai seorang pengajar. Guru sebagai pengajar sekaligus menjadi objek perhatian siswa dan figure untuk ditiru atau dicontoh.

Penampilan Yang Menarik

Memang ada peribahasa mengatakan bahwa jangan menilai orang dari penampilannya saja, lihatlah kualitasnya. Tapi ingatlah juga peribahasa yang satu ini ‘kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda’. (he3x)
Penampilan yang baik dan rapi akan memberikan kesan pertama yang begitu positif pada siswa, bahwa Anda orang yang cerdas, ahli dan sukses dalam bidangnya. Penulis pernah dinobatkan sebagai guru paling resmi lho oleh anak didiknya (he3x).

Penguasaan Materi

Apapun bidang dan jenis pekerjaannya menguasai materi mutlak diperlukan jika Anda ingin menjadi pusat perhatian orang lain atau bahkan ditiru jejak dan karir Saudara. Kalau Anda ingin sukses dan memukau dalam melakukan presentasi di depan umum, maka kuasailah materi dengan baik. Begitu juga penguasaan materi yang baik dalam pembelajaran bahasa Inggris akan membantu kita tampil lebih tenang, terlihat profesional di depan siswa dan tentunya penyampaian materi juga terlihat lebih mudah dipahami. Jika siswa merasa mudah untuk memahami pelajaran, maka mereka akan merasa nyaman dalam belajar dan secara tidak langsung akan menarik minat mereka untuk terus belajar.

Gaya Berbicara dan Intonasi

Hal ini sudah pernah saya singgung pada artikel sebelumnya yang berjudul belajar bahasa Inggris dan passion dimana gaya berbicara bahasa inggris atau style yang semirip mungkin dengan orang asing dan sebisa mungkin meminimalkan logat medok daerah bisa menjadi magnet tersendiri bagi seseorang untuk berminat mendalami bahasa asing yang satu ini. Pronunciation atau pengucapan yang benar semisal bunyi plosiv bisa menarik siswa untuk menirukannya.

Pengetahuan Yang Luas

Keahlian ini juga penting untuk menambah keyakinan siswa bahwa Anda selain mahir dalam berbahasa inggris ternyata juga punya banyak pengetahuan di luar bidang Anda. Mungkin ketika seorang guru memberikan soal dan menyuruh siswa untuk mengubah kalimat positif ke negatif seperti ini ‘He went to Bromo last week”. Nah sebelum melanjutkan ke soal berikutnya, Anda bisa bercerita dulu sejarah gunung Bromo dan tentunya boleh bilingual. Cerita sederhana seperti ini bisa mengusir rasa bosan dan memberikan semangat baru untuk belajar.

Cerita Sukses Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Teknik yang satu ini bisa dibilang cukup bermanfaat juga yaitu dengan menceritakan kisah inspiratif orang – orang di luar sana yang sukses berkat menguasai bahasa inggris. Mungkin Anda juga bisa menceritakan kelebihan dan keuntungan yang bisa diperoleh jika menguasai bahasa asing ini, bidang pekerjaan apa saja yang bisa digeluti, dll. Pesan sederhana seperti ini bisa merangsang minat siswa untuk mempelajari bahasa inggris

Sekian