Minggu, 05 Agustus 2012

Belajar mengidentifikasi modifier majemuk dalam kalimat bahasa Inggris

Apa kabar sObat semua ? Masih bersemangat tentunya dalam mempelajari bahasa Inggris ? :D

Belajar bahasa Inggris kali ini masih merupakan kelanjutan dari artikel yang kemarin terkait dengan belajar menyusun kalimat bahasa Inggris terutama pembahasan kita mengenai modifier. Kalau dilihat dari contoh kalimat sederhana kemarin, modifier bisa anda sebut juga sebagai adjective ataupun adverb karena memang semua kata-kata selain elemen utama pembentuk kalimat (subjek, predikat/verb, objek langsung, objek tidak langsung) merupakan modifier yang berfungsi untuk memperjelas arti dari masing2 elemen kalimat yang dijelaskan.

Nah kalau kemarin modifier yang saya tulis masih dalam bentuk sederhana yaitu masih satu kata atau hanya sebuah adjective atau sebuah adverb, kali ini kita mengenal modifier yang tersusun dari beberapa kata berupa frase (phrase) dan klausa (clause) yang disebut dengan modifier majemuk atau bertingkat.

Pengertian frase (phrase) merupakan kelompok kata, dua kata atau lebih yang tidak mempunyai subjek dan predikat. Sedangkan klause (clause) mempunyai pengertian yang sebaliknya. Jadi dalam satu kalimat majemuk bisa terdapat satu frase dan klausa atau lebih.

The man who gave me the banana was a commodore
(‘The man was a commodore’ merupakan independent clause. Adjective clause ‘who gave me the banana’ merupakan penjelas (modifier) dari subjek ‘The man’. ‘Who gave me the banana’ juga merupakan dependent clause)

Independent clause merupakan kalimat lengkap yang dapat dimengerti dengan jelas artinya jika berdiri sendiri, sedangkan dependent clause tidak dapat berdiri sendiri, untuk dapat dimengerti artinya harus dihubungkan dengan independent clause. Nah adjective clause sendiri berarti merupakan dependent clause yang memodifie noun atau elemen utama lain dari kaliamt. Untuk menghubungkannya menggunakan relative pronoun (who, which, that, whom, whose, where, when). Itu kenapa adjective clause disebut juga relative clause.

The motorcycle with the red tyre belongs to my father
(Frase ‘with the red tyre’ merupakan penjelas (modifier) dari subject ‘The motorcycle’. Frase ‘to my father’ merupakan modifier dari kata kerja ‘belongs’)

The woman whose wallet lost came to the police station
(Adjective clause ‘whose wallet lost’ menjelaskan subject ‘The woman’. Frase ‘to the police station’ merupakan penjelas (modifier) dari verb ‘came’).

The boy who is talking to me is Andrea Hirata, bisa juga ditulis ‘The boy talking to me is Andrea Hirata’
The essay which is written is amazing, bisa juga ditulis ‘The essay written is amazing’
The pencils that are on the table is yours, bisa juga ditulis ‘The pencils on the table is yours’
I have some reasons that force me to go abroad, bisa juga ditulis ‘I have some reasons forcing me to go abroad’

Penghilangan relative pronoun “who, that, which” dan kata kerja bentuk ‘be’ disebut reduksi, dan hasil kalimatnya disebut adjective phrase.

Sekian Sobat, sudah mumet :D . jika ada yang kurang jelas atau mungkin ada yang salah dari penjelasan saya bisa ditulis di comment page.

4 komentar:

Aarggh susah jg mas .. heheee pdhal ku pengen bgt pintar bhs inggris ..:-)

sangat bermanfaat gan apa lagi buat pemula seperti saya..:D

Koekoek...Sunny greetings from Belgium my friend

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More