Selasa, 23 September 2014

Cara Mudah Membedakan Another, The Other, Others dan The Others dalam Bahasa Inggris

perbedaan another, the other, others dan the others
Cara mudah membedakan another, the other, others dan the others yang pertama bisa Anda lihat dari pemakain akhiran -s dan tidak. Another dan the other tanpa -s menunjukkan tunggal, dan itu berarti bisa diikuti oleh singular noun langsung dibelakangnya. Sebaliknya others dan the others dengan akhiran -s menunjukkan plural dan tentunya bisa diikuti plural noun.

Kata other sendiri sebetulnya merupakan jenis reciprocal pronoun atau kata ganti yang menunjukkan pengertian berbalas-balasan atau saling, misalkan saling memukul atau membenci satu sama lain, saling menghina, dan lain-lain. Jika hubungan saling ini terjadi hanya dua orang saja biasanya menggunakan frase each other. Sebaliknya bila terjadi antar banyak orang atau lebih dari dua, maka menggunakan one another. Contohnya seperti berikut !

Aris and Mariyam are classmate and they love each other
Aris dan Mariyam adalah teman sekelas dan mereka saling mencintai
Hubungan saling ini hanya terjadi antara dua orang yaitu Aris dan Mariyam

All students in class A will have sport competition next week. They should help one another to step on the final.
Semua siswa kelas A akan menghadapi pertandingan olahraga minggu depan. Mereka sebaiknya saling membantu untuk melangkah ke babak final.

Sesuai dengan judul artikel di atas, penggunaan lain dari kata other yaitu menunjukkan sisa dari sesuatu yang belum disebutkan, contohnya another book, the other book, other cars, the other cars, dan lain-lain. Nah, apa bedanya another book dan the other book ? apa pula bedanya other cars dan the other cars ? inilah perbedaan yang kedua.

Cara mudah membedakan another, the other, others dan the others yang kedua ini juga cukup simple. Kata Another dan others tanpa artikel THE mengindikasikan makna YANG LAINNYA ini belum teridentifikasi secara jelas. Buku lain yang berwarna merah, yang di atas meja atau yang mana ? belum jelas sama sekali. Sebaliknya kata the other dan the others dengan artikel THE mengidentifikasikan makna YANG LAINNYA ini sudah teridentifikasi dengan jelas atau sudah tentu. Buku yang mana ? yang berwarna merah. 

Contoh tanpa artikel THE baik itu singular atau plural :

I don't want to listen to the same song. I want another
Saya tidak ingin mendengarkan lagu yang sama. Saya ingin lagu yang lainnya
Another song disini masih belum jelas lagu yang mana, belum tentu the cors, linkin park, atau Mariah Caray. Yang pasti yang ingin didengar satu lagu dulu, bukan beberapa lagu bersamaan.

atau jika harus diikuti singular noun ataupun ONE, maka bisa ditulis :
I don't want to listen to the same song. I want another song
I don't want to listen to the same song. I want another one

He always listen to Linkin Park and his other favorite songs alone
Dia selalu mendengarkan Linkin Park dan lagu-lagu favoritnya yang lain sendirian
Other favorite songs disini juga belum teridentifikasi dengan jelas/belum tentu, apakah the cors, the bittle ataukah John Lenon. Bentuk other diikuti oleh plural noun (kata benda jamak) atau bisa diganti dengan kata ONES. Plural noun juga bisa tidak ditulis. 

He always listen to Linkin Park and his other favorite ones alone
He always listen to Linkin Park and others

Contoh dengan artikel THE baik itu singular atau plural :

There are two book in the shelf. This title is not what I want. Take the other title, atau take the other/take the other one
Disana ada dua buku di rak. Judul ini bukan yang saya inginkan. Ambil judul yang satunya/yang lainnya.
Buku lain yang dimaksud sudah pasti dan jelas karena di rak hanya ada dua buku

25 luxurious cars are parked in front of my office. Ten of them are mine and the others belong to my friends, atau and the other cars belong to my friends/and the other ones belong to my friends
25 mobil mewah terparkir di depan kantorku. 10 diantaranya adalah milikku and yang lainnya milik teman-temanku. :-)

Jadi cara mudah membedakan another, the other, others dan the others dalam kalimat bahasa Inggris adalah dengan memperhatikan penggunaan artikel THE atau tidak serta singular dan pluralnya.

1 komentar:

Mantap gan.. ane musti belaakra bahasa inggriss.. buat toefl nanti >.<

Posting Komentar

Comments in English would be preferred

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More