Jumat, 30 Mei 2014

Cara Mudah Membedakan Present Perfect dan Perfect Progressive

present perfect tense,present perfect continuous tense,perbedaan present perfect dan perfect continuous
Posting mengenai cara mudah membedakan present perfect dan perfect progressive ini sengaja ingin saya tulis meski kemarin sempat bingung dan ragu juga bagaimana cara membedakannya. Ide menulis topik yang satu ini timbul setelah kemarin membaca komentar dari salah satu pembaca blog belajar bahasa Inggris ini yang menanyakan apa perbedaan present perfect tense dan present perfect continuous atau yang lebih sering disebut sebagai perfect progressive. Mungkin jawaban yang saya berikan kemarin juga kurang memuaskan atau bahkan kurang tepat. Karena memang yang saya tahu waktu itu hanya sebatas itu saja.

Baca juga :Present Perfect Tense dan Contoh Kalimatnya

Ceritanya kemarin selain mencari referensi di buku saya juga browsing di internet ternyata perbedaan present perfect dengan perfect continuous ini di beberapa web juga menjadi bahan diskusi yang cukup membuat saya bingung dan tidak mendapatkan kepastian jawaban yang tepat. Itulah yang sempat membuat saya bimbang untuk menuliskannya disini. Namun demikian, kata orang bijak, merasa pintar boleh-boleh saja tapi tidak ada salahnya meminta masukan dari orang lain.

Nah, apa yang akan saya tulis disini mengenai bagaimana cara mudah bagi saya membedakan present perfect dan perfect continuous adalah berdasarkan sebatas pengalaman dan pengamatan pribadi. Jadi kalau ada di antara sobat sekalian yang punya pendapat atau lebih tahu mengenai masalah ini, mohon ditambahkan di halaman komentar.

Dari pengamatan, saya hanya menyimpulkan 3 hal. 2 diantaranya saya anggap patent.

Perbedaan yang pertama 

Jika baik itu present perfect tense ataupun perfect continuous tense digunakan tanpa menggunakan atau menyebutkan keterangan waktu yang spesifik (for...../since...), maka :

Present perfect tense menyatakan kegiatan yang telah usai 

I've learnt (kegiatan belajarnya telah usai dan kapan itu belajarnya tidaklah penting, entah itu sejam yang lalu, seminggu yang lalu atau bahkan setahun yang lalu)

Present perfect continuous tense menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung baru-baru ini atau akhir-akhir ini

I've been learning (baru saja tadi mulai belajar dan masih berlangsung)

Persamaan yang kedua 

Jika kedua tenses di atas menggunakan keterangan waktu yang spesifik (for .../since ....), maka dengan kata kerja tertentu terutama (live, work, dan teach) tidak ada perbedaan arti di antara keduanya atau bisa dibilang sama.

I have lived here since 1989
I have been living here since 1989

He has taught at the same SMA for twenty years
He has been teaching at the same SMA for twenty years

Perbedaan yang ketiga 

Perbedaan yang terakhir ini perlu anda pahami dan cermati dengan baik, kalau perlu bisa anda berikan komentar karena menurut saya pribadi perbedaannya cukup slight. Dimana sebetulnya baik itu present perfect tense ataupun perfect progressive keduanya menggambarkan kegiatan yang dimulai pada waktu tertentu di masa silam dan berlanjut sampai sekarang. Keduanyapun menggunakan keterangan waktu yang spesifik yaitu (for ..../since ....). Perhatikan contoh berikut ini :

I have been sitting here since twelve o'clock (Right now, I am sitting at my desk)
Jadi saya duduk di kursi ini dimulai pukul 12. Sekarang pukul 14 dan saya masih sedang duduk di kursi yang sama.

We have studied math for two years (Memang sejak 2 tahun kemarin sampai sekarang pembicara dan teman-temannya masih menjalani study program Matermatika, tapi bukan berarti pada saat berbicara mereke sedang memegang pena dan buku di atas meja).

Silahkan ditarik kesimpulan sendiri ya ! dan saran saya sering-seringlah berlatih dengan mencoba menggunakannya dalam kalimat. Saya sendiri juga masih berlatih lho sampai sekarang .....

Ayo didiskusikan di halaman komentar !

5 komentar:

bingung kang tp cocok bnget buat yg msh plajarr.. Thanks atas infonyaa ...

@ Kang Kudhen Waah penulisnya malah lebih bingung nie Kang kalau yang komentar seperti ini :)

@ Terima kasih juga sudah berkunjung Mas

penggunaan "been" pada present perfect sama present perfect continues gimana tuh kang?

@mas faisal:

- Rumus present perfect
s + have + v3 (kalimat verbal)
s + have + been (kalimat nominal)

- Rumus perfect continuous
s + have + been + v.ing (kalimat verbal)
s + have + been being (kalimat nominal)

Kesimpulannya:
"been" untuk present perfect disebabkan tiada kata kerja yang bisa dijadikan v3, jadi be nya yang diubah jadi v3.

contoh kalimat present perfect:
I "have made" a thesis for along time. (kalimat verbal)
I "have been" in Bandung since yesterday. (kalimat nominal)

irregular verb:
v1=be
v2=was/were
v3=been
v.ing=being

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More