Minggu, 02 Maret 2014

Media Lokal Terbaik Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris,media pembelajaran bahasa inggris,pembelajaran bahasa inggris
“Belajar dan terus belajar”, itulah mungkin kata motivasi terbaik yang pernah ada di blog ini semenjak online kira – kira 1 tahun yang lalu. Yang namanya belajar memang identik dengan guru dan materi pembelajaran, memang seperti itu seharusnya. Namun yang namanya guru sejatinya hanyalah media untuk mentransfer ilmu atau materi, sama halnya dengan televisi, radio, koran yang kesemuanya dapat dijadikan sebagai media untuk belajar termasuk mempelajari bahasa Inggris.

Kita sadari atau tidak media massa memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap proses pembelajaran, pengembangan intelektual, emosi dan psikologis seseorang. Ketika Anda belajar bahasa Inggris melalui media apapun itu pastinya akan ada pengembangan ilmu atau intelektualitas, pengelolaan emosi serta perkembangan psikologis. Dengan banyak membaca reading text berbahasa Inggris dan memperbanyak aktivitas listening dari sumber yang berbeda maka akan menambah khasanah dan pengalaman keilmuan Anda mengenai bahasa Inggris. Kesulitan maupun kesan menarik dan menyenangkan yang Anda alami dalam proses pembelajaran akan melatih emosi Anda untuk tetap fokus dan sabar dalam belajar dan pengalaman belajar yang sudah Anda alami selama itu bisa menjadi bekal psikologis yang mantap untuk menularkan ilmu Anda kelak kepada orang lain.

Berbicara mengenai media tentu saja google merupakan yang terbaik di antara semua dalam hal penyuguhan informasi yang beragam termasuk juga disini informasi yang terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris. Namun yang saya ingin share disini saya batasi pada media lokal Indonesia yang saya rasa cukup memberikan kontribusi dan nilai edukasi yang cukup tinggi terhadap pembelajaran bahasa Inggris termasuk disini proses belajar penulis sendiri di masa lalu. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak suka atau tidak bisa bahasa Inggris, maka akan sangat tidak suka dengan acara – acara berbahasa Inggris yang disuguhkan. Sebaliknya bagi mereka yang bisa dan dalam proses mempelajari bahasa asing yang satu ini, maka akan sangat antusias dan serasa tidak mau ketinggalan atau melewatkan acara – acaranya.

Media lokal terbaik belajar bahasa Inggris yang saya sebutkan di bawah berdasarkan penilaian dulu ketika masanya saya lagi getol-getolnya belajar dan sebagian besar tentunya adalah media Televisi karena itulah satu-satunya yang ada di rumah, itupun bukan parabola sehingga channelnya juga terbatas. Hehe. Entah kalau sekarang ya soB, apa acara yang disuguhkan masih seperti dulu atau sudah berubah. Jujur saya sendiri beberapa tahun ini jarang sekali melihat TV.

# Metro TV
Bagi saya stasiun televisi yang satu ini masih menjadi primadona sampai saat ini meski sudah jarang sekali atau bahkan tidak pernah menontonnya lagi. Stasiun TV ini berjasa besar terhadap kemampuan Inggris yang saya miliki. Dulu hampir setiap hari saya tidak pernah melewatkan acara-acara yang disuguhkan sampai – sampai orang di rumah pada cemburu gara-gara tidak bisa nonton sinetron.

# ANTV
Meski tidak sebanyak Metro TV dalam menyuguhkan acara berbahasa inggris, Statsiun TV ini saya kira dulu juga penuh dengan nilai edukasi. Acara kilas mengenai dunia satwa dengan anchor Inggris, apalagi acara MTV musiknya yang keren abis. Hehe

# Trans 7
Yang saya suka dari stasiun ini acara film Hollywoodnya kawan. Karena dari film – film ini saya bisa mendapatkan banyak kosa kata gaul atau informal yang cukup menarik dan sering digunakan dalam percakapan sehari – hari

# The Jakarta Post
Koran nasional berbahasa Inggris yang satu ini bisa menjadi referensi yang bagus untuk belajar. Sayangnya koran ini masih belum beredar luas di daerah, hanya terbatas pada area ibu kota dan sekitarnya. Dulu saya hanya bisa sekali kali membacanya dari warnet saja.

# Kanguru English Magazine
Majalah Inggris yang satu ini memang bukan asli milik Pemerintah Republik Indonesia karena memang diterbitkan oleh Pemerintah Australi. Namun majalah ini sudah sangat terkenal di negeri ini yang berpusat di Bali sebagai salah satu media pembelajaran bahasa Inggris bagi guru dan anak – anak Indonesia. Penulis sendiri dulu pernah menjadi salah satu juara writing competition bahasa Inggris pada majalah ini. Betapa senangnya dulu karena mendapatkan kiriman paket hadiah dan surat langsung dari Manager Kanguru Mr. Calvin Dalton. Hehe

Itu saja soBat yang bisa saya share kali ini. Semoga bermanfaat

Sekian

30 komentar:

Tvri juga ada deh mas
Kalo ndak salah :)

Ha3x...finally the blogger not just a cikgu only, an inspired man, as he gives an alternatives stuff for learning process. Due the last one, I ever had a red book. Metro - I love with his 'cengkok' of Dalton Tanonaka, thus nice to be imitated too, asian style. Jak-post, I like with the column, coz the written reflect an update case. Till, I find Julia's Jihad book....but its being put on my rack only.

Hi pals, could I advise ones. ahok.org There many kinds of sample clips, which is really nice to be heard. Besides that we could take a look gesture, expression and anything else. It's really cool consist of ambassador,governor,and others, one thing - truly "bule". he3x

saya jarang nonton tivi
hehehe,,,,
belajar memang tidak akan ada habisnya

@ Mochtar Thanks for the advice. I try later in Warnet. 50rb rupiah for only a month regular internet access is very limited bandwidth now. You now it's slow but not sure as well (ckckck). Imagine that I have speedy at my home..hikz ..

Kalau saya belajar langsung pembicaraan mas meski saya nggak ngerti tapi sedikit kadang bisa saya tau makna yang dimaksut

@ Lanjut jenx Indah. Itulah bahasa Inggris

@ Yahya Harus nonton Mas, biar ketagihan ntar belajarnya :D

sekarang stasiun tv sudah banyak tidak mendidik mas :)

kalau saya belajar b.inggrisnya lewat youtube mas
lihat film dan musik - musik barat :)

kalu saya seringnya baca majalah mas lebih mudah dipahami bahasa inggris nya

Hi ..Om, actually we open up that web (specially for the clips) closely with writing comment on your blog for first time. Ups, delegation of UN came to his office for clearance the case. By the way, learning English correlate with some cases would be useful enough than learn it as a lesson. Thus, content and context add our perception....and English as a language just as a tool of communication. Contextual learning, pals? (ihik...3x) As a noted - we have had already download more than 40's clips which is nice enough to be listened, imitated. Yup, it's also my learning stuff for improving my capability and ability, although we learn by myself - that's why we love to advise and remind in reducing some requirements in learning English. All our statements will be back to our mindset and framework of thinking.

As matter of fact, border-less world really happened as being stated by Keichi Ohmae years gone by. Pamit rumiyin nggih, sanjange ngrampungin artikel supados saged dipun diupload malih, kalih sing mbaurekso mriki.........(gedubrax ho3x)

wah banyak juga ya sob media lokal untuk bahan belajar bahasa inggris. Kapan-kapan boleh juga nih buat belajar, soalnya ane minim belajar bahasa inggris

kini untuk belajar bahasa inggeris hanya melalui media lokal ya.. lebih mudah dan cepat..

bisa lihat tv sambil belajar ya sob. jadi sambil menyelam, sambil minum air. belajar bahasa inggris dengan santai. pasti nya lebih cepat paham

Dari lihat film Dan memperhatikan percakapannya cepat teringat tp tulisan nya ga tahu

:)

saya sih jarang sekarang nonton tv paling kalau pas ada berita saja baru nonton, ternyata dengan televisi bisa juga yah mas Hendrik untuk belajar bahasa Inggris, makasih sharingnya :)

Ups...can't believe it!!!! Om Hendrik really fulfill request of his blog lovers, translate tool. Hopefully some comments would be in this language too, as it's an opportunity to prove it that we have learned something from this blog. We just think it off, that without making assessment, it seem useless whether always write such as it's good blog but have no impact. By the way, you can count on the time due surfing here. I mean there's should be any changes in our capability in writing, speaking, listening and else. Even though none remind us, we have to have a target need to be achieved. Curiosity a good pill but passion which is gave us contribution. Or being "kefefet" as no place to run and hide, he3x. Thus, a lovely blogger, a cikgu, an author already provide a stuff for learning process then...........all depend on our mind, take it or leave it. (ihik3x.....sambil mbreakfast ama mie gelas........mik sithik sakjane, ning lumayan nggo ngancani cetak-cetok keyboard). Sugeng nenggani lare-lare ingkang nembe ujian nggihhh.......

dulu dimetro nonton Indonesia this morning, rasanya, hehe

berkunjung lagi sob. posting nya keren . nambah ilmu buat ane yang masih pelajar

Sulit banget belajar bahasa ingris
Tapi kalo Dg denyum manis
Bisa lancar seperti menulis

Info yang bermanfaat. Saya suka the jakarta post dan metro tv.

Skarang metro tv sudah jarang bahasa inggrisnya :)

saya cenderung memilih metro tv dan jakarta post kalau mau belajar bahasa Inggris.......
keep happy bloggging always...salam dari Makassar :-)

saya kebetulan suka dengerin lagu bahasa inggris, ternyata rumit juga ya mas harus pelan-pelan dengar nya hehehe :D
beda sama orang indo yang ngomong bahasa inggris, kayaknya logat nya memang tidak sama :)

dengan sering menonton televisi yang berbahasa Inggris pasti dapat membantu kita belajar bahasa Inggris yah mas Hendrik :)

Terimakasih atas infonya Kang, banyak jalan menuju Roma itu kata pepatah

Saya biasanya nonton yang Metro TV belajar sekalian mendapatkan informasi hehe...

Yang paling penting ya nyari acara edukasi yang mantap

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More