Senin, 24 Februari 2014

Cara Cepat Belajar Membaca Bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, cara cepat membaca bahasa inggris
Membaca merupakan bagian dari 4 skill kemampuan berbahasa Inggris. Meski sebetulnya masuk pada urutan keempat cara cepat belajar bahasa Inggris yang benar menurut pada ahli, namun bagi saya pribadi membaca merupakan langkah awal yang cukup baik untuk memperkenalkan bahasa Inggris kepada pemula melalui kata dan kalimat. Bagi pemula cara membaca kata bahasa Inggris ini bisa menjadi sesuatu yang menarik bagi mereka karena mungkin terdengar aneh dan unik. Tertarik di awal tapi mungkin akan merasa sulit ketika sering dikoreksi oleh guru atau pembimbing Saudara. Nah, berikut saya share beberapa tips cara cepat belajar membaca dalam bahasa Inggris.

# Jangan terikat oleh banyak aturan
Bagi seorang pemula tentunya akan merasa sulit dalam membaca kata, kalimat atau text berbahasa Inggris karena mungkin terikat dengan beberapa aturan pronunciation (pengucapan) yang diberikan oleh guru atau pembimbing Saudara. Padahal dalam beberapa kasus aturan tersebut ternyata tidak selamanya baku. Bingung pastinya pengucapannya begini atau begitu. Sebagai contoh aturan pengucapan bahwa huruf ‘i’ harus dibaca ‘ai’. Aturan ini tidak selamanya baku. Guru perlu menjelaskan bahwa ‘i’ seharusnya dan paling sering dibaca ‘ai’ tapi tidak selamanya, ada kalanya ‘i’ tetap dibaca ‘i’. Perhatikan contoh berikut :

Time ------------> taim;
Mind------------>maind;

Bagaimana dengan yang berikut :
Big tetap dibaca ‘big’ bukannya ‘baig’; atau
Display tetap dibaca ‘displai’ bukannya ‘daisplai’

Kesimpulannya kalau Anda sebagai pemula yang baru belajar maka usahakan jangan terlalu terikat oleh aturan – aturan seperti di atas. Bacalah sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran Anda, yang Anda ingin baca. Kalau sebelum mencoba membaca saja sudah ragu dan takut salah mengucapkan, maka selamanya Anda tidak akan pernah bisa. Meski cara membaca Anda salah tapi jangan kira usaha Anda sia - sia dan tidak bermanfaat. Anda sudah melatih lidah untuk terbiasa mengucapkan kata atau kalimat bahasa Inggris. Ingatlah juga bahwa cara cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan banyak meniru.

# Bacalah sepantas mungkin
Kedengarannya memang aneh mungkin, apa maksudnya dengan membaca sepantas mungkin ? bukankah cara membaca yang benar itu sesuai dengan kaidah pronunciation (pengucapan) dan sebanyak mungkin meniru dari guru atau percakapan bahasa Inggris di media ?
Memang benar seperti itu seharusnya, tapi bagi pemula saya sendiri sebagai pengajar mencoba untuk tidak kaku pada siswa dengan terikat oleh kaidah-kaidah seperti di atas. Saya lebih suka mencoba membidik aspek psikologis saja, aspek kenyamanan sehingga siswa tidak merasa takut salah untuk membaca. Lalu apa yang saya lakukan ?
Sederhana saja, ketika melakukan aktifitas reading, saya selalu berpesan di awal kepada mereka bahwa jangan ragu kalau ingin membaca suatu kata, bacalah kata tersebut sebaik dan sepantas mungkin menurut yang kalian rasakan. Kalau dirasa kurang enak didengar sendiri maka cobalah memperbaikinya sehingga menghasilkan pengucapan yang didengar lebih enak dan pantas. Tidak usah berpikir benar atau salah, yakinlah dulu bahwa apa yang Anda ucapkan itulah yang terbaik dan paling benar, itu saja sudah cukup.

# Memperbanyak aktifitas listening
Simpan saja keyakinan di atas, kini saatnya Anda memperbanyak aktifitas listening atau mendengarkan baik itu dari televsisi, radio, atau dari guru Anda. Kalau Anda punya koneksi internet sendiri manfaatkan translator pada pilihan audionya sehingga bisa didengarkan pengucapan dari kata yang diterjemahkan. Aktifitas listening ini sifatnya sebagai pembanding dan pembenar dari pengucapan yang sudah Anda yakini di atas.
Itu saja kawan. Mungkin kalau ada tambahan mengenai tips cara cepat belajar membaca bahasa Inggris bisa ditambahkan di kolom komentar untuk memperkaya artikel ini. Terima kasih
Sekian

7 komentar:

pas banget bagi saya nih yang masih awam english :D

Ups remind me while dangdut singer sang "Someone like you", she said....I big....not I beg (gedubrax...). Active in listening then imitated and recorded, could be a good choice. Due speed reading, hmm....remind me with scanning technique. I wish I could find my collection for contributing here.........see yaaa...

Sangat membantu mas, karena saya dari dulu agak susah dalam menyerukan sebuah paragraph bahasa inggris dengan tepat, dan sampai sekarang juga masih salah kaprah..

ane sampai sekarang masih kesulitan sob buat baca tulisan bahasa inggris. Izin belajar artikel ini dulu ya sob

Reading, there are many kinds of term due this word. If you try to read some stuff in English (book/newspaper/novel/others), first of all, check your alphabetical spelling. It’s an easier way to review our capability in reading. As, pronunciation being a key in reading.

Quantum reading. Have you known it, pals? I love with the sentence insist such like this : “If I want to change the condition, I have to change our self first. Changes our self into effectively, I should have changed my perception earlier.” Besides that, another terms -> speed reading, scanning, as you see - we use my finger for focusing the paragraph. It seem weird first but I get much by doing it.

Reading has similarity with thinking by using another minds, not our own. By reading, we could figure out others mind and add this opinion and experience becomes as if our own. This is the sexiest of the idea, and I truly madly love it. That's why we love to read any comments in Bahasa and/or English whatever inside coz we could figure out and try to take the positive fr me only.

katanya teman-teman bhasa inggris itu bahasa munafik karena tulisan ma bacaannya ga sama,,, hehe,,,
yang bilang gitu karena mereka ga mau belajar,,,,,

saya setuju banget dengan poin 1
belajar bahasa ingris sebenrnya mudah
mereka yang pengguna bahasa inggris (amrik) aja masih sering salah
artinya
bahasa inggris sebenernya tidak mengikat
dan bisa dikuasai siapa saja

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More