Sabtu, 26 April 2014

Cara Agar Anak Cepat Belajar Bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris
Memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik menjadi nilai tambah bagi seorang anak. Dan memang mengajarkan banyak bahasa kepada anak sejak usia dini terbukti mampu meningkatkan kecerdasan dan juga lebih efektif dibandingkan baru belajar bahasa inggris saat sudah besar. Kemampuan menangkap dan menyerap bahasa asing pada usia emas ( 0-5 tahun ) sangat berpengaruh dalam level bahasa inggris yang akan dicapainya. Ada banyak cara-cara menarik yang bisa kita gunakan untuk membuat anak menjadi gemar belajar bahasa inggris dan cepat terampil dalam menggunakannya. Walaupun di sekolah sudah diajarkan namun tidak ada salahnya ketika sampai dirumah orangtua tetap melatih mereka sambil bermain. Ada banyak cara cepat belajar bahasa inggris yang bisa digunakan namun tidak menimbulkan kesan bahwa anak-anak tersebut sedang belajar.

Belajar bahasa inggris menggunakan flash cards

Flash cards atau kartu bergambar adalah metode paling mudah yang bisa digunakan saat mengajarkan bahasa inggris bahkan sejak saat sang anak masih bayi. Cara menggunakannya adalah dengan mengucapkan kata-kata yang ada pada flashcards bergantian secara cepat setiap harinya kira-kira 10-15 gambar yang urutannya sama dan diulang-ulang terus. Lakukan untuk kata yang sama setiap hari. Karena disaat bayi mereka akan merekam berdasarkan gambar namun telinganya tetap mendengar. Metode ini terbukti efektif walaupun membutuhkan waktu lama.

Gunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua dalam kehidupan sehari-hari

Walaupun anak belum bisa bicara namun jika Anda terus menerus menyelipkan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari maka sang anak akan paham. Sambil bicara sambil berikan simulasi seperti misalnya chicken itu ayam, eat itu makan disaat Anda sedang makan. Dengan begitu sang anak juga akan belajar secara langsung. Ketika nantinya dia bisa berbicara dan salah dalam melafalkan kosa kata biarkan saja karena dia akan terus memperbaikinya sendiri.

Ajak anak bernyanyi dengan lagu bahasa inggris

Bernyanyi bersama anak dengan lagu anak-anak bahasa inggris juga akan mempercepat kemampuan bahasanya. Karena itu saat ini banyak anak usia satu tahun sudah bisa bahasa inggris dengan baik karena dirumah dia dibiasakan. Bahasa inggris itu seperti seni yang harus terus menerus diasah dan digunakan.

Mainan, buku, gambar, bentuk dalam bahasa inggris

Berikan buku, mainan, gambar dan bentuk buah atau hewan yang bisa ditemukan dalam bahasa inggris. Buku cerita bilingual sudah banyak ditemukan di toko buku sekarang. Sebutkan nama-nama buah dengan menyentuh buah aslinya dalam bahasa inggris. Permainan warna, bentuk ,rupa akan sangat membantu si kecil dalam menyerap kata-kata dan juga grammar sederhana.

Tontonan film bahasa inggris

Metode belajar yang mengasyikkan lainnya adalah dengan memberi tontonan dalam bentuk film anak-anak bahasa inggris. Ketika anak menonton dan juga mendengarkan maka secara otomatis akan membuat dia menangkap maksud percakapan di film tersebut. Dan itu adalah cara belajar yang sangat menyenangkan bagi mereka. Hanya saja Anda benar-benar harus selektif dalam memilih film untuk buah hati.

Beragam cara belajar bahasa inggris untuk anak-anak sebenarnya adalah hal yang sederhana selama Anda memang mau konsisten mengajarkan kepada mereka secara terus menerus. Perlahan tapi pasti mereka akan mampu menyerap kosakata lalu belajar bicara dengan baik. User language tidak harus berpatokan dengan grammar yang benar selama kita saling memahami maksudnya. Selagi masih usia dini sangat baik mengajarkan banyak bahasa yang akan mudah diserap oleh si kecil.

12 komentar:

Dulu pas saya kursus seringnya berdialog dengan orang asing kebetulan ada tamu yang didatangkan secara langsung. Juga ada event nonton bareng yang berbahasa inggris biar jadi lancar.

Ya hasilnya lumayan ga terlalu buruk 75% hehe

poin dua kayaknya susah bos, apalagi kalo orantuanya ga ngerti bahasa inggris, hehehe...

@ Ustadz Seandainya semua sekolah bisa menerapkan metode seperti, seminggu atau sebulan sekali mendatangkan orang asing, pastinya lebih asyik Pak Ustadz belajarnya. Pasti bisa menambah interest siswa dalam belajar bahasa Inggris

@ Comtell cell ha(3x) Bener juga nie soB, tapi saya yakin orangtua sekarang sudah pinter-pinter, paling tidak lulusan SMA sederajat :)

Wah ini dia, mungkin untuk saya juga bisa ya hehe

Bagus, banyak cara utk bisa ngajarin anak bhs ingris, gak harus sekolah di sekolah international yang ujung2nya rusak masa depan tuh kayak di tipi2. Intinya ttep ada di orangtua, peran ortu sangat penting. :)

izin mempraktekkan untuk anakku yamas.trims

@ Feby Tidak seekstrim gitu juga Mas, Kalau bisa sekolah di sekolah International juga malah lebih bagus. Yang penting orang tua harus selalu waspada :)

@ Yanto Silahkan Mas, terima kasih atas kunjungannya

untuk bikin anak jadi pinter bahasa inggris memang tidak mudah mas, jadi perlu adanya treatment khsusu dari orang tua ;)

anak anaktak ajarin bahasa jawa sebagai bahasa utama dan basa indonesia sebagai bahasa kedua. belum kepikiran ngajarin bahasa inggris. dulu pernah sih mikir anak anak harus pinter bahasa itu makanya aku cari istri bule dan ternyata selalu ditolak mentah karena aku ga bisa ngomongnya selain ailapyu saja :D

artikelnya keren gan, bhs inggris dijadikan bahasa kedua berarati bahasa daerah jadi bahasa ketiga dong... semoga blognya sukses selalu gan

@ Wahyu Bener nie Mbak Eka, perlu treatment khusus seperti blognya Mbak yang rame pengunjung, pasti ada rahasianya ya ? :)

@ Rawin ha(3x) I love you too, Mas Rawin, love d way you think

@ George Pisan Bener gan, bahasa Daerah jadi bahasa Empu (dikeramatkan), bahasa Indo jadi bahasa pertama dan bahasa Inggris jadi yang kedua. hehe

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More