This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 02 Februari 2014

Belajar Bahasa Inggris dan Passion

belajar bahasa inggris,passion
Entah kenapa saya begitu tertarik untuk menuliskan hubungan antara belajar bahasa inggris dan passion setelah tidak sengaja terlintas di benak ketika sedang mencari inspirasi menulis. Tidak ada yang istimewa sebetulnya dari artikel saya kali ini, hanya sekedar share pengalaman ketika mengajar bahasa inggris. Namun demikian, menarik juga untuk mewujudkannya dalam sebuah tulisan dan sekiranya bisa bermanfaat atau bahkan menjadi inspirasi bagi teman semua utamanya rekan seprofesi.

Passion atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu ketertarikan atau rasa suka idealnya haruslah menjadi prasyarat utama bagi siapapun yang ingin belajar atau melakukan sesuatu apapun itu bentuk dan jenisnya. Sesuatu yang dilakukan dengan dasar rasa suka bisa menjadi terasa ringan. Sebesar apapun rintangan yang menghampiri, justru akan menambah rasa penasaran dan semangat untuk menggapainya. Sebaliknya akan terasa berat bahkan terkesan lama jika belajar atau melakukan sesuatu itu dengan ogah – ogahan.

Rasa tertarik atau keinginan yang kuat untuk melakukan, mempelajari dan mendalami sesuatu ini hendaknya bisa timbul dalam diri seseorang secara alami, bukan tanpa paksaan atau terpaksa. Begitupun juga dengan mempelajari bahasa inggris , kiranya diperkenalkan kepada anak-anak dengan memberikan kesan dan pesan yang bisa mendorong munculnya passion atau ketertarikan anak untuk belajar dan mempelajari bahasa inggris. Masalahnya menumbuhkan rasa suka atau ketertarikan inilah yang tidak mudah, peran orang tua terutama para praktisi pendidikan sangatlah penting.

Lalu bagaimanakah kiat – kiat agar anak didik memiliki ketertarikan yang kuat untuk mempelajari bahasa inggris ? Saya disini tidak akan menjelaskan kiat – kiatnya dengan metode kreatif dan inovatif ini atau itu karena pastinya di luar sana sudah banyak referensinya atau bahkan Anda sendiri sudah lebih berpengalaman daripada saya. Seperti yang saya bilang di atas, artikel ini hanya sekedar share dari apa yang saya rasakan selama mengajar anak-anak.

Jadilah guru yang profesional dan cerdas di bidangnya, mungkin itulah satu – satunya kiat yang dapat saya tuliskan disini. Tentunya kalau Anda sendiri menguasai dan profesional dalam bidang ilmu yang diampu, pastinya mengajar akan terasa ringan, relax, tidak banyak beban pikiran, atau ogah-ogahan dan terkadang akan banyak ide kreatif muncul dengan sendirinya pada saat mengajar. Guru yang profesional dan cerdas dalam bidangnya akan sedikit banyak menarik perhatian siswa untuk menjadi sama dengan apa yang dilakukan gurunya, menguasai bahasa inggris dengan baik tentunya.

Style atau gaya berbicara bahasa inggris dari seorang guru bahasa inggris yang terlihat sangat profesional bisa menjadi modal awal bagi seorang anak didik untuk mempunyai passion atau ketertarikan dalam belajar bahasa inggris. Speaking yang lues, jelas, tidak terlalu cepat serta intonasi yang tepat dan logat yang semirip mungkin dengan native speaker akan memberikan kesan tersendiri bagi anak untuk meniru apa yang diucapkan oleh gurunya.
Kalau anak masih ragu untuk melakukannya sendiri, rangsangan ini bisa dilanjutkan dengan kegiatan reading (membaca). Meski terlihat sepele, ajarilah mereka untuk membaca reading text dengan benar, suruhlah mereka terlebih dahulu untuk menirukan kemudian membacanya sendiri. Hal ini bertujuan untuk merangsang keberanian anak dalam mencoba dan mengucapkan kalimat bahasa Inggris. Kalau mereka sudah terbiasa, tahu cara membaca yang benar, dan merasa mudah maka rasa passion akan timbul dengan sendirinya.

Selanjutnya, Guru yang baik itu selalu membimbing anak didiknya dengan sabar, memahami kesulitan mereka karena pada dasarnya tidak semua siswa dalam satu kelas memiliki kemampuan yang sama dalam memahami dan menyerap pelajaran. Mereka mungkin saja tidak tertarik bukan karena malas, tapi karena tidak bisa dan belum paham. Jangan mengabaikan anak yang seperti ini. Guru yang pandai secara teori biasanya cenderung memperhatikan mereka saja yang bisa dan aktif, tidak mau membimbing mereka yang sebetulnya bisa tapi punya pemahaman yang agak lambat. Sekali lagi jika siswa merasa bisa, mudah untuk memahami dan melakukan sesuatu, maka saya kira passion atau ketertarikan ini akan tumbuh berkembang baik dengan sendirinya pada diri individu.

Demikian pandangan saya mengenai keterkaitan antara passion dan belajar bahasa inggris

Semoga bermanfaat,

Minggu, 26 Januari 2014

Idiom Bahasa Inggris Minggu Ini

idiom bahasa inggris,idiom
Idiom Bahasa Inggris di bawah sebetulnya bukan kali pertama saya posting karena pada kategori kosa kata bahasa Inggris sudah banyak sekali idiom yang saya share, hanya saja banyak yang tidak saya sertakan contoh kalimatnya.

Mungkin ini kali pertama juga posting blog saya memakai judul idiom padahal seperti yang saya bilang di atas sudah beberapa kali share tentang hal ini. Usut punya cerita bisa Anda baca sendiri pada pada bagian akhir posting saya yang berjudul 3 Cara Terbaru Cepat Belajar Bahasa Inggris. Disitu juga bisa Anda baca sedikit ulasan mengenai apa itu idiom bahasa Inggris

Hafalkanlah idiom percakapan sehari – hari berikut ini


By no means = sama sekali tidak
He is by no means strong (dia sama sekali tidak kuat)
Bandingkan dengan yang ini :
He didn’t do it at all (dia sama sekali tidak melakukannya)

At most; at best = paling – paling (memperkirakan)
He is at most in the classroom (dia paling-paling di dalam kelas)
At best you will forgive her (paling – paling kamu akan memaafkannya)

No harm = tiada salahnya
There is no harm if you try to pick her up (tidak ada salahnya kalau kamu mencoba menjemputnya)

Make the best time = menggunakan waktu sebaik – baiknya
Make your best time to study hard before exam (gunakanlah waktumu sebaik-baiknya untuk belajar dengan giat sebelum ujian)
You can make the best time to fix your lately fault (kamu bisa menggunakan waktu sebaik – baiknya untuk memperbaiki kesalahanmu yang dulu)

Make fun of = mentertawakan
His friends always make fun of the way he dresses up (teman – temannya selalu mentertawakan caranya berpakaian)
Don’t make fun of he looks, he has high intellegence (jangan mentertawakan tampangnya, dia punya kecerdasan yang tinggi)

Demikian idiom bahasa inggris minggu ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa kembali lagi minggu depan untuk menyimak idiom yang terbaru.

See you

Senin, 20 Januari 2014

3 Cara Terbaru Cepat Belajar Bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris,cara mudah belajar bahasa inggris,belajar bahasa inggris
3 cara cepat belajar bahasa Inggris terbaru yang saya tawarkan kali ini tentunya berbeda jauh dengan cara cepat belajar bahasa Inggris yang kemarin. Meskipun berbeda, tidak ada yang paling benar ataupun salah. Semuanya patut untuk dicoba guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Seperti yang pernah dikatakan oleh teman saya dalam sebuah ungkapan bahasa Jawa bahwa ‘Ngelmu iku kalakone kanti laku’. Semakin jauh perjalanan dan banyaknya rintangan yang harus kita hadapi tentunya semakin mantap pula keinginan kita untuk menggapainya dan pastinya akan membuat kita lebih berpengalaman. Nah, 3 cara terbaru ini mungkin bukan tergolong cara mudah belajar bahasa Inggris namun saya harapkan bisa menjadi titik terang bagi sobat semua yang lagi belajar bahasa Inggris sehingga pada akhirnya nanti 3 cara berikut bisa dirasakan tepat sasaran dan tentunya juga bisa dikategorikan sebagai cara cepat belajar bahasa Inggris.

Memang bukan tergolong cara mudah belajar bahasa Inggris, namun perlu diingat sekali lagi sesuai dengan peribahasa jawa di atas bahwa semakin banyak input atau jam terbang kita dalam belajar dan mendalami sesuatu maka pastinya akan semakin cepat pula kita menguasainya. Kalau yang namanya belajar dibilang mudah ataupun cepat menurut saya juga relatif karena tentunya tergantung juga dari usaha dan kemauan kita untuk belajar, cara tepat mungkin adalah kalimat yang bisa mewakili. Untuk itu artikel kali ini juga hanya sebatas sharing dan masukan dari pendapat saya pribadi berdasarkan pengalaman belajar bahasa Inggris selama ini, semoga bisa tepat sasaran dan tidak usah bertahun-tahun belajarnya

# Grammar 
Grammar memang sering dianggap sebagai penghambat bagi pemula dalam belajar bahasa Inggris, namun setidaknya sebelum kita belajar berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris alangkah baiknya kalau kita mengenal dulu unsur – unsur apa saja yang menyusun suatu kalimat bahasa Inggris. Unsur ini biasanya dikenal dengan sebutan ‘parts of speech’. Jadi intinya belajar grammarnya tidak usah mendetail dulu, paling tidak cukup mengenal parts of speech tadi yaitu noun (kata benda), pronoun (kata ganti), verb (kata kerja), object, adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), dan conjuction (kata penghubung). Mengenai referensinya dari mana, saya serahkan sepenuhnya kepada Anda, atau yang sudah terlanjur kesasar di blog ini, bisa juga mencari-cari disini dari menu categories yang tersedia. (he3x).

# Kosa Kata
Cara cepat berikutnya tentu saja dengan menghafalkan banyak kosa kata. Bagi pemula saya sarankan menghafalkan kumpulan kosa kata bahasa Inggris terutama kata kerja regular dan irregular verb yang dilampirkan di kamus. Kalau hafal itu semua sudah cukup membuat kita percaya diri dalam membuat dan menyusun sebuah kalimat.

Saya rasa cara merangkai kalimat Inggris hampir sama dengan kalimat dalam bahasa Indonesia. Mungkin yang perlu dipahami hanya mengenai kalimat nominal dan verbal. Silahkan diklik linknya untuk memahami. Nah, mulai dari sini cara cepatnya yaitu mulailah dengan percaya diri setinggi – tingginya untuk mencoba menulis atau berbicara. Usahakan 1 hari satu paragraph tulisan kemudian dibaca sendiri berulang – ulang.

# Belajar Idiom
Mungkin inilah bagian terpenting dari artikel saya ini, mengenal dan menghafalkan idiom, bagian dari pelajaran bahasa Inggris yang tidak pernah saya dapatkan bahkan tidak saya kenal semenjak mulai belajar di SMP dan anehnya lagi di tempat kuliah dulu juga tidak pernah diperkenalkan. Entah karena hanya kebanyakan tugas dan presentasi dari dosen atau memang saya yang jarang masuk kuliah kali sampai terlewatkan pelajaran idiom ini (he3x).

Saya sendiri mengenal idiom justru secara otodidak dari kegiatan melihat dan mendengarkan film-film berbahasa Inggris di Televisi setiap harinya. Hasilnya bisa Anda lihat sendiri di blog ini pada kategori kosa kata bahasa Inggris. Saya baru tahu kalau kosa kata unik (begitulah saya menyebutnya) yang sering saya dengar di film barat kemudian saya posting di blog ternyata merupakan jenis idiom. Itu kenapa juga setiap posting kosa kata di blog ini saya tidak pernah menggunakan judul idiom padahal hampir semuanya ternyata merupakan jenis idiom.

Senangnya lagi, idiom ini merupakan idiom sehari-hari yang pada intinya sudah umum dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Saya tahunya setelah kemarin ke toko buku dan menemukan buku kecil yang berjudul idiom untuk percakapan sehari – hari dan setelah saya buka dan melihat isinya ternyata hampir semua kosa kata yang saya posting di blog ada semua di buku ini.

Idiom sendiri sebetulnya merupakan frase, gabungan dua kata atau lebih yang artinya berbeda dengan arti kata yang sebenarnya. Idiom membuat bahasa Inggris kita terlihat lebih profesional meski terkadang bagi yang belum tahu akan terasa sulit untuk memahami kalimat yang kita ucapkan ketika bercakap-cakap. Itu pula mungkin yang menyebabkan kenapa kita terkadang masih merasa sulit untuk mendengarkan (listening) dan memahami ketika melihat film, lagu, ataupun siaran berita berbahasa Inggris. Pelajarilah dan hafalkanlah idiom, semoga bisa membantu sobat sekalian dalam menguasai listening.

NB : Cara cepat belajar bahasa Inggris di atas hanyalah diniatkan untuk memotivasi kawan – kawan semua dalam belajar. Jangan kecewa dengan judul artikelnya ya .... (peace..!! (ha3x)

Kamis, 16 Januari 2014

Learning English With Adult

learning english
Learning English With Adult - Learning English with adult is little bit hard enough, isn’t? Joining in a course might be an alternative, but realizing that the partner mostly more younger than us would be emerged a bad impact. A worst thing seems bigger than reality and then the target which is need to be achieved seems fade away. Have you ever find that cases, pals? Ups, we have had experience due that cases and that’s why we want to share our moments and experience include nice thing being happened in this blog.

Let’s break the cases per each slice, in order we could know much better with our emotion inside due learning English. As you see, we ever find a comment which is denied of learning psychology. Hem... forget it! It’s some cases which is emerged by me during learning English with adult (employe). Herewith, the details:

1.EMPATHY
The first time, if we meet up with adult we have to make them feel comfortable with the situation. It’s mean we should have put on the same seat with them, as each person has specific reason and target due attending English session or course, may be. Thus, listening all perspective in learning English based on their opinion, include some difficulties would be as good input. The technique in making question have to be based on our emotional quotient not as as question such as interrogation technique. It would be a negative perception for our sharing partner to us and gotta shock of it.

2.TARGET
Having known the target or aim or goal of our sharing partner would be a beneficial for us in guiding them to break their obstacles (see our previous article due some barriers). Each person will have specific achievement based on their background, a banker would have different target with a doctor and so a technician. Actually, we had had experience in this case in a few years ago. As noted, the English term truly different in each discipline therefore having known such as glossary term in specific discipline would be a red line in making conversation. Therefore we asked a lot of question for getting understanding their perception. This is sample only : price-cost, resuscitation, primary clarifier, and so on.

3.LOOKING OUR-SELF
In sharing technique, it should have better knowing the real condition our partner. Usually, we ask first due anything correlate the work place, task, job description and any idea, for instance their dream. After absorbing those information, we will make a conditional situation, as if we were being put on their place. What for? Why? It’s quick tips for imitating the conversation we would make, next. After giving sample of sentences, we direct to imitate our statements. It’s many times being spoken, not jut once. We remind that speaking English consist of our emotion too, thus, it would be nice to be heard than feel so plain.

4.OPPORTUNITY
There’s a lot of opportunity for adult in increasing their ability and skill. That’s why, start in the beginning we always remind that we do not share learning English only but insist of idea, the mind setting and anything else. May be it’s little weird enough! But, I have to explain in clear statement that they could learn English after finding their style, by them-self. They could make improvement due learning process without my assistance, anymore. What!?......I want to influence and duplicate my technique in learning because whether I can do it means they can do that steps too. ( I do really hope with that case!)

5.EXPLORE & EXPOSE
How to explore and expose our capability, then? Simple ones. Writing comments in this lovely blog by English language, though the blogger write in Bahasa. Wish om Hendrik loves with it!!! Why? It’s our time to enrich our skill, specially in writing. By writing a comment in English we would like to learn vocabulary, arranging sentence, give any idea and others. And, please try to reduce the negative such as expose our difficulties, exposing requirement for learning English. Why? The side impact only burdened our passion in learning English. It doesn’t give contribution after all. In other word, reduce C & B. What’s that? It’s abbreviation of claim and blame.

My technique in reviewing our capability such as ; open up our previous comments in this lovely blog start in beginning. It’s not my own but I thought the blogger really love coz the audience become more and more. By the way, we could see any differences from month to month. I learn the topic and explore by myself as we have had different perspective though same goal. Yup, I can see..... that I’ve gotten benefit by writing comments first, then contribute an article. It is sound nice, isn’t it?



Regards,

Mochtar Bungkus /HP 0813 4750 4291
Writter

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More