Jumat, 03 Oktober 2014

Expressing Sympathy (Cara Mengungkapkan Simpati)

ekspresi simpati, expressing sympathy
Expressing sympathy merupakan cara untuk mengungkapkan rasa iba atau prihatin terhadap suatu musibah atau peristiwa buruk yang menimpa orang lain. Suatu ketika mungkin Anda akan tahu atau mendengar suatu kabar buruk dari teman atau kerabat Anda, apa kira-kira kata atau kalimat yang tepat yang harus diucapkan ? bagaimana cara mengekspresikannya dalam bahasa Inggris ? apakah sama dengan menyusun kalimat pada umumnya ?

Kalimat ekspresi tidak jauh berbeda dengan kalimat pada umumnya. Hanya saja dalam suatu ekspresi tertentu, ada banyak variasi cara atau kalimat yang bisa digunakan. Ekspresi bahasa Inggris termasuk dalam kategori kemampuan komunikatif. Jadi mempelajari dan menguasai berbagai jenis ekspresi bahasa Inggris akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan skill berbicara atau speaking.

Ekspresi Simpati dan Contoh Dialognya

Untuk situasi percakapan dengan teman sebaya atau orang yang sudah kita kenal dengan akrab, Anda boleh menggunakan beberapa ekspresi berikut :

Ekspresi Arti
What a pity Kasihan sekali
Wow, that's awful Wow, mengerikan sekali
Oh, that's dreadful Oh, menakutkan
That's too bad Parah banget/sayang sekali
What a shame/That's a shame Memalukan sekali
Oh, poor you Oh, kasihan sekali kamu
How terrible Betapa mengerikannya
How upsetting/How annoying Betapa mengganggunya
Oh no, sorry to hear that Oh tidak, aku turut sedih/prihatin mendengarnya
I know how you feel Aku memahami apa yang kamu rasakan
Oh dear, I am awfully sorry Oh teman, aku sungguh prihatin

Untuk mengekspresikan rasa simpati secara lebih sopan dan resmi atau terhadap orang yang lebih tua atau dihormati bisa memilih beberapa cara berikut. Perhatikan bahwa tidak akan ada kata tidak resmi seperti Oh, Oh dear, How, atau What. Semua eskpresi simpati dibawah bisa Anda artikan sama yaitu saya turut bersimpati, berduka cita atau bela sungkawa.

Ekspresi
I am extremely sorry to hear that
I am deeply sorry to hear that
I am deeply upset to hear that
What a terrible situation for you
I do sympathize
You have my deepest sympathy at this difficult time
You have my sincere condolences
Please accept my heartfelt condolences

Contoh dialog non formal dan artinya

Aris       : I've got headache this morning -- Aku sakit kepala pagi ini
Mariam : That's a pity -- Kasihan sekali
Aris       : I will absent today -- Aku tidak akan masuk hari ini

Contoh dialog formal dan artinya

Danu       : Sorry Sir. I am a bit late. Let me explain to you why I am late
Mr. Arya : What happened ?
Danu       : My father got an accident 2 days ago and he was hospitalized
Mr. Arya : I am deeply sorry to hear that. How is your father now ?
Danu       : He is getting better, Sir. But last night, my mom was also taken to hospital.
                  She suffered from high blood pressure
Mr. Arya : What a terrible situation for you
Danu       : Thank you, Sir. So last night I had to stay in the hospital the whole night.
                  That's why I am late today
Mr. Arya : That's all right, Danu. I know how you feel

Danu       : Maaf Pak. Saya agak terlambat. Akan saya jelaskan
Mr. Arya : Apa yang terjadi ?
Danu       : Ayah saya kecelakaan dua hari yang lalu dan dia masuk rumah sakit
Mr. Arya : Saya turut prihatin. Bagaimana kondisi ayahmu sekarang ?
Danu       : Dia semakin baik, Pak. Tapi tadi malam, ibu saya juga masuk rumah sakit
                  Dia terkena tekanan darah tinggi
Mr. Arya : Berat sekali situasi yang kamu hadapi
Danu       : Terima kasih, Pak. Jadi semalaman berada di rumah sakit.
                  Itu sebabnya saya terlambat hari ini
Mr. Arya : Baiklah, Danu. Aku memahami apa yang kamu rasakan

Saya yakin expressing sympathy atau ekspresi cara mengungkapkan simpati di atas sangat mudah untuk dipahami dan Anda bisa membuat contoh sendiri yang lebih kreatif atau sekaligus mempraktikkannya dalam kegiatan belajar conversation sehari-hari di kelas bahasa Inggris bersama teman-teman.

3 komentar:

artikel yang bermanfaat terimkasih sudah share,,

Terima kasih atas pelajarannya. Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya

Terima kasih, tapi jadi orang jangan pelit ngasih ilmu dong...
masa copy-paste doang nggak boleh?
Agama aja merintahin kita berbagi ilmu

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More