Rabu, 01 Agustus 2012

3 Langkah menuju speaking

Hi sobat…!! Siapa sih yang gak pingin bisa berbicara bahasa Inggris cas cis cus layaknya native speakers ? kan emang itu tujuan utama dalam belajar bahasa Inggris :D. Kemampuan berbahasa seseorang dikatakan aktif apabila mampu menggunakannya dengan baik secara oral.

Mungkin gak adil atau kurang bijaksana juga jika saya tidak mengatakan kalau untuk bisa berbicara dalam bahasa Inggris secara fasih itu memang sulit, perlu memperhatikan susunan kata, tata bahasa, dll. Saya sendiri gak mau bilang kalau kemampuan speaking saya di atas rata-rata, yang bisa saya katakan hanya satu kalimat “Saya bisa speaking dan mungkin hanya perlu mengembangkan kosa kata yang sebanyak-banyaknya” :D. Kenapa kosa kata ?? ya karana kalau gak punya banyak kosa kata, tentu gak bisa ngomong banyak, hanya angan-angan. Sama juga nie dengan angan2 saya sekarang, pingin beli ini dan itu tapi gak ada uang.xixixixi

Tapi tenang soBat kalian semua bisa kok menguasai speaking. Tips berikut mungkin bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan speaking Sobat :

#Persiapan (Preparation)

Waah kaya mau perang saja ?? Tentu saja soBat. Seorang tentara kan perlu mempersiapkan senjata, strategi, dsb untuk lebih percaya diri dalam menghadapi musuh :D. Menurut saya pribadi membekali diri dengan kosa kata yang banyak, pengetahuan tentang grammar bahasa Inggris, dan dasar-dasar penyusunan kalimat akan membuat kita lebih percaya diri dalam berbicara.

Nah jika ketiga hal di atas belum cukup kuat untuk memicu rasa percaya diri anda untuk mulai melakukan speaking, saya sarankan untuk mempraktikkannya dulu dalam kegiatan menulis (writing). Cobalah untuk menuliskan semua yang ingin anda ucapkan dalam bentuk tulisan bahasa Inggris. Saya pribadi sering menuliskannya dalam bentuk cerita paragraph.

Dalam kegiatan writing ini secara tidak langsung kita akan menjumpai kesulitan-kesulitan dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris, pemilihan kata, kosa kata dsb. Meski awalnya sulit namun ketika kita mampu menyelesaikannya dengan baik, secara tidak langsung akan membuat kita lebih berpengalaman dalam menyusun kalimat dan tentu saja akan mendorong kita lebih kuat lagi untuk mewujudkan apa yang kita pikirkan tadi tidak hanya dalam bentuk tulisan, tapi dalam bentuk ucapan secara oral. Perlu anda ingat bahwa writing menjadi dasar yang baik dalam melakukan speaking.

#Berbicara sendiri

Belajar bahasa Inggris atau menghafalkan naskah pidato ya Mas?? Gak tau dah sOB :D. Berdasarkan pengalaman pribadi sih begitu. Dulu ketika sudah merasa punya cukup banyak kosa kata dan sudah cukup aktif dalam menulis bahasa Inggris, ternyata hal itu saja tidak cukup mendongkrak rasa percaya diri saya untuk berbicara bahasa Inggris secara langsung dengan orang lain. Nah terpaksa juga dah saya ngomong sendiri pakek bahasa Inggris :D

#Carilah lawan bicara

Berbicara sendiri (You speak yourselves) tidak akan sama ketika kita berbicara bahasa Inggris secara langsung dengan orang lain. Berbicara sendiri lebih condong kepada kosa kata yang kita ingat dan bersifat satu arah, namun jika bercakap-cakap dengan orang lain kosa kata yang kita pergunakan akan lebih diversity dan jangkauan topiknya lebih luas.
Carilah teman sebanyak mungkin yang bisa kita ajak bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Bisa teman satu bidang pengetahuan, bergabung di English Conversation Club, English Community atau ikut aktif berpartisipasi on air di radio2 lokal yang menyajikan acara khusus berbahasa Inggris.

Waah gak terasa sudah panjang nie pidatonya. Cukup sekian Sobat.

I just share what I want to

8 komentar:

I see...yaa, your learning technique so different with me as we prefer to speak than to write. As we have tight time coz have to communicate with expatriates though use broken grammar.

But I could recover my barrier by reading this blog.......so lovely and no need attend course which is rigid and bore.

@mochtar It sounds great in fact and your English seems to be more active than me. I rarely use my English in oral way and as you have ever said that being 'Kepepet' is a good reason to take another step, that's what you've done I guess. You should speak up English coz everyday you are right beside expatriates. Lol

Sssttt.......watching film in XXI and imitate the conversation also tricks and tips, by whispering, of course....

Berhubung saya ga jago bahasa inggris kaya rekan rekan yang koment di atas , hi hi hi ** malu ** tapi ga papa deh , intinya tetep bisa baca post sobat :) ,terimakasih tipsnya , yah walaupun susah di implementasikan tapi bisa di coba di saat saat tertentu , keep blogging sobat :)

Hi pals, after surfing your content list, I think that you should have better share passive sentence and causative have. You know why, the two types are familiar using in speaking. Besides giving an art of speaking and nice to be listened as if I were expatriates. hi3x......

.......and after reading some articles just making me love to write article again with different topic, point of view and approach.......

Kunjugan pagii. .
Nice Post. .

Kalau kita berada di daerah pariwisata seperti di Bali, bisa nongkrong di pantai, pasti banyak bule bisa diajak ngobrol sekalian belajar bahasa inggris

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More