Minggu, 12 Oktober 2014

4 Cara Mudah Memaksimalkan Pembelajaran Speaking di Kelas Bahasa Inggris

cara memaksimalkan pembelajaran speaking,tips pembelajaran speaking
Cara Mudah Memaksimalkan Pembelajaran Speaking -- Tujuan utama dari belajar bahasa Inggris adalah mampu berbicara secara lisan. Untuk alasan mendasar inilah, seorang guru harus senantiasa intropeksi diri sebelum dan sesudah pembelajaran usai. Apakah cara belajar bahasa Inggris di kelas tadi sudah sesuai ?, sudahkah secara maksimal melibatkan siswa untuk melakukan speaking ?

Apapun metode pembelajaran yang digunakan, alangkah baiknya jika dalam proses pembelajaran tersebut senantiasa memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada siswa untuk praktik berbicara. Tentunya kesempatan itu haruslah Anda rancang sedemikian rupa dengan menyesuaikan materi pembelajaran.

Dengan demikian aktivitas speaking tidak hanya harus diajarkan pada kelas conversation saja melainkan dalam kelas materi juga. Proporsionalitas antara listening, speaking, reading dan writing dalam proses belajar akan lebih bagus dan maksimal hasilnya.

4 Cara Mudah Memaksimalkan Pembelajaran Speaking di dalam Kelas

Bagi Anda yang belum pernah mengajar di kelas bahasa Inggris atau masih pemula, mengajarkan materi grammar mungkin menjadi pilihan yang tepat tanpa harus melibatkan siswa secara aktif untuk berbicara bahasa Inggris di dalam kelas. Beberapa tips mudah pembelajaran speaking berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk memberikan porsi speaking yang lebih banyak kepada siswa dalam setiap pembelajaran.

Membuat contoh kalimat

Cara belajar speaking yang satu ini bisa Anda terapkan pada kelas materi bahasa Inggris yang disajikan. Sebagai contoh, Anda menyajikan materi tenses present progressive. Jelaskan apa pengertian atau fungsinya, berikan rumus dan berikan satu contoh kalimat sesuai dengan rumus. Kemudian libatkan siswa secara aktif satu persatu secara bergantian untuk membuat satu sampai dua contoh kalimat lain. Yang demikian itu akan jauh lebih efektif daripada tes tulis langsung.

Memberikan tes lisan ketika pulang

Tes lisan bahasa Inggris ketika pulang tidak jauh beda dengan membuat contoh kalimat seperti di atas. Hanya saja tes ini harus dijawab oleh siswa secara acak. Siswa diberikan soal berupa kalimat bahasa Indonesia dan harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Siapa yang angkat tangan pertama dan bisa menjawab dengan tepat maka boleh pulang duluan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain tes harus sesuai dengan materi, sebaiknya siswa sudah mendapatkan tes tulis di awal pembelajaran, kosa kata yang digunakan oleh guru harus disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Mempraktikkan dialog bahasa Inggris

Tips pembelajaran speaking yang satu ini pastinya sudah familiar bagi mereka yang telah lama  berkecimpung dalam dunia pendidikan bahasa Inggris. Biasanya praktik membuat dialog dan aplikasinya terkait dengan kompetensi komunikatif ekspresi bahasa Inggris seperti halnya greeting and parting, asking for permission, expressing sympathy atau yang lainnya. Satu hal yang perlu diperhatikan, sebaiknya guru menekankan kepada siswa untuk membuat naskah dialog sendiri secara berkelompok dan harus dikoreksi oleh guru sebelum dihafalkan dan dipraktikkan.

Presentasi bahasa Inggris

Presentasi adalah satu cara untuk melatih keberanian siswa dalam menyampaikan suatu ide dan gagasan di depan kelas. Namun demikian presentasi bahasa Inggris juga bisa lebih powerfull dengan manfaat ganda yaitu melatih keberanian sekaligus kemampuan speaking. Ada banyak bentuk presentasi bahasa Inggris yang bisa digunakan misalkan telling story or experience, telling process, dll.

Tentunya ada banyak cara memaksimalkan pembelajaran speaking di dalam kelas yang lebih mudah dan efektif selain 4 cara di atas. Menggali metode dari sumber belajar yaitu siswa Anda sendiri adalah yang lebih baik.

5 komentar:

jangankan speaking membuat dialog juga belum lancar pake bahasa inggrisnya mas :D

semudah mudah nya belajar bahasa inggris gan :3 tapi boleh juga nih gan tipsnya saya izin coba yaahh :D

@ Ipah Saya yakin kalau materinya sederhana dan sebelumnya sudah pernah mendapatkan materi menyusun kalimat sederhana, siswa akan mampu membuat dialog sederhana Mbak. Sedikit kesalahan pasti ada. Untuk itu setelah membuat dialog sendiri, guru harus mengoreksi dan membenarkan kalimat yang salah terlebih dahulu

Dengan cara ini pastinya akan lebih memudahkan
Dalam pembelajaran bahasa inggris ya Mas Hendrik

@ Saud Pastinya begitu Mas... :-)

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More