Rabu, 08 Agustus 2012

Belajar menguasai listening dalam bahasa Inggris memang sulit

Waah kalau mendengar kata listening, saya jadi teringat ketika dulu masa SMA. Jujur saya benci banget kenapa dulu listening menjadi bagian dari materi pelajaran bahasa Inggris yang harus diujikan dalam Ujian Nasional dan pertama kalinya lagi. Meski dalam mengerjakan soal tulis merasa yakin betul semua, tapi ternyata hasil akhir hanya dapat Nilai 7,9. Hehe. Kemungkinan penyebabnya banyak soBat, tapi yang saya yakini Cuma satu, Gak nyantol listeningnya atau emang sudah takdirnya dapat nilai segitu. hehehe.

Tapi ada hikmahnya juga sObat, sejak itu semangat saya berkobar untuk mampu menaklukan yang namanya listening. Tapi coba tebak apa hasilnya ? sampai sekarangpun menurut saya masih biasa2 saja, ya sesuai dengan kosa kata yang saya miliki. Gak lebih dari 70% saya bisa mendengarkan sekaligus mencerna dengan baik kalimat2 yang diucapkan oleh para aktor bintang Hollywood di TV. Kalau ada satu kata saja yang tidak pernah saya jumpai, ya jadi acak-acakan terjemahan kalimat yang terlintas di otak saya ketika mendengarkan. hehe

Belajar bahasa Inggris memang tidak bisa lepas dari kata listening, karena memang listening menjadi salah satu skill dari empat skill bahasa Inggris yang harus kita kuasai. Kalau anda berkata speaking merupakan hal yang paling sulit dalam belajar bahasa Inggris, listening lebih sulit lagi sObat. Mendengarkan local speakers berbicara bahasa Inggris lebih mudah dari pada mendengarkan native speakers berbicara. Selain itu technical factor atau pengaruh faktor mesin menjadi salah satu penghambat dalam memaksimalkan pendengaran kita.

Namun jangan salah sObat, kalau saya mengatakan sulit bukan berarti kita tidak bisa menguasai listening. Kalau speaking menjadi tolak ukur seberapa aktif bahasa Inggris seseorang. Nah menurut saya pribadi listening menjadi kunci penentu dari ketiga skill bahasa Inggris yang lain (reading, writing, speaking). Jika kita benar-benar maksimal atau bahkan menguasai listening dengan baik, saya jamin ketiga skill dalam kurung tersebut secara otomatis bisa anda kuasai dengan mudah.hehe. Ada banyak cara dan tips untuk memaksimalkan penguasaan listening kita. Share berikutnya saya coba untuk menuliskan pengalaman pribadi saya tentang listening.

Sekian. Silahkan dikomentari jika ada yang kurang pas atau mungkin punya pendapat pribadi !!!

Happy fasting Ramadhan...

2 komentar:

@jooger Thank Mas sarannya. cekidot dulu .. hehe

Listening to the song, actually as one technique which is useable for us, as we could learn due phrase, stressing in word, imitate the singer and sense.

Coz, we love to do with it whether have no idea with the message. Funny and fun too.

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More